6 Keuntungan Automatic Call Distribution untuk Call Center Anda!

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 18 September 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Automatic call distribution. Shutterstock.
Ket. Foto: Ilustrasi - Automatic call distribution. Shutterstock.

"Temukan 6 keuntungan dalam penggunaan Automatic Call Distribution (ACD) dalam call center Anda.Simak artikel di bawah ini!"

Di dunia di mana tanggapan cepat terkait penanganan masalah pelanggan sangatlah penting, alat seperti automatic call distribution (ACD) menjadi salah satu kebutuhan utama dalam sistem operasi call center. Lantaran, alat ini dapat menjawab hampir sebagian besar tantangan yang ada di dalam call center, terutama terkait efektivitas dan efisiensi dalam menanggapi masalah atau keluhan pelanggan. Oleh karena itu, dalam artikel ini kami akan mengajak Anda untuk bersama-sama memahami apa itu automatic call distribution (ACD) dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika mengimplementasikannya dalam call center perusahaan Anda.

Apa Itu Automatic Call Distribution (ACD)?

Sebelum dapat mengetahui keuntungan dari penggunaan sistem ini, Anda terlebih dahulu perlu memahami apa itu automatic call distribution (ACD) dan bagaimana cara kerjanya. ACD, yang merupakan singkatan dari automatic call distribution, merupakan sebuah sistem otomatis yang dirancang untuk mendistribusikan panggilan masuk dari pelanggan ke agen yang paling sesuai dengan penanganan masalah pelanggan yang berbeda-beda.

Selain itu, panggilan yang didistribusikan tersebut juga mempertimbangkan beberapa faktor, seperti keterampilan agen, waktu tunggu, dan jenis panggilan. Sistem ini juga dapat digabungkan dengan teknologi lain, seperti IVR (Interactive Voice Response), untuk memberikan customer experience yang lebih baik, sehingga hal ini dapat membantu pihak call center dalam mengurangi waktu tunggu pelanggan dan meningkatkan efisiensi panggilan.

Baca Juga: ACD Multi-channel: Integrasi Saluran Komunikasi Call Center Modern

Keuntungan Penggunaan Automatic Call Distribution (ACD) untuk Call Center

  • Peningkatan Respons Pelanggan

Salah satu keuntungan utama dari penggunaan automatic call distribution (ACD) adalah peningkatan respons pelanggan. Melalui sistem ini, panggilan pelanggan dapat diteruskan ke agen yang paling sesuai untuk menangani permintaan mereka. Dengan itu, waktu tunggu yang digunakan dapat lebih singkat dan pelanggan akan lebih puas.

  • Efisiensi Penggunaan Sumber Daya

Automatic call distribution (ACD) dapat menganalisis keterampilan dan ketersediaan agen secara real-time, sehingga sistem ini dapat memungkinkan untuk mengalokasikan sumber daya secara lebih efisien, mengurangi biaya operasional, serta meningkatkan produktivitas agen.

  • Monitoring dan Analisis Real-Time

Sistem ACD juga dapat menyediakan monitoring dan analisis real-time. Dengan bantuan sistem ini, Anda dapat melihat statistik panggilan masuk, waktu tunggu, dan kinerja agen. Melalui informasi yang didapatkan, Anda dapat mengambil tindakan segera untuk meningkatkan proses dan memastikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

  • Skalabilitas

Dalam dunia bisnis yang selalu berkembang, kemampuan untuk menskalakan panggilan dan sumber daya call center dengan cepat menjadi sangat penting. Automatic call distribution (ACD) dapat mengikuti perkembangan dan pertumbuhan bisnis, sehingga call center Anda dapat selalu mempertahankan efisiensi seiring dengan pertumbuhannya tersebut.

Baca Juga: Mengenal Cara Kerja Automatic Call Distribution pada Contact Center

  • Peningkatan Efektivitas Agen

Sistem automatic call distribution (ACD) bekerja dengan cara mendistribusikan panggilan pelanggan kepada agen yang memiliki kompetensi yang sesuai. Dengan adanya pengalihan panggilan kepada agen yang kompeten dalam bidangnya pada penanganan permasalahan pelanggan, maka efektivitas dari agen tersebut juga akan meningkat dengan sendirinya.

  • Peningkatan Kualitas Layanan

Dengan bantuan automatic call distribution (ACD), panggilan pelanggan yang masuk ke dalam call center dapat dialihkan ke agen dengan kompetensi yang tepat untuk jenis pertanyaan atau masalah yang dialami pelanggan. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kualitas layanan secara keseluruhan, yang dapat menambah loyalitas dan kepuasan pelanggan.

Cara Mengimplementasikan Automatic Call Distribution (ACD) untuk Call Center Anda

  • Identifikasi Kebutuhan Call Center

Pertama, identifikasi kebutuhan call center Anda. Apabila Anda sekiranya membutuhkan pengurangan waktu tunggu yang lebih singkat, meningkatkan efisiensi agen, atau meningkatkan pemantauan panggilan, maka Anda membutuhkan automatic call distribution (ACD) untuk call center Anda.

  • Pilih Solusi yang Tepat

Setelah Anda mengidentifikasi kebutuhan call center, Anda dapat memilih solusi automatic call distribution (ACD) yang sesuai untuk kebutuhan tersebut. Pastikan Anda menggunakan provider yang dapat mengintegrasikan ACD dengan sistem call center Anda.

  • Pelatihan Agen

Setelah itu, lakukan pelatihan terhadap agen Anda, karena hal ini dapat menjadi kunci keberhasilan dalam penggunaan automatic call distribution (ACD) untuk call center Anda. Pastikan agar agen yang Anda miliki memiliki keterampilan dalam menggunakan ACD dan dapat memahami bagaimana hal itu bisa membantu mereka dalam memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan.

  • Pemantauan dan Perbaikan Berkelanjutan

Ketika proses integrasi ACD telah dijalankan ke dalam pengoperasian call center, Anda perlu melakukan pemantauan secara berkala dan melakukan perbaikan pada area yang sekiranya membutuhkan peningkatan. Hal ini dapat membuat Anda untuk terus merasakan semua keuntungan dari automatic call distribution (ACD).

Optimalisasi Call Center Anda dengan Automatic Call Distribution (ACD) bersama Ivosights!

Mengadopsi Automatic Call Distribution (ACD) merupakan langkah yang cerdas untuk peningkatan kualitas layanan pelanggan pada call center yang Anda miliki. Maka dari itu, jangan ragu untuk mencari solusi yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Bicara tentang solusi yang sesuai, kebetulan Ivosights memiliki jawaban yang tepat bagi permasalahan Anda. Dengan bantuan Sociomile, melalui fitur Sociomile Voice, Anda dapat mengimplementasikan Automatic Call Distribution (ACD) untuk call center yang lebih baik. Jika Anda tertarik, hubungi tim Ivosights sekarang juga!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami