5 Manfaat Pentingnya Jadwal Harian, Serta Tips Membuatnya

Ripple10 | Selasa, 06 September 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Jadwal harian. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Jadwal harian. Shutterstock.

Apakah membuat jadwal harian itu penting? Jawabannya ya. Membuat jadwal harian amat penting terutama bagi Anda punya masalah dalam membagi waktu. Pernahkah Anda merasa tidak punya waktu yang cukup dalam sehari ketika ingin melakukan banyak hal? Anda merasa lelah, dan berpikir jika 24 jam tidaklah cukup.

Jika Anda pernah merasa demikian, maka membuat jadwal harian adalah solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Jadwal harian penting sebab itu adalah cara untuk mengatur waktu, dari kegiatan ke kegiatan yang lain. Dengan membuat jadwal harian, Anda bisa membuat hidup menjadi lebih terstruktur, mengurangi stress, dan memperbanyak waktu luang.

Di artikel kali ini kita akan membahas tentang pentingnya jadwal harian serta bagaimana cara membuatnya dengan mudah. Dengan adanya jadwal, Anda akan lebih bisa memprioritaskan mana kegiatan yang lebih penting dari yang lain, serta meningkatkan produktivitas, baik di rumah, maupun di pekerjaan.

Manfaat Membuat Jadwal Harian

#1 Membuat Hidup Lebih Terstruktur

Salah satu alasan pentingnya jadwal harian adalah membuat hidup lebih terstruktur. Sebab, jadwal harian memberikan kita alur tentang apa saja yang harus kita lakukan setiap harinya. Ketika tahu apa yang harus dilakukan, dari mulai yang terpenting hingga tidak, dari pagi hingga malam, kita tidak perlu lagi bingung ketika mempunyai waktu kosong, ataupun merasa stress ketika mempunyai banyak pekerjaan.

#2 Mengurangi Stress

Stress terjadi ketika beban/tugas yang harus dikerjakan tidak sesuai dengan kemampuan. Sebab lainnya, stress juga bisa muncul ketika ada banyak hal yang harus dilakukan secara bersamaan, namun kita tidak mempunyai waktu yang cukup. Membuat jadwal harian bisa membantu untuk mengatasi hal ini. Dengan jadwal harian, kegiatan menjadi lebih terstruktur, tertata dengan baik, dan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang apa yang harus dilakukan terlebih dahulu. Ini merupakan manfaat kedua dari pentingnya jadwal harian. Dengan kata lain, jadwal harian bisa mengurangi tingkat stress Anda.

#3 Menghilangkan Kebiasaan Menunda-nunda

Menunda-nunda sesuatu adalah kebiasaan yang buruk. Namun, umum diketahui bahwa banyak orang gemar menunda-nunda pekerjaan, baik itu tugas sekolah, tugas rumah tangga, hingga pekerjaan kantor. Menunda-nunda pekerjaan merupakan masalah yang berat. Itu bisa membuat pekerjaan menumpuk dan menciptakan stress. Membuat jadwal harian bisa memberikan suatu dorongan bagi seseorang untuk mengerjakan tugas di waktu yang sudah ditentukan.

#4 Meningkatkan Produktivitas

Adanya jadwal harian juga memungkinkan kita untuk mengetahui waktu luang yang kita miliki dalam sehari. Waktu luang ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal yang produktif. Baik itu meningkatkan skill, melakukan hobi, belajar, hingga sekadar mencari pekerjaan sampingan.

#5 Membantu Menentukan Prioritas Pekerjaan

Hal terpenting dari daftar kegiatan yang harus kita lakukan bisa kita tentukan lewat adanya jadwal harian. Adanya jadwal harian memberikan kita kesempatan untuk mensetting tugas terpenting untuk diselesaikan lebih awal. Adanya jadwal harian juga mengurangi kemungkinan lupa ketika hendak mengerjakan suatu tugas penting.

Tips Membuat Jadwal Harian

Setelah mengetahui apa saja manfaat dari pentingnya jadwal harian, selanjutnya kita akan membahas tentang cara membuatnya. Berikut ini adalah 4 langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat jadwal harian sendiri.

#1 List Kegiatan yang Akan Dilakukan

Langkah pertama adalah membuat list yang berisi hal-hal apa saja yang akan dilakukan di hari tersebut. List apa saja yang dilakukan, misalnya meeting dengan clien, meeting dengan team, mengecek email, hingga olahraga, dan makan siang. Tentukan juga apa saja hal-hal yang sudah pasti dilakukan di waktu-waktu tertentu, seperti makan siang atau tidur malam.

#2 Tentukan Prioritas

Tidak semua kegiatan memiliki prioritas yang sama untuk dilakukan. Ada yang sangat penting yang harus dilakukan di hari itu, ada yang pula yang bisa menunggu. Setelah Anda membuat list yang berisi semua kegiatan yang perlu dilakukan, langkah selanjutnya adalah membuat prioritas. Prioritaskan kegiatan yang mempunyai deadline secepatnya, dan yang harus diselesaikan di hari tersebut. Buatlah alat ukur untuk menentukan prioritas. Labelilah kegiatan dengan prioritas tinggi, sedang, dan rendah.

#3 Urutkan Kegiatan Sesuai dengan prioritas

Ini merupakan langkah terakhir. Urutkanlah kegiatan berdasarkan prioritas kepentingannya. Lakukanlah hal-hal yang punya prioritas tinggi, yakni yang mempunyai deadline secepatnya dan bersifat urgent. Anda bisa mengubah dan menghapus kegiatan yang kira-kira sudah tidak lagi perlu untuk dikerjakan. Perlu diingat juga bahwa jadwal harianmu bukanlah sesuatu yang tetap. Anda Bisa mengubahnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Nah itulah manfaat dan cara membuat jadwal harian. Anda bisa memulai membuat list kegiatan, memprioritaskannya, serta menyusun jadwal harian Anda sendiri. Semoga informasi ini membantu yah.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.