Memahami Pentingnya Annual Report untuk Perusahaan

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Rabu, 07 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shuttetstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shuttetstock.

"Annual report, bentuk pertanggungjawaban perusahaan ke orang yang ingin membeli saham, sekaligus memberikan info ke pelanggan mengenai kredibilitas perusahaan"

Annual report yang hampir selalu ada pada perusahaan menjadi suatu hal yang penting. Saat ini hampir semua perusahaan membutuhkan annual report terutama untuk sebuah perusahaan yang sudah melakukan IPO atau Initial Public Offering yang bersifat penjualan untuk umum, maka annual report secara otomatis akan menjadi sesuatu yang penting dan krusial.

Annual report juga merupakan sebuah bentuk pertanggungjawaban perusahaan kepada orang yang ingin membeli saham, jasa, ataupun produk mereka. Selain itu, annual report juga memberikan gambaran penting kepada pelanggan mengenai kredibilitas perusahaan.

Nah, untuk itu sebenarnya sudah jelas bahwa annual report memiliki peran penting untuk perusahaan. Akan tetapi, pada artikel ini kamu akan memahami lebih dalam mengenai alasan pentingnya sebuah annual report untuk suatu perusahaan. Berikut ini adalah fungsi krusial sebuah annual report untuk perusahaan.

Fungsi-Fungsi Annual Report pada Perusahaan

Berdasarkan penjelasan di atas, maka secara sederhana kita bisa menarik kesimpulan bahwa annual report memiliki peran penting karena annual report memiliki fungsi-fungsinya tersedniri. Di bawah ini adalah fungsi annual report pada suatu perusahaan yang bisa kamu ketahui.

  • Informasi Pencapaian dan Prestasi

Annual report biasanya dibuat sebagai salah satu sumber informasi kepada publik secara umum. Hal ini berarti annual report itu sendiri memiliki fungsi untuk memberi informasi penting pada publik. Hal ini bisa dijadikan kesempatan untuk perusahaan menjabarkan informasi seputar pencapaian dan prestasi yang bisa menarik pelanggan lebih banyak. Selain itu, pada beberapa perusahaan, informasi mengenai pencapaian dan prestasi ini bisa meningkatkan semangat kerja dan motivasi para pekerjanya. Oleh karena itulah annual report menjadi penting untuk suatu perusahaan.

  • Media Pemasaran

Salah satu fungsi penting annual report lainnya ternyata masih berhubungan dengan fungsi pertama. Annual report bisa dijadikan media pemasaran sebab lewat annual report orang tak hanya akan menilai perusahaan tersebut tetapi juga mendapati prestasi dan pencapaian dari perusahaan tersebut. Dengan hal ini, maka bisa dikatakan bahwa annual report berperan cukup signifikan terhadap pemasaran. Hal ini juga didukung dengan isi laporan yang memang bisa menarik perhatian pelanggan seperti halnya laporan yang disertai gambar, grafik, dan tulisan menarik yang bisa menjadi salah satu media pemasaran kreatif perusahaan.

  • Sarana Promosi

Masih sejalan dengan fungsi sebelumnya, annual report yang bisa menjadi media pemasaran maka akan secara otomatis berpotensi menajdi sarana promosi yang baik. Berisi berbagai informasi transparan, prestasi, dan rangkuman kinerja suatu perusahaan tentu jika dikelola dengan baik maka annual report bisa dimanfaatkan untuk menjadi satu daya tarik konsumen.

  • Informasi Deskripsi Pekerjaan

Annual report mungkin tampak bekerja untuk konsumen atau pelanggan, akan tetapi sebenarnya mulanya annual report dibentuk untuk mengevaluasi kualitas perusahaan dan kinerja para pekerja di dalamnya. Oleh karena itu, annual report juga bisa menjadi sarana informasi mengenai deskripsi pekerjaan serta fungsi bidang kerja perusahaan. Hal ini bukan hanya berdampak baik untuk pekerjanya agar lebih memahami deskripsi kerja, tetapi juga untuk calon pekerja yang ingin mendaftarkan diri bekerja pada perusahaan.

Nah, itu dia keempat fungsi penting suatu annual report yang menegaskaan pentingnya annual report untuk perusahaan. Selain bisa menggaet pelanggan, sebuah annual report juga bekerja untuk memotivasi kinerja di dalam suatu perusahaan.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami