Bagaimana Memilih Digital Listening Tools yang Tepat?

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 21 Juli 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Digital listening. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Digital listening. Shutterstock.

"Identifikasi kebutuhan Anda sebelum memilih digital listening tool, salah satunya platform yang lebih dari sekadar mendengar. Ripple10, salah satunya."

Saat ini, penyedia digital listening tool di seluruh dunia semakin menjamur. Mengingat, dalam dunia bisnis, penting bagi setiap merek untuk memantau percakapan tentang layanan atau produk mereka. Itu sebabnya, digital listening tool menjadi penting karena mampu menjawab pertanyaan seputar apa yang pelanggan bicarakan mengenai sebuah merek dan melalui saluran apa perbincangan tersebut terjadi. 

Semakin tumbuhnya penyedia layanan digital listening tool tersebut, tentu membuat Anda harus lebih selektif dan memerlukan pertimbangan yang cermat. Sangat disayangkan bila Anda telah melakukan investasi besar, tetapi implementasinya tidak tepat dan membuat Anda rugi. Dalam hal ini, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih layanan digital listening tool yang tepat.

Baca Juga: Pentingnya Digital Listening Tools dalam Dunia Bisnis

Pastikan Platform Tersebut Diciptakan untuk Audiens Lokal

Karakteristik pasar di setiap negara berbeda yang disebabkan oleh beragam faktor. Itu sebabnya, saat memilih platform digital listening pun, Anda harus menyesuaikan kemampuan tersebut; pastikan platform yang Anda pilih memiliki instrumen yang diciptakan berdasarkan karakteristik pasar Indonesia. Sehingga digital listening tool yang Anda pilih akan sangat akurat dalam memonitor promosi-promosi yang Anda jalankan dalam jangkauan lokal. Mengingat, tidak semua platform memiliki kemampuan tersebut. Anda dapat mengidentifikasi kemampuan ini berdasarkan rekomendasi dari pengguna sebelumnya, review dari sejumlah media, atau Anda dapat meminta penjelasan dari penyedia layanan tersebut secara langsung.

Pertimbangkan Sesuai Objektif Anda

Sebelum memutuskan memilih platform yang sesuai, Anda perlu menjabarkan tentang satu pertanyaan: mengapa Anda membutuhkan digital listening tool? Lalu, identifikasi aspek-aspek yang paling penting dan memang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan: apakah hanya ingin melakukan tracking terhadap saluran media sosial Anda? Atau mengidentifikasi sentimen negatif, isu, komplain, dan sebagainya? Atau lebih dari itu, ingin melihat perbandingan sentimen atau performa merek Anda dengan pesaing? Mengetahui objektif ini akan membantu Anda dalam memilih tool sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mengidentifikasi, saluran apa saja yang ingin Anda gunakan. Mengingat, tidak semua platform memiliki kemampuan untuk melakukan crawling data dari semua media sosial. Itu sebabnya, sebelum menentukan platform apa yang Anda gunakan, identifikasi apakah platform tersebut dapat mengambil data di akun media sosial yang Anda inginkan. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk memilih media sosial atau saluran yang memang sering Anda gunakan untuk kampanye. Sebab, menggunakan semua saluran akan membuat Anda mengeluarkan biaya lebih besar.

Baca Juga: Mengenal Digital Listening Tools yang Kini Banyak Diminati!

Platform yang Lebih dari Sekadar Mendengar

Pastikan platform yang Anda pilih tidak hanya sekadar mendengarkan percakapan konsumen di media sosial. Namun, lebih dari itu. Pilih platform yang memungkinkan Anda menganalisis audiens secara lebih mendalam. Sehingga, Anda mendapatkan insights untuk mengembangkan produk/layanan ataupun cara-cara terbaik untuk memberikan kepuasan pelanggan.

Ripple10, yang merupakan digital listening tools juga merupakan platform yang tidak sekadar mendengar. Selain mampu melakukan crawling data lokal secara akurat, Ripple10 juga menghadirkan fitur-fitur yang lengkap seperti sentiment & digital health index (untuk melihat tingkat sentimen dari suatu merek di setiap saluran), audience analysis (menghadirkan insights tentang pelanggan secara lebih detail), buzzer tracking & monitoring (memonitor target atau KPI para KOL serta insights untuk ke depannya), alert system (sistem yang akan mengirimkan notifikasi secara otomatis jika sentimen negatif melampaui batas yang telah ditetapkan). 

Jadi, sebelum memilih digital listening tool yang tepat, Anda dapat mengidentifikasi kebutuhan tersebut sesuai dengan langkah di atas. Namun, yang perlu Anda ketahui, meskipun banyak pilihan layanan digital listening tools, Ripple10 adalah rekomendasi platform yang paling sesuai untuk Anda. Selamat mencoba!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami
Berita Terpopuler
Data terpopuler is empty..