6 Keuntungan Menggunakan Email Marketing

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 04 November 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Email marketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Email marketing. Shutterstock.

"Email marketing, merupakan salah satu strategi pemasaran yang berisi promosi, diskon ataupun program yang ditawarkan perusahaan melalui email"

Berbagai cara dilakukan perusahaan untuk melakukan promosi. Salah satunya menggunakan pesan elektronik atau yang lebih dikenal dengan email marketing. Strategi pemasaran ini berisi dengan promosi, diskon, ataupun program yang ditawarkan perusahaan melalui email. Selain promosi, berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan email marketing.

#1 Membuat Konten Personalisasi

Dengan email marketing, Anda dapat membuat konten menarik yang lebih personal. Personalisasi yang paling sederhana adalah dapat memasukkan nama penerima di email. Hal ini untuk menunjukan bahwa email yang dikirim tersebut hanya ditujukan untuk satu orang atau email itu saja. Tidak hanya itu, Anda pun bisa mengirim email dengan promosi atau campaign yang berbeda kepada target berbeda pula.

#2 Meningkatkan Penjualan

Menggunakan email marketing tentunya akan meningkatkan penjualan. Hampir 60% pelanggan mengatakan bahwa mereka melakukan pembelian karena email yang mereka dapatkan. Mengapa demikian? Promosi melalui email akan memberikan pelanggan kesempatan untuk melihat-lihat atau langsung membeli produk atau jasa melalui gadget mereka. Untuk itu, jangan lupa untuk memasukan CTA yang sesuai untuk mengarahkan calon pelanggan.

Semakin relevan konten marketing yang dikirim ke email pelanggan, maka akan semakin tinggi pula kemungkinan pelanggan melakukan tindakan entah itu berupa pembelian, mengunduh data, melakukan donasi, dan tindakan spesifik lainnya.

#3 Membangun Koneksi

Penggunaan email marketing tentunya akan meningkatkan koneksi atau hubungan dengan pelanggan. pasalnya, Anda secara konsisten memberikan informasi yang sedang terjadi pada bisnis Anda, mulai dari diskon, produk terbaru, ataupun informasi lainnya. Saat perusahaan Anda berhasil menarik minat pelanggan, tentunya pelanggan akan merasa Anda peduli dengan mereka. Dengan begitu, ketika pelanggan ingin membeli sebuah produk, maka mereka akan mengingat produk Anda. Langkah ini menandakan bahwa Anda sukses membangun koneksi dengan pelanggan.

#4 Meningkatkan Brand Recognition

Melalui email marketing, Anda dapat menampilkan brand Anda melalui pesan yang Anda kirimkan ke pelanggan. Dengan begitu, pelanggan bisa mengenal brand Anda secara perlahan dan berkesinambungan.

#5 Menambah Traffic Website

Pada email marketing, Anda boleh menyertakan link yang mengarahkan ke website perusahaan Anda. Dengan begitu, traffic website perusahaan Anda akan banyak pengunjungnya. Hal ini akan membuat produk atau jasa perusahaan Anda semakin dikenal masyarakat.

#6 Waktu dan Keuangan Lebih Optimal

Dengan menggunakan email marketing akan mengoptimalkan waktu dan keuangan perusahaan Anda. Mengapa? Penggunaan email marketing memiliki biaya yang lebih rendah dibanding strategi marketing lainnya. Cara ini banyak digunakan oleh perusahaan, karena caranya dinilai efektif terutama pada bagian keuangan. Penggunaan email marketing juga bisa dilakukan secara otomatis tetapi tetap personalisasi dan sesuai dengan kebutuhan calon pelanggan. Hal ini akan menghemat waktu dan biaya operasional perusahaan.

Nah itu dia keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan Email marketing. Cara ini walaupun dibilang jadul, namun efektif dan penggunaanya masih banyak terutama pada perusahaan atau bisnis yang masih kecil. Penggunaan email marketing juga bisa menghemat waktu dan biaya operasional karena pemakaiannya yang simple. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda ya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami