Apa yang Dibaca Pelanggan Pada Annual Report Perusahaan?

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Kamis, 08 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.

"Annual report umumnya didistribusikan kepada banyak orang selain untuk menarik perhatian pelanggan, hal ini juga bisa menjadi penilaian objektif bagi mereka"

Perusahaan sibuk membuat annual report terbaik mulai dari menggunakan jasa konsultan hingga mencari copywriter untuk memikat hati pelanggan. Mempergunakan annual report sebagai tombak marketing memang merupakan hal yang wajar. Annual report umumnya memang didistribusikan kepada banyak orang selain untuk menarik perhatian pelanggan, hal ini juga bisa menjadi penilaian objektif bagi mereka. Akan tetapi, apakah annual report yang sempurna sudah pasti akan memikat hati konsumen?

Sayangnya, annual report yang berisikan data dan laporan perusahaan selama setahun mungkin terasa sangat ruwet dan rumit untuk dibaca oleh pelanggan dalam satu waktu. Oleh karena itu, untuk menjawab pertanyaan di atas, sebaiknya kita melihat dari sisi pelanggan. Melalui artikel ini kamu akan mempelajari apa saja hal yang biasanya dibaca oleh seorang pelanggan pada annual report. Dengan itu perusahaan bisa memaksimalkan segmentasi tertentu yang krusial dibaca oleh seorang pelanggan. Simak terus artikelnya, ya!

Segmentasi Krusial pada Annual Report Perusahaan

  • Pernyataan dari Chairman dan CEO

Terdengar sepele, ternyata pernyataan dari chairman atau CEO suatu perushaan menjadi hal yang paling mencolok dan sangat ingin dibaca oleh konsumen, lho! Perlu diingat bahwa seorang pelanggan yang tertarik untuk membuka annual report perusahaan pastinya sudah menaruh perhatian lebih juga pada perusahaan. Untuk itu, peran pernyataan seorang CEO atau pimpinan dari perusahaan tersebut bisa menitikberatkan ketertarikan pelanggan lebih dalam.

Biasanya seorang pelanggan membaca penuh teliti pada bagian pernyataan dari chairman atau CEO untuk sekaligus melakukan skimming dan penilaian cepat terhadap kualitas perusahaan yang dipimpinnya. Oleh karena itu, pastikan segmentasi ini dibuat seapik mungkin jika perusahaanmu sedang menyusun annual report!

  • Laporan Remunerasi

Segmentasi kedua yang menjadi hal paling krusial dari suatu annual report adalah segmentasi yang satu ini. Laporan remunerasi atau laporan yang merincikan imbalan kerja yang diberikan para pekerja. Meski ini tidak ada hubungannya dengan pelanggan nantinya, tetapi secara umum remunerasi bisa menunjukkan tingkat kesejahteraan pekerja dan perusahaan.

Pada bagian ini, komponen yang biasanya dinilai oleh seorang pelanggan adalah gaji pekerja, honorarium, tunjangan tetap, insentif, hingga bonus pretasi dan pesangon. Hal ini bisa menyatakan kesimpulan mengenai keseimbangan keuangan dan kesejahteraan pekerja. Kesejahteraan pekerja sudah menjadi perhatian banyak orang karena hal ini bisa memaksimalkan kinerja dan perusahaan secara signifikan. Oleh karena itu, selain pernyataan chairman dan CEO, pastikan laporan yang satu ini ditulis dengan baik dan sejujur-jujurnya!

  • Laporan Meeting

Lagi-lagi ini adalah segmentasi dalam annual report yang mungkin banyak disepelekan oleh perusahaan. Meski memang tidak banyak mempengaruhi pelanggan, tetapi ini sebenarnya bisa menjadi sesuatu yang menentukan penilaian pelanggan secara utuh juga. Segmentasi ini adalah laporan mengenai rapat atau meeting pada perusahaan. Hal ini banyak menjadi perhatian orang karena pelanggan ingin memastikan kinerja dari suatu perusahaan melalui keberhasilan rapat mereka.

Rapat sudah menjadi hal yang penting dan wajar dilakukan pada setiap perusahaan, akan tetapi keberhasilan rapat tidak selalu terjamin. Oleh karena itu, pelanggan akan sangat memperhatikan bagian ini. Melalui laporan meeting, biasanya akan tertulis kebenaran akan rapat yang perusahaan jalani. Pelanggan ingin memastikan apakah tim manajemen benar-benar berhasil membuat para pekerja menghadiri rapat-rapat yang penting. Karenanya, jika perusahaanmu sedang menyusun annual report pastikan kamu menyusun segmentasi ini dengan baik!

  • Pernyataan Finansial

Pada dasarnya annual report memang banyak memamerkan prestasi dan keberhasilan, termasuk juga pada laporan keuangan. Untuk itu sudah sewajarnya pernyataan finansial menjadi perhatian utama seorang pelanggan. Melalui laporan finansial pada annual report, biasanya akan tetera dengan detail mengenai outcome dan income suatu perusahaan. Untuk orang-orang yang memahami cash flow dan perkembangan ekonomi, hal ini menjadi sangat penting.

Melalui pernyataan finansial, seorang pelanggan yang memang tertarik pada perkembangan ekonomi dari suatu perusahaan akan menilai apakah perusahaan itu berkembang secara finansial dari satu waktu ke waktu. Tanggal-tanggal yang tertera pada laporan ini juga bisa menunjukkan kejanggalan dari alur keuangan perusahaan. Selain itu pada pernyataan finansial juga akan tampak balance sheets yang memperlihatkan risiko di dalam suatu bisnis tertentu. Pastinya hal ini menjadi perhatian utama yang tidak diinginkan pelanggan. Oleh sebab itu, jika kamu sedang menyusun annual report untuk perusahaan, pastikan bagian ini disusun dengan ketelitian penuh!

  • Pernyataan Auditor

Nah, segementasi krusial yang satu ini sudah sewajarnya menjadi perhatian banyak perusahaan. Bukan tanpa alasan banyak perusahaan membutuhkan jasa pembuatan annual report, hal ini dikarenakan mencari opini auditor yang cocok untuk perusahaan juga tidak mudah. Oleh sebab itu, pernyataan auditor menjadi hal yang sangat penting bagi pelanggan.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa auditor sendiri dibutuhkan dalam annual report untuk menyatakan kewajaran dan kredibilitas suatu annual report. Yang pasti suatu annual report tanpa opini auditor akan terasa sia-sia. Pernyataan auditor sendiri biasanya sudah dipertanggungjawabkan telah sesuai dengan standar, norma, dan peraturan. Hal ini pastinya bisa menyatakan kredibilitas suatu annual report yang diinginkan para pelanggan.

Nah, itu dia kelima segmentasi krusial yang menjadi perhatian banyak pelanggan saat membaca annual report. Jika perusahaanmu sedang menyusun annual report, tidak perlu bertele-tele untuk menyusunnya jika kelima hal di atas tidak dimaksimalkan. Oleh karena itu, perhatian kelima hal ini untuk annual report terbaikmu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami