Dalam dunia bisnis digital salah satu cara untuk menunjukkan kepercayaan perusahaan kepada para pelanggannya adalah dengan memanfaatkan fitur verifikasi di WhatsApp Business. Jika sebelumnya centang hijau menjadi tanda verifikasi resmi, kini ada fitur baru yang lebih eksklusif, yaitu centang biru. Apa itu WhatsApp centang biru, dan bagaimana perusahaan bisa memanfaatkannya? Yuk, simak lebih lanjut mengenai perubahan penting ini dan bagaimana dampaknya terhadap bisnis Anda!

Kenalan dengan WhatsApp Centang Biru

WhatsApp centang biru adalah simbol verifikasi yang digunakan pada akun WhatsApp Business API untuk menunjukkan bahwa sebuah bisnis atau perusahaan sudah diakui sebagai entitas resmi oleh WhatsApp. Mirip dengan bagaimana tanda centang biru digunakan pada platform lain untuk menunjukkan keaslian, centang biru di WhatsApp berfungsi sebagai penanda bahwa akun tersebut benar-benar dikelola oleh bisnis yang terverifikasi. WhatsApp centang biru menegaskan kepercayaan bahwa akun tersebut bukan palsu atau tiruan, melainkan telah melalui proses verifikasi resmi oleh WhatsApp. Namun, banyak yang masih bertanya-tanya, apa perbedaan antara WhatsApp centang biru ini dengan tanda centang hijau yang sebelumnya ada di WhatsApp Business? Untuk memahami lebih lanjut tentang perbedaannya, simak penjelasannya di bawah ini!

Cara Mendapatkan WhatsApp Centang Biru

Apakah WhatsApp Business API Anda sudah terperbarui menjadi WhatsApp centang biru? Jika belum, ada baiknya Anda untuk mengikuti cara mendapatkan WhatsApp centang biru dan rasakan manfaat baru dari WhatsApp Business API. 

WhatsApp Business adalah tipe khusus dari WhatsApp yang sengaja dirancang untuk para pebisnis atau pemilik perusahaan. WhatsApp Business ini menyediakan berbagai fitur tambahan yang dapat membantu perusahaan berinteraksi dengan pelanggan mereka dengan lebih efektif dan efisien, salah satunya WhatsApp centang biru.

Pastikan untuk mencantumkan nomor telepon bisnis Anda. Sehingga para pelanggan atau audiens menerima nomor telepon yang berasal dari sumber terpercaya. Kemudian ikuti petunjuk di bawah ini.

Setelah memasukkan nomor resmi perusahaan, saatnya Anda atau perusahaan untuk mengisi profil bisnis sebagai berikut: 

  1. Nama Perusahaan
  2. Alamat Lengkap Perusahaan
  3. Deskripsi Perusahaan
  4.  E-Mail Perusahaan
  5. Akun Media Sosial
  6. Situs Web. 

Proses ini bertujuan untuk memastikan bahwa nomor telepon yang Anda daftarkan aktif dan dapat diakses. WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS, yang kemudian harus Anda masukkan ke dalam aplikasi untuk menyelesaikan verifikasi akun bisnis Anda.

WhatsApp akan meninjau aplikasi Anda dan jika disetujui, akun Anda akan mendapatkan tanda centang biru sebagai akun resmi. Mudah sekali bukan cara mendapatkan WhatsApp centang biru ini. Ditambah lagi banyak fitur-fitur yang sediakan WhatsApp centang biru ini. Simak fitur unggul dari WhatsApp centang biru di bawah ini!

Baca Juga: Tingkatkan Kredibilitas Perusahaan dengan WhatsApp Centang Biru!

Apa Saja yang Dimiliki WhatsApp Centang Biru?

WhatsApp centang biru memiliki beragam fitur yang dirancang untuk membantu bisnis berkomunikasi dengan pelanggan secara lebih efisien. Berikut adalah beberapa fitur utama yang dimiliki WhatsApp centang biru pada akun business:

Anda dapat membuat profil bisnis lengkap dengan informasi penting seperti alamat, deskripsi bisnis, email, situs web, dan jam operasional. Ini membuat bisnis terlihat lebih profesional dan memudahkan pelanggan untuk mendapatkan informasi seputar perusahaan Anda.

Memudahkan Anda atau perusahaan dalam mengirimkan pesan otomatis saat Anda tidak tersedia, menyambut pelanggan secara otomatis saat mereka pertama kali menghubungi bisnis Anda atau setelah masa tidak aktif, hingga balasan cepat yang dapat disesuaikan untuk pertanyaan umum, menghemat waktu dalam merespons pelanggan.

Memungkinkan Anda atau perusahaan Anda untuk mengelompokkan dan mengorganisir pesan dari pelanggan menggunakan label seperti "Pesanan Baru", "Selesai", dll. Sehingga, tidak akan ada lagi penumpukan pesan dalam satu label dan menjadikan lebih terorganisir.

Anda dapat membuat katalog yang berisikan produk atau layanan yang perusahaan Anda tawarkan atau pasarkan. Katalog ini tentunya juga digunakan untuk mempromosikan produk atau layanan yang perusahaan Anda pasarkan. Dengan adanya katalog ini, pelanggan akan dengan mudah mendapatkan informasi produk atau layanan perusahaan Anda. 

Pengguna WhatsApp centang biru atau WhatsApp Business API, Anda akan mendapatkan fitur broadcast messages yang dapat digunakan untuk mengirim pesan dengan nominal yang banyak. Anda atau perusahaan Anda bisa mengirim informasi seputar info penting, produk atau layanan yang dipasarkan ke ribuan kontak tanpa perlu takut kena spam.

Untuk bisnis yang lebih besar, WhatsApp Business API memungkinkan integrasi dengan sistem CRM dan layanan lain untuk otomatisasi yang lebih canggih dan kemampuan skala besar. Layanan otomasi lainnya yang memungkinkan perusahaan Anda mendapatkan kemudahan dengan teknologi otomatisnya ialah, AI, Chatbots, dan masih banyak lagi. Fitur-fitur inilah yang menjadikan WhatsApp centang biru sebagai platform yang ideal untuk memudahkan komunikasi antara bisnis dan pelanggan secara personal, responsif, dan efisien

WhatsApp Centang Biru Tersedia di WhatsApp Business API dari Ivosights!

Jadi, pada dasarnya perubahan dari WhatsApp centang hijau menjadi WhatsApp centang biru tidak begitu memiliki perbedaan yang terlalu signifikan, hanya pembaruan dari Meta-nya saja. Karena, kedua tanda ini sama-sama sebagai kebutuhan perusahaan dalam memverifikasi keaslian bagi para pengguna WhatsApp Business API. Tertarik dengan kelebihan yang diberikan WhatsApp centang biru? Sudah saatnya upgrade akun WhatsApp Business API Anda sekarang. Di Ivosights, Anda bisa dengan mudah mendapatkan produk WhatsApp Business API yang bisa perusahaan Anda gunakan.