Begini Cara Meningkatkan Interaksi Pelanggan

BPO Contact Center | Selasa, 30 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Interaksi pelanggan. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Interaksi pelanggan. Shutterstock.

Memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan dapat membantu meningkatkan jumlah penjualan. Seperti dalam hubungan apa pun, komunikasi juga merupakan kunci untuk membangun hubungan pelanggan. Apalagi dalam bisnis online pelanggan tidak bisa melakukannya secara langsung. Anda dapat membangun interaksi yang baik dan konsisten melalui berbagai saluran mulai dari media sosial, chat Whatsapp, website, email, marketplace, dan lainnya.

Apa Itu Interaksi Pelanggan?

Interaksi dengan pelanggan didefinisikan sebagai Interaksi yang terjadi ketika sekelompok pelanggan mengalami pengalaman jasa yang dikonsumsi dalam banyak kelompok, dimana perilaku konsumen lain mempengaruhi konsumen.

Manfaat Membangun Interaksi Pelanggan

#1 Menarik Perhatian Konsumen

Di tengah kesibukan para pebisnis di platform online, kemampuan menarik perhatian konsumen menjadi sangat penting. Berinteraksi dengan konsumen akan membuat mereka merasa lebih dikenal dan lebih dekat dengan bisnis Anda. Semakin sering Anda berkomunikasi dengan mereka baik melalui obrolan, komentar, atau fitur lainnya, semakin besar kemungkinan mereka mengingat merek Anda.

#2 Meyakinkan Konsumen

Selain untuk menarik perhatian konsumen, membangun interaksi dengan calon pembeli juga bisa mengajak mereka untuk bertransaksi. Calon pembeli akan merasa diperhatikan sehingga mereka juga semakin yakin bahwa bisnis Anda profesional dan terpercaya. Berinteraksi dengan calon pembeli juga bisa menjadi salah satu cara Anda bisa mengedukasi mereka tentang produk atau bisnis Anda. Misalnya dengan memberikan respon yang cepat, selain dapat meningkatkan kepercayaan, hal ini juga dapat membuat mereka lebih mengenal produk Anda sehingga akhirnya mau melakukan pembelian.

#3 Dapatkan Umpan Balik

Melalui interaksi dengan pelanggan, Anda juga bisa mendapatkan umpan balik tentang cara mengembangkan produk atau bisnis Anda. Misalnya melalui review atau komentar yang ditinggalkan pelanggan, Anda bisa mengetahui apa yang membuat mereka merasa puas dan apa yang membuat mereka merasa kecewa. Selain itu, Anda juga dapat secara aktif menanyakan pendapat pelanggan secara langsung melalui obrolan pribadi, pesan siaran, atau fitur interaktif di media sosial seperti polling atau tanya jawab. Semakin sering Anda berinteraksi, semakin akrab Anda dengan kebiasaan konsumen dan bisa mendapatkan lebih banyak data tentang mereka. Dari sini, Anda kemudian dapat menentukan prioritas dan strategi lebih lanjut untuk mendukung pertumbuhan bisnis Anda.

#4 Menjaga Pelanggan

Membangun hubungan yang baik membantu menjaga pelanggan bisnis Anda puas. Jika mereka mendapatkan pengalaman yang baik seperti memberikan informasi penting dan bermanfaat, pelayanan yang responsif dan ramah, atau segera menyelesaikan masalah yang terjadi, pelanggan akan merasa terlayani dengan baik dan tidak akan ragu untuk berbelanja lagi dengan Anda.

#5 Membangun Kepercayaan

Sama pentingnya, membangun interaksi dengan pelanggan juga akan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap bisnis Anda. Jika pelanggan dan calon pembeli menganggapnya sebagai pengalaman berbelanja yang menyenangkan, mereka dapat menilai bahwa bisnis Anda profesional dan sangat peduli dengan mereka. Anda dapat melakukannya dengan mengirimkan informasi terbaru tentang bisnis Anda, menanyakan pendapat mereka, dan banyak lagi. Semakin dipercaya bisnis Anda, semakin besar kemungkinan pelanggan tidak hanya akan kembali tetapi juga dapat merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain. Hasilnya, Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Cara Membangun Interaksi Pelanggan yang Baik dan Benar

Lalu, bagaimana cara berinteraksi yang baik dengan pelanggan? Tenang, berikut akan kami bagikan triknya untuk Anda. Yuk, simak ulasannya di bawah ini:

#1 Gunakan Kalimat yang Singkat dan Mudah Dimengerti

Dalam menggambarkan produk atau layanan, cobalah untuk tidak bertele-tele. Gunakan kalimat yang singkat, padat, dan mudah dipahami. Dengan kalimat seperti ini, konsumen tidak akan terganggu dengan penjelasan Anda.

#2 Selalu Berikan Pujian/Terima Kasih

Selalu gunakan kalimat positif saat mengobrol dengan pelanggan. Tujuannya untuk menjaga mood mereka. Beri mereka pujian seperti “terima kasih telah berbelanja dengan kami. Kami tunggu orderan selanjutnya ya kak.”

#3 Selalu Bersikap Ramah

Meski kita membangun interaksi chat, bukan berarti kita tidak bisa melalui solusi yang bersahabat. Gunakan fitur smiley emoticon, dan emoji lainnya yang sesuai dan bersahabat dengan pembeli. Pilihlah kata-kata yang ramah dalam membangun interaksi dengan pelanggan.

#4 Memberikan Bantuan Kepada Pelanggan yang Membutuhkan

Sewaktu-waktu akan banyak pelanggan yang suka bertanya dan bertanya. Misalnya, meminta foto yang lebih jelas, foto dari berbagai sudut, dan permintaan lainnya. Jadi, bantulah mereka dengan memberikan apa yang mereka minta. Hal-hal sepele ini akan memberikan kesan yang mendalam bagi konsumen. Jadi, tanggapi permintaan mereka dengan cepat. Jangan jahil dan penting, demi membangun interaksi yang baik.

#5 Menjaga Emosi

Masih terkait dengan nomor 4. Pelanggan yang selalu menguji kesabaran kami. Namun, cobalah untuk mengingat emosi Anda saat melayani pelanggan. Apalagi ketika mereka menanyakan dan menanyakan berbagai hal yang berhubungan dengan produk atau jasa Anda.

#6 Jangan Lupa Hadirkan Produk Lainnya

Jika stok yang diinginkan pembeli habis, tawarkan opsi lain, yakni pilihan produk lain yang masih relevan dengan produk yang mereka sukai. Atau, tawarkan opsi lain yang merupakan varian terbaru dari produk terkait. Buatlah kalimat pendek seperti “Maaf kak/bro kebetulan stok produk habis. Jika Anda mau, saya akan merekomendasikan produk yang tidak kalah bagus ini.” Kemudian, pilih foto opsi produk lain untuk dipertimbangkan pembeli.

#7 Selalu Bersikap Tulus

Anda akan menemukan banyak karakter konsumen. Jadilah tulus terlepas dari karakter mereka. Sebab, sikap tulus terhadap konsumen akan berdampak baik bagi bisnis Anda. Mereka akan kembali ke toko Anda karena mereka merasa nyaman. Namun, berbeda jika melihat jutek. Sikap jutek terhadap konsumen akan merugikan Anda. Mereka akan merasa tidak nyaman dan mencari di tempat lain.

#8 Pemberian Diskon dan Bonus

Semua orang pasti senang jika diberi hadiah. Beri pelanggan Anda bonus saat mereka berbelanja dengan Anda. Namun, Anda tidak boleh memberi tahu mereka bahwa ada bonus. Tujuannya adalah untuk membuat pelanggan Anda senang mendapatkan kejutan. Diskon dan bonus adalah strategi yang dapat menambah nilai produk atau jasa Anda. Sehingga suatu saat mereka tidak akan ragu untuk menjadi pelanggan tetap Anda. Mereka bahkan memberi Anda umpan balik positif.

Kesimpulan

Interaksi pelanggan sangat penting untuk dilakukan oleh perusahaan. Hal ini bisa menjadi salah satu acuan untuk perusahaan agar mendapatkan insight yang berharga dan improvisasi terhadap produk maupun layanan. Dengan BPO Contact Center hal ini bisa menjadi suatu hal yang dinamis dimana interaksi pelanggan tidak akan terputus dan pastinya berusaha untuk membuat kepuasan pelanggan yang terbaik.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.