7 Manfaat dalam User Generated Content

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 21 November 2022
Ket. foto: Ilustrasi - User generated content. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - User generated content. Shutterstock.

"User generated content merupakan konten ulasan yang bertujuan menceritakan pengalaman pelanggan terkait dengan produk atau jasa yang dibelinya ke media sosial"

Pengalaman pelanggan sangatlah penting untuk keberlangsungan bisnis Anda. Pengalaman yang baik ini biasanya akan diulas oleh pelanggan di media sosial mereka. Ulasan ini biasanya akan menceritakan seperti apa pengalaman yang mereka rasakan mulai dari kualitas produk hingga pelayanan yang didapatkannya.

Pengalaman pelanggan ini dinamakan dengan user generated content atau UGC. Dengan kata lain, UGC adalah konten ulasan berupa video, foto, atau teks yang bertujuan menceritakan pengalaman pelanggan terkait dengan produk atau jasa yang dibelinya ke media sosial. Hal ini dapat menjadi acuan dari orang-orang lain tentang bagaimana penilaian pelanggan terhadap brand Anda. Berikut ini beberapa manfaat user generated content.

#1 Mempromosikan Keaslian

Para pelanggan dipercaya lebih menyukai user generated content daripada konten promosi yang dilakukan oleh brand itu sendiri. Mengapa? Biasanya ulasan yang diberikan alami atau natural berdasarkan pengalaman pelanggan. Konten yang dibuat oleh pelanggan terlihat lebih jujur dengan menjelaskan secara detail tentang pengalaman yang mereka rasakan terkait dengan produk atau jasa yang mereka gunakan.

Namun, ada dua kemungkinan pelanggan melakukan UGC ini yaitu karena puas dengan produk dan layanan atau karena kecewa dengan produknya. Tetapi, hal inilah yang disukai oleh orang lain karena kejujurannya dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap brand Anda.

#2 Menciptakan Kepercayaan

Adanya UCG dapat menciptakan kepercayaan pelanggan ke brand Anda. Kebanyakan orang ingin mengetahui segala detail dari brand mulai produk, layanan, hingga pengalaman orang lain yang membeli produk Anda. Maka dari itu, kejujuran merupakan hal yang sangat penting karena akan menciptakan kepercayaan bagi pelanggan terhadap brand Anda.

#3 Menuntun Keputusan Pembelian

Mengacu pada marketing funnel, kepercayaan yang telah didapatkan oleh pelanggan akan berdampak lurus dengan keputusan pembelian. Marketing funnel ini merupakan sistem atau cara yang dimana akan menjelaskan pelanggan dari beberapa tahapan sebelum pembelian yang meliputi dari awareness, interest, consideration, hingga action. Dengan begitu, setelah pelanggan merasa nyaman dan mendapatkan kepercayaan, pelanggan akan merasakan sendiri pengalaman apa yang mereka dapatkan, apakah sesuai dengan yang dirasakan pelanggan lain atau tidak.

#4 Hemat Biaya

Dengan menggunakan UGC, brand tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk memasang iklan atau menyewa jasa influencer demi mendapatkan ulasan yang positif. Dengan memanfaatkan UGC ini, secara tidak langsung brand Anda mendapatkan ulasan gratis dari seluruh pelanggan.

#5 Meningkatkan Traffic

Berdasarkan penelitian, sebanyak 87% dari semua hasil pencarian di mesin pencari, UGC merupakan elemen yang berpengaruh dalam keputusan pembelian. Tentu saja hal ini akan meningkatkan traffic organic brand. Dengan meningkatkan traffic, maka akan semakin banyak pula leads atau pelanggan yang berpotensi untuk berubah menjadi pelanggan potensial.

#6 Meningkatkan ROI

UGC mampu dalam meningkatkan prospek bisnis perusahaan serta akan meningkatkan return of investment (ROI). ROI sendiri merupakan rasio yang menunjukkan hasil aktiva yang digunakan oleh perusahaan untuk mengukur efisiensi manajemen. Dengan begitu Anda bisa mengetahui seberapa besar profit yang didapat pada investasi.

#7 Membangun Engagement

Dengan adanya UGC, dapat membangun engagement pada media yang Anda miliki, entah itu media sosial, atau sejenisnya. Engagement rate merupakan metrik yang bisa mengukur interaksi pelanggan dengan konten yang Anda buat. Semakin banyaknya interaksi yang terjadi, semakin banyak juga angka engagement yang didapat. Dengan membangun engagement, bukan tidak mungkin follower brand Anda akan meningkat dan produk atau jasa Anda akan semakin dikenal oleh masyarakat.

Itu dia manfaat dari user generated content yang sangat berguna bagi bisnis Anda. Hal ini dibutuhkan karena pelanggan lebih suka ulasan yang jujur dari pengalaman orang lain daripada ulasan yang dibuat oleh brand sendiri.  Untuk mendapatkan pelayanan dan pengalaman yang baik, mari bergabung bersama Sociomile yang sudah dipercaya oleh banyak perusahaan besar di Indonesia!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami