5 Aturan User Experience untuk Website

Ripple10


Penulis : Administrator - Senin, 29 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - User experience. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - User experience. Shutterstock.

"User experience merupakan sebuah proses membuat website ataupun aplikasi agar mudah digunakan dan dimengerti saat digunakan oleh pengguna."

User Experience (UX) atau pengalaman pengguna merupakan hal penting dalam sebuah website ataupun aplikasi digital. Secara singkatnya, UX merupakan sebuah proses membuat website ataupun aplikasi agar mudah digunakan dan dimengerti saat digunakan oleh pengguna. Kita mungkin telah menciptakan desain sebuah website ataupun aplikasi digital yang menurut kita terbaik, tapi belum tentu akan dianggap baik oleh pelanggan. Terlebih, jika website ataupun aplikasi tersebut tidak bisa diguakan atau sulit dipahami.

Maka, hal terpenting dalam UX adalah kita harus membuat tampilan website ataupun aplikasi yang bukan hanya bagus, tetapi juga dapat digunakan. Bahkan, berdasarkan laporan dalam The Gomez, 88% pelanggan online tidak akan kembali mengunjungi suatu website setelah merasakan pengalaman buruk dalam hal user experience. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus kita lakukan untuk membuat desain UX yang baik dan dibutuhkan pelanggan. Dalam hal ini, Ivosights telah merangkum dari berbagai sumber mengenai 6 aturan UX yang wajib diperhatikan, seperti di bawah ini.

Lakukan Riset

Untuk membuat sebuah website yang baik dalam segala hal dan secara efektif membidik target pelanggan utama, kita harus melakukan riset. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang patut kita perhatikan atau lakukan riset mengenai pelanggan kita, seperti kebiasaan para pelanggan dan interest mereka. Selain menanyakan diri sendiri tentang apa yang diinginkan pengguna atau pelanggan, kita juga dapat terjun langsung untuk menyebarkan sebuah pertanyaan riset seputar user experience.

Jangan Buat Pengguna Berpikir

Steve Krug pernah menulis bahwa user experience yang baik adalah tidak membuat seseorang berpikir ketika mengunjungi atau menggunakan website tersebut. Hal ini menjadi sebuah aturan yang penting. Mengingat, saat mengunjungi website, seseorang tidak suka berpikir tentang bagaimana cara melakukan sesuatu. Pengguna akan mengunjungi website tersebut karena sebuah kebutuhan, tetapi jika website tersebut tidak mudah dipahami, tentu ia tidak akan pernah kembali.

Ciptakan Website yang Responsif

Saat ini, mayoritas masyarakat telah menggunakan mobile devices setiap harinya. Itu sebabnya, menciptakan website yang responsif, baik tampilan ataupun fungsi di beragam perangkat, merupakan hal penting. Menciptakan website yang responsif ini juga akan memudahkan tingkat keterbacaan sebuah konten di mobile devices, dan sebagainya. Sehingga, hal ini juga akan memudahkan setiap pengguna dalam mengakses website secara lebih mudah.

Ciptakan Copy yang Efektif

Bukan hanya tampilan dan design sebuah website, copy ataupun kalimat yang akan kita tampilkan di website pun harus diperhitungkan secara lebih baik. Ciptakan sebuah copy yang jelas, menarik, dan efektif (hindari gaya berbicara yang penuh dengan promosi ataupun iklan). Ditambah lagi, pengguna tidak menyukai konten ataupun penjelasan yang panjang sehingga jangan pernah menampilkan hal tersebut.

Konsistensi

Desainer interface harus memastikan bahwa elemen grafis dan terminologi selalu konsisten. Sebagai contoh, warna atau tone gambar harus senada. Selain itu, istilah-istilah atau gaya bahasa yang digunakan pun harus konsiten.

Menciptakan sebuah user experience yang sangat baik, membutuhkan waktu dan kerja keras. Namun, ketika kita berhasil menciptakan UX sesuai dengan aturan-aturan di atas, kita akan memberikan pelayanan user experience yang baik untuk pelanggan.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami