Annual Report Digital: Pengertian, Keunggulan, dan Cara Membuatnya

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Kamis, 08 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.

"Annual report digital adalah laporan perkembangan dan pencapaian yang berhasil diraih suatu perusahaan dalam setahun"

Annual report memberikan informasi yang sangat lengkap terkait perusahaan. Bahkan bisa dikatakan lebih lengkap dibanding laporan keuangan karena annual report benar-benar dibagikan kepada pengguna eksternal. Hal ini memungkinkan terjangkaunya pendangan yang lebih lebar dari audiens yang juga lebih beragam. Selain kelengkapan data berisi prestasi dan penapaian suatu perusahaan, annual report juga memberikan tampilan menarik yang disertakan dengan grafik, foto, ilustrasi, hingga diagram.

Kesulitan penyusunan annual report sudah dirasakan banyak perusahaan. Oleh karena itu, jasa pembuatan annual report juga sudah tersedia di berbagai media. Akan tetapi, meski sudah disediakan dengan jasa-jasa tertentu, distribusi annual report ke pihak eksternal masih suka mengalami kendala entah kerusakan fisik annual report atau bahkan tersasarnya annual report.  Tantangan ini membuka peluang bisnis lain yang memungkinkan kemudahan dan keunggulan yang lebih banyak, yaitu hadirnya annual report digital.

Pada artikel kali ini kamu akan mempelajari serba-serbi mengenai annual report digital mulai dari pengertiannya, keunggulan hingga bagaimana cara mendapatkan dan membuatnya. Bagi kamu yang ingin beralih dari annual report fisik ke annual report digital wajib untuk membaca artikel ini sampai selesai, ya!

Pengertian Annual Report Digital

Annual report digital sebenarnya adalah annual report yang memiliki tujuan dan fungsi sama saja dengan annual report pada umumnya. Annual report digital adalah laporan perkembangan dan pencapaian yang berhasil diraih suatu perusahaan dalam setahun. Data dan informasi yang akurat menjadi kunci penulisan annual report. Isi dari laporan tahunan tersebut mencakup laporan keuangan dan prestasi akan kinerja organisasi selama satu tahun. Yang membedakan adalah annual report digital terbit dalam bentuk digital dan lebih mudah diakses di mana pun kapan pun. Annual report digital mengubah bentuk PDF statis menjadi laporan digital sederhana yang berguna untuk bisnis dan perusahaan kamu.

Keunggulan Annual Report Digital

Setelah memahami pengertian dan fungsi umum dari sebuah annual report digital, ini saatnya kamu memahami keunggulan-keunggulan yang membedakan annual report digital dari annual report biasa. Berikut ini adalah daftar keunggulan yang bisa kamu pertimbangkan:

  • Mudah Diakses

Laporan tahunan adalah peluang bagus untuk menampilkan pencapaian perusahaan kamu. Jadi buatlah itu semenarik dan semudah mungkin untuk diakses! Era digitalisasi sudah berkembang di mana hampir semua informasi dan data bisa kita dapatkan lewat sentuhan jari. Kamu mungkin juga sudah lama meninggalkan laporan cetak karena sudah ada PDF, tetapi kamu bisa menikmati era digitalisasi dengan lebih baik, lho! Pilihan menggunakan annual report digital bisa memungkinkan kamu lebih bisa memaksimalkan kemudahan akses yang menjangkau audiens lebih banyak karena kemudahannya yang diakses kapan pun di mana pun dari perangkat siapa pun.

  • Kreatif dan Interaktif

Menggunakan annual report digital berarti sama dengan mengembangkan kreativitas. Laporan cetak mungkin dibuat sesederhana mungkin untuk menghemat biaya produksi dan distribusi, akan tetapi lewat annual report digital, kamu bisa memaksimalkan kelebihan-kelebihan yang ditawarkan dari internet seperti inovasi HTML5 yang kreatif.

HTML5 pada suatu annual report digital bisa memberikan fitur-fitur menarik yang menjadikan annual report digital perusahaanmu bernilai lebih. HTML5 adalah satu teknologi inti dari internet yang terus berkembang. Menggunakan HTML5 pada annual report-mu memungkinkan laporan menjadi lebih kreatif karena aka nada fitur interaktif yang menarik.

  • Hemat Biaya Produksi dan Distribusi

Selain kemudahan akses dan kreativitas yang bisa dikembangkan, tentunya annual report digital akan banyak menyimpan biaya perusahaan untuk pembuatan annual report. Umumnya, annual report dicetak dan didistribusikan pada konsumen. Hal ini akan banyak memakan waktu, tenaga, bahkan biaya dan maintenance yang panjang. Dengan annual report digital, kamu bisa mengurangi ancaman merugikan tersebut. Apalagi saat ini kampanye ramah lingkungan sudah digaungkan oleh banyak orang, tentunya mengurangi cetak fisik menggunakan kertas akan sangat banyak membantu mendorong kampanye tersebut.

  • Bisa di-update Kapanpun

Jika dahulu pembuatan annual report akan memakan banyak waktu untuk pertimbangan fiksasi, kini kamu sudah tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Salah satu kelebihan yang paling diunggulkan dari annual report digital adalah kemudahan mengubah data dengan cepat kapan pun di mana pun. Hal ini bisa dibilang sebagai salah satu keunggulan yang memungkinkan kamu juga bisa menghemat biaya produksi jika ditemukan kesalahan yang krusial untuk diubah segera. Selain itu, annual report yang dipublikasikan secara digital juga bisa dibuat ulang untuk dijadikan template annual report tahun berikutnya. Tentunya hal ini menjadi efektif karena tidak memakan banyak waktu dan tenaga lagi.

Cara Membuat Annual Report Digital

Jika kamu sudah mengetahui keunggulan-keunggulan dari annual report digital, kini kamu mungkin bertanya-tanya, lalu bagaimana cara membuat annual report digital yang pastinya juga canggih dan sulit? Pada dasarnya annual report digital bisa dibuat dan di-custom sesuai keinginan dengan memanfaatkan aplikasi serta fitur desain yang tersedia di internet.

Akan tetapi, untuk memudahkan kamu, kini jasa pembuatan annual report digital juga sudah tersedia dan bisa kamu temukan di media soaial. Prosesnya biasanya hanya memakan waktu beberapa hari bahkan ada yang bisa menawarkan proses kurang dari sehari. Yang perlu kamu miliki adalah bentuk PDF annual report perusahaan. Setelah itu desain akan di-custom sesuai dengan background yang kamu inginkan. Fitur interaktif juga bisa ditambahkan seperti misalnya video, pop-up images, hingga GIF dan outbound link. Jika sudah selesai, annual report digital bisa kamu dapatkan dalam bentuk tautan atau embed code melalui surel atau sosial media.

Nah, itu dia serba-serbi mengenai annual report digital yang bisa kamu ketahui. Cukup mudah dan menguntungkan, bukan? Kini pilihan menyusun annual report perusahaan sudah lebih beragam. Pastikan kamu memilih keputusan yang tepat untuk menciptakan annual report terbaik!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami