4 Keunggulan Memiliki Command Center Pada Perusahaan

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 06 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Command center. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Command center. Shutterstock.

"Command center merupakan suatu tempat atau lokasi untuk menyediakan perintah, koordinasi, & pembuatan keputusan cepat dalam mendukung/merespons kejadian penting"

Jika kamu pernah menonton film dan melihat ada sekumpulan orang di dalam suatu ruangan yang memberikan instruksi atau perintah pada orang lain yang sedang berada di ruang terbuka lainnya dalam dunia militer, maka itu adalah salah satu contoh command center.

Secara umum command center dapat diartikan sebagai suatu tempat atau lokasi untuk menyediakan perintah, koordinasi, dan pembuatan keputusan cepat dalam mendukung atau merespons kejadian penting. Dari sisi perusahaan, command center merupakan salah satu fasilitas yang diperlukan oleh perusahaan dalam menjalankan crisis management atau business continuity management.

Pada artikel kali ini kamu akan mengetahui serba-serbi command center terutama berupa keunggulan yang pasti didapatkan perusahaan yang memiliki command center. Simak terus artikelnya sampai selesai, ya!

4 Keunggulan Command Center pada Perusahaan

Command center tidak hanya berfungsi pada operasi besar dalam dunia militer. Akan tetapi, command center juga merupakan salah satu hal yang penting dimiliki suatu perusahaan. Dengan command center ada beberapa keunggulan yang bisa diperoleh perusahaan. Berikut ini adalah keunggulan-keunggulannya!

  • Infrastruktur Lebih Memadai

Pada perusahaan yang menggunakan command center, maka secara otomatis perusahaan itu lebih unggul secara infrastruktur. Command center membutuhkan insfrastruktur lengkap yang diperlukan di mana seorang direktur atau pengambil keputusan bersama-sama dengan tim.

  • Instruksi Tugas Lebih Terstruktur

Command center membantu pekerja untuk lebih mudah melakukan pertemuan, mengambil keputusan menugaskan, mengkoordinasi, memonitor dan mengontrol seluruh tindakan yang diperlukan sebagai respon terhadap krisis yang dihadapi perusahaan, di antara lainnya meliputi tindakan tanggap darurat, action plan untuk perbaikan dan pemulihan, langkah pengadaaan, dan langkah penyediaan informasi publik.

  • Meningkatkan Layanan pada Pelanggan

Pada perusahaan, command center memiliki fungsi sebagai suatu sistem yang mengintegrasikan informasi dan komunikasi antara pelanggan dengan petugas layanan. Adanya command center bisa menjadi peningkatan layanan penanganan gangguan tertentu yang dialami pelanggan. Perusahaan yang memiliki command center berpotensi meningkatkan kepuasan pelanggan lebih efektif sebab melalui command center semua akan termonitori dari waktu masuknya laporan hingga kepastian penyelesaian masalah oleh petugas.

  • Mencegah Krisis Perusahaan

Comman center mampu secara efektif mencegah krisis perusahaan. Dengan adanya command center yang berfungsi mengontrol dan memonitori tindakan yang terjadi di perusahaan sehingga secara signifikan juga mencegah terjadikan krisis baik melalui tanggap darurat, action plan untuk perbaikan, langkah pengadaan dan lain-lain.

Jenis-jenis Command Center

Command center sendiri memiliki beragam jenis. Berikut ini empat jenis command center yang perlu kalian ketahui seperti dilansir oleh emirul.staff.gunadarma.ac.id:

  • Data center management. Mengatur manajemen pusat dan pengendalian operasi untuk sistem komputer yang esensial bagi kepentingan bisnis, biasanya berbentuk pusat data dan mempunyai ruangan khusus dengan berbagai peralatan komputer canggih.
  • Business application management. Menjamin berbagai aplikasi yang sangat penting bagi para pelanggan dan jaringan bisnis serta selalu tersedia dengan desain yang ditetapkan.
  • Civil Management. Mengatur manajemen pusat dan pengendalian fungsi-fungsi operasi sipil.
  • Emergency (crisis) management. Menangani langsung ke masyarakat, sumber daya, informasi, dan mengendalikan kejadian untuk mencegh suatu krisis.

Nah itu dia empat keunggulan yang diperoleh suatu perusahaan yang memiliki command center. Melihat pentingnya fungsi dan jenis command center saat ini, sudah sewajarnya jika kamu memiliki perusahaan yang sedang berkembang untuk mempertimbangkan mengadakan command center yang bisa memajukan perusahaanmu!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami