3 Perbedaan Antara Customer Relations dan Customer Service

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 20 Oktober 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer relations. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer relations. Shutterstock.

"Walaupun keduanya sama-sama membantu membangun reputasi, namun ada perbedaan yang perlu Anda ketahui antara customer relations dan customer service."

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tujuan utamanya adalah sukses menjual produk atau jasa. Untuk mensukseskan penjualan, ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan, salah satunya menjalin hubungan baik dengan pelanggan. disinilah peran customer relations dan customer service, keduanya dapat membantu membangun reputasi yang baik bagi perusahaan dan mengajak pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang akan ditawarkan. Walaupun keduanya sama-sama membantu membangun reputasi, namun ada perbedaan yang perlu Anda ketahui. Apa saja perbedaannya? Simak artikel ini sampai selesai.

#1 Fokus

Perbedaan yang pertama yaitu ada di fokusnya. Fokus customer relations yaitu berfokus untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Sedangkan customer service berfokus dengan memberikan pelayanan kepada pelanggan melalui dengan menjawab atau menyelesaikan masalah mereka.

Tak hanya itu, dengan customer relations, Anda dapat melihat setiap bagian dari percakapan pelanggan dengan agent perusahaan Anda. Sedangkan pada customer service, Anda bisa meningkatkan layanan pelanggan dengan cara menerapkan solusi yang baik untuk memecahkan masalah setiap pelanggan Anda.

#2 Sifat Proactive dan Reactive

Customer relations bersifat proactive yaitu agent berusaha untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan cara memecahkan masalah sebelum terjadi. Tak hanya itu, customer relations membangun hubungan dengan pelanggan saat ini dan masa depan berdasarkan feedback dari customer service.

Sedangkan, customer service memiliki sifat reactive yaitu membantu menyelesaikan permasalahan dari pelanggan secara real-time. Karena sifatnya yang reactive, customer service akan membantu pelanggan dan dapat menciptakan hubungan yang positif melalui saluran penjualan.

Contoh, ketika ada pelanggan yang protes dan marah-marah saat melaporkan bahwa produk yang diterima tidak seperti yang diiklankan misalnya, seperti warna atau ukuran berbeda, kerusakan fungsi, dan masalah lainnya, customer service akan berurusan dengan masalah tersebut. Sedangkan customer relations akan mengambil percakapan tersebut dan membantu untuk menyusun pesan yang lebih jelas agar pelanggan akan mendapatkan informasi yang lebih baik ketika mereka melakukan pembelian.

#3 Konsep

Customer relations dan customer service jika disatukan maka akan menjadi sebuah profesi baru dengan istilah customer service relations. Istilah tersebut mengacu pada cara bisnis atau brand berinteraksi dengan pelanggannya selama komunikasi dengan customer service. Berbeda dengan Customer Service, pada Customer service relations hanya akan terjadi apabila ada pelanggan yang mendekati atau menghubungi tim support untuk menyelesaikan pertanyaan atau masalah dari masing-masing pelanggan.

Itu dia perbedaan yang ada pada customer relations dan customer service. Dua istilah yang terlihat sama namun adalah hal yang berbeda. Fokus pada customer relations yaitu dengan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, sedangkan pada customer service yaitu dengan memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan cara membantu permasalahan mereka. Customer relations dan customer service akan ideal jika digabungkan dan menjadi dengan istilah customer service relations.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami