5 Strategi Customer Service untuk Tingkatkan Marketing Perusahaan

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 19 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer service. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer service. Shutterstock.

"Seorang customer service harus mampu menarik perhatian pelanggan agar pelanggan mau membeli dan menggunakan jasa yang ditawarkan"

Apabila kamu memiliki perusahaan yang membutuhkan komunikasi intens dengan pelanggan, sewajarnya kamu pasti menyiapkan agen telesales untuk contact center yang akan mengatasi permasalahan komunikasi ini dengan pelanggan. Contact center sendiri adalah bagian penting yang selalu dimiliki perusahaan. Contact center menjadi penting karena fungsinya yang memberikan layanan pelanggan yang berkualitas dan membantu perusahaan untuk menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan mereka.

Di dalam komponen contact center tentunya dibutuhkan seorang agen telesales juga. Seorang agen telesales atau operator contact center adalah seorang yang bertugas untuk menangani pertanyaan, keluhan, atau permintaan bantuan dari pelanggan melalui telepon, email, atau live chat. Agen telesales atau operator contact center harus mampu menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat dan tepat, serta memberikan solusi atas masalah yang dihadapi pelanggan. Selain itu agen telesales bertanggung jawab untuk mengatur dan mengelola antrean panggilan, serta mencatat setiap interaksi dengan pelanggan untuk dijadikan referensi di kemudian hari.

Sebagai agen telesales, kamu harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, serta memiliki pengetahuan yang cukup tentang produk atau layanan perusahaan untuk memberikan informasi yang akurat kepada pelanggan. Akan tetapi, terkadang ketika itu semua sudah kamu miliki sebagai seorang agen telesales, hambatan masih tetap datang dari luar, yakni strategi pemasaran yang tidak matang.

Padahal tugas seorang customer service tidak hanya terbatas pada pelayanan kepada pelanggan saja, lho! Seorang customer service juga harus mampu menarik perhatian pelanggan agar pelanggan mau membeli dan menggunakan jasa kita. Oleh sebab itu tidak aneh jika customer service seringkali dianggap sebagai ujung tombak perusahaan karena perannya yang krusial!

Nah, untuk itu pada artikel ini kamu akan mempelajari sedikit banyak tentang strategi customer service agar mereka bisa membantu perusahaan meningkatkan pasar perusahaan. Untuk memberikan pelayanan yang berkualitas, customer service membutuhkan strategi agar dapat mengelola permintaan pelanggan dengan efisien dan efektif.

5 Strategi Customer Service untuk Marketing

Dengan menggunakan strategi yang tepat, customer service dapat mengelola permintaan pelanggan dengan lebih efisien. Ini akan membantu mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menangani permintaan pelanggan dan meningkatkan kecepatan pelayanan. Dengan itu, customer service pun jadi mampu membantu perusahaan mengekspansi pasarnya.

Berikut adalah beberapa strategi customer service yang dapat digunakan untuk marketing yang baik:

  • Menyediakan pelayanan yang responsif

Strategi pertama yang dapat dilakukan seorang customer service adalah menyediakan pelayanan yang responsif. Pastikan agen customer service kamu dapat menanggapi permintaan pelanggan dengan cepat dan tepat waktu. Ini akan membantu pelanggan merasa dihargai dan memperkuat citra positif perusahaan kamu.

  • Menyediakan pelayanan yang ramah dan sopan

Selain menyediakan pelayanan yang responsif, seorang customer service juga bisa memberikan layanan yang ramah dan sopan. Caranya adalah dengan memastikan agen customer service kamu dapat memberikan pelayanan yang ramah dan sopan kepada pelanggan. Ini akan membantu menciptakan hubungan yang positif dengan pelanggan dan memperkuat citra positif perusahaan kamu.

  • Menyediakan pelayanan yang personal

Berusaha untuk memberikan pelayanan yang personal kepada pelanggan adalah strategi yang bisa dilakukan juga untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Hal ini bisa dilakukan dengan menyapa pelanggan dengan nama atau menanyakan kebutuhan mereka secara spesifik. Ini akan membantu menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan.

  • Menyediakan pelayanan yang solutif

Tentunya semua harapan pelanggan mendatangi customer service adalah untuk mendapatkan pelayanan yang solustif. Oleh karena itu, berusaha untuk memberikan solusi yang tepat kepada pelanggan adalah salah satu strategi yang dapat berguna, seperti dengan menyediakan solusi alternatif atau memberikan informasi tentang cara mengatasi masalah yang dihadapi pelanggan. Ini akan membantu meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diterimanya.

  • Menyediakan pelayanan yang terintegrasi

Selain keempat hal di atas, strategi lain yang perlu dilakukan adalah denga menyediakan pelayanan yang terintegrasi. Pelayanan yang terintegrasi banyak memudahkan pelanggan maupun customer service itu sendiri. Oleh karena itu, pastikan agen customer service kamu dapat menyediakan informasi yang terintegrasi kepada pelanggan, seperti informasi tentang produk atau layanan perusahaan kamu. Ini akan membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan juga, lho!

Dapatkan Contact Center yang Terintegrasi di Sociomile

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kamu ketahui dari strategi customer service untuk marketing yang jitu! Bagi kamu para perusahaan yang sedang membutuhkan contact center terbaik, kamu bisa mengandalkan Ivosights! Ivosights sebagai perusahaan yang selalu mengedepankan solusi berbagai masalah dengan teknologi pastinya bisa membantu kamu di sini!

Sociomile merupakan salah satu produk andalan kami yang bisa membantumu membangun bisnis dari contact center. Dengan sistem omni-channel yang memungkinkan kamu mengintegrasikan seluruh pekerjaan contact center pada satu platform, kamu akan lebih mudah mengembangkan bisnismu! Tunggu apalagi? Jangan ragu! Hubungi Ivosights sekarang dan rasakan manfaatnya!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami