5 Cara Meningkatkan Customer Satisfaction

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 15 November 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer satisfaction. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer satisfaction. Shutterstock.

"Customer satisfaction merupakan reaksi yang diberikan pelanggan terkait pengalaman dengan produk & jasa. Hal ini akan menentukan keberlangsungan suatu bisnis"

Apa yang Anda ketahui tentang bisnis atau pemasaran? Mungkin saja ada dari Anda yang memikirkan bahwa bisnis itu berjualan. Tidak salah memang, namun, dalam bisnis, salah satu hal yang penting yaitu dengan kepuasan pelanggan atau customer satisfaction. Customer satisfaction atau kepuasan pelanggan yaitu reaksi yang diberikan kepada pelanggan terkait suatu pengalaman dengan produk atau jasa apakah dapat hasil yang baik atau tidak.

Customer satisfaction merupakan hal penting karena akan menentukan keberlangsungan suatu bisnis. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, diperlukannya sebuah cara dan upaya. Bagaimana cara yang tepat untuk meningkat customer satisfaction? Mari simak artikel ini ya!

#1 Meningkatkan Kualitas

Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, hal utama yang harus Anda perhatikan adalah dengan meningkatkan kualitas produk. Anda harus melakukan cek secara berkala untuk memastikan setiap produk yang akan dikirim ke pelanggan adalah yang terbaik. Dengan memerhatikan kualitas suatu produk secara berkala dan dilakukan dengan baik, maka customer satisfaction pun akan meningkat.

#2 Jujur

Kejujuran pada pelanggan merupakan kunci kesuksesan terhadap suatu bisnis. Jika Anda mencoba untuk melakukan kebohongan pada pelanggan, pelanggan akan merasa kecewa dan sulit untuk percaya pada bisnis Anda. Selain itu, jika Anda berbohong, akan membentuk citra buruk karena penipuan yang melekat pada bisnis Anda. Agar hal ini tidak terjadi, Anda sebagai pebisnis jangan pernah coba-coba untuk melakukan kebohongan kepada pelanggan.

#3 Berikan Harga yang Bersaing

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah memberikan harga yang bersaing atau bersahabat. Ketika Anda menjalankan suatu bisnis dan ingin meningkatkan kepuasan pelanggan, maka cobalah untuk memberikan harga yang bersaing dengan kompetitor. Harga yang Anda tawarkan tidaklah harus lebih murah dengan kompetitor, namun Anda bisa memberikan produk atau jasa dengan harga masuk akal dengan kualitas yang ditawarkan.

#4 Strategi Promosi yang Baik

Anda bisa membuat strategi seperti memberikan diskon atau event lain yang dapat menarik hati pelanggan. Saat Anda menjalankan strategi promosi, jangan lupa bahwa kualitas yang diberikan harus diperhatikan. Anda jangan pernah mencoba untuk memberikan barang dengan kualitas yang rendah akibat potongan harga dan dari hal lainnya.

#5 Memberikan Reward ke Pelanggan

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memberikan reward atau hadiah ke pelanggan. Anda bisa memberikan hadiah ini kepada pelanggan yang loyal, dengan begitu, pelanggan akan merasa spesial dan dihargai karena mendapatkan apresiasi berupa hadiah dari perusahaan Anda.

Selain memberikan reward kepada pelanggan yang loyal, Anda juga bisa memberikan giveaway di media sosial dengan akun perusahaan atau bisnis Anda. Dengan cara itu, Anda bisa menarik pelanggan baru atau yang sudah pernah melakukan pembelian atau menggunakan produk dan jasa perusahaan Anda. Biasanya, giveaway ini sifatnya gratis. Pelanggan akan lebih mudah mengikutinya. Apabila beruntung mendapatkan hadiahnya, kemungkinan besar pelanggan akan menjadi orang yang loyal kepada bisnis Anda.

#6 Memberi Garansi

Pelanggan tentu tidak ada yang ingin produk yang merekaa beli itu bermasalah. Untuk mengatasi rasa kecewa pelanggan, Anda bisa memberikan garansi resmi atau dengan memberikan kebijakan uang kembali. Dengan memberikan garansi resmi, pelanggan akan merasa lega karena perusahaan berani untuk memberikan tanggung jawab terhadap produk yang dibeli oleh pelanggan. Selain itu, berikan pelayanan sebaik dan seramah mungkin ketika ada pelanggan yang ingin mengklaim garansi. Ini tentunya akan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan karena layanan.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dibutuhkan tak hanya sekedar kualitas barang, namun pemberian garansi ataupun giveaway banyak disukai pelanggan. Ingin memberikan pelayanan maksimal ke pelanggan? Sociomile siap membantu Anda. Untuk info lebih lengkap kunjungi website ivosights.com.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami