Hal-hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan pada Email Marketing

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 08 November 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Email marketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Email marketing. Shutterstock.

"Dengan email marketing, Anda tidak memerlukan agen khusus untuk terjun ke lapangan guna melakukan promosi ataupun penjualan"

Email marketing merupakan suatu aktivitas yang dilakukan untuk melakukan promosi dan penjualan melalui media pesan elektronik atau email. Email marketing banyak digunakan oleh perusahaan karena merupakan cara efektif untuk melakukan penjualan dan promosi. Anda pun tidak memerlukan agen khusus yang mesti terjun ke lapangan karena Anda hanya melakukan aktivitasnya di depan komputer Anda saja. Penggunaannya yang mudah, tentunya ada hal yang boleh Anda lakukan dan tidak boleh Anda lakukan. Kira-kira hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada email marketing? Simak ulasannya berikut ini!

Hal yang Boleh Dilakukan

Ada beberapa hal yang boleh Anda lakukan saat mengirim email marketing seperti personalisasi email, melakukan promosi, hingga memperkenalkan bisnis Anda ke media sosial. Berikut ini dua hal yang boleh Anda lakukan pada email marketing:

#1 Memilih kualitas dibandingkan kuantitas

Walaupun Anda memiliki daftar subscribers yang banyak, namun ini tidak akan berguna jika penerima email tidak membuka, meng-klik ataupun membeli dari email marketing Anda. Dalam email marketing, Anda bisa membersihkan daftar email Anda dari orang-orang yang tidak pernah membuka email Anda.

Pertimbangkan juga untuk mengurangi email yang Anda kirim ke orang-orang yang tidak tertarik atau jarang meng-klik konten Anda. Untuk apa Anda mengirimkan email kepada orang yang tidak pernah melihat konten Anda? Daftar pelanggan Anda akan berkurang, tapi metrik Anda yang lain akan meningkat.

Anda bisa menyiapkan campaign kembali beberapa bulan setelah Anda menghapus pelanggan. Selama mereka tidak melakukan unsubscribe, Anda masih bisa mengirim email lagi untuk menguji tingkat keterlibatan mereka.

#2 Melakukan format email yang berbeda

Anda bisa melakukan format email yang berbeda kepada pelanggan untuk melihat apa yang akan ditanggapi oleh pelanggan. Beberapa perusahaan biasanya mengirim email kepada pelanggan dengan format yang sama tiap minggunya. Hal tersebut bisa saja sudah terlalu usang dan membuat penerima menjadi bosan saat membacanya. Untuk hal itu, Anda bisa mengirim email yang lebih pendek, email dengan grafik, email dengan format panjang, dan teaser sederhana untuk melihat apa yang disukai oleh target Anda. Dengan hal tersebut, Anda mungkin saja akan menemukan format baru yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Dalam email marketing, tentu ada hal yang tidak boleh Anda lakukan seperti melakukan promosi pada waktu yang sama dan mengirimkan email terlalu banyak. Hal itu tentunya akan mengganggu kenyaman pelanggan. Berikut adalah 2 hal yang tidak boleh Anda lakukan pada Email Marketing:

#1 Jangan kirim email yang sama

Hal yang tidak boleh Anda lakukan dalam email marketing yaitu jangan mengirim email yang sama kepada pelanggan pada daftar Anda. Jika Anda pernah membeli sepasang sepatu dan kemudian menerima email sebuah promosi yang bertujuan mendorong Anda membeli sepatu yang sama lagi, tentunya akan membuat pelanggan tidak tertarik. Dalam email, biasanya memiliki kemampuan untuk mensegmentasikan pelanggan. Jadi, tidak ada alasan dengan mengirim email yang sama secara massal alih-alih membuat konten berdasarkan kebutuhan dan maksud pelanggan.

#2 Jangan melakukan email blast di waktu yang sama

Hal selanjutnya yang tidak boleh dilakukan yaitu jangan melakukan blasting email di waktu yang sama. Fitur pada email scheduling membantu Anda untuk mengatur pengiriman pesan. Jika Anda memiliki pelanggan yang zona waktunya berbeda, Anda bisa menyesuaikan dengan perbedaan waktu lokasi Anda saat ini dengan lokasi pelanggan Anda.

Saran ini mungkin tidak berlaku bagi bisnis lokal kecil, tapi ini dapat menyoroti pentingnya pengaturan waktu yang cermat. Jika email yang Anda kirimi waktunya berbeda dengan pelanggan, kemungkinan email Anda akan tenggelam karena sibuknya pelanggan tersebut.

Itulah penjelasan tentang hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan dalam email marketing. Jika Anda ingin melakukan promosi pada email, Anda bisa bergabung bersama Sociomile yang dipersembahkan oleh Ivosights. Semoga artikel ini dapat membantu Anda.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami