WhatsApp Blast: Pengertian, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya

Sociomile

,

Whatsapp Bussiness API


Penulis : Administrator - Senin, 05 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp blast. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp blast. Shutterstock.

"WhatsApp Blast adalah salah satu fitur yang memudahkan pebisnis yang menggunakan WhatsApp sebagai media komunikasinya kepada pembeli"

Pelaku bisnis online pasti sudah tidak asing lagi menggunakan fitur WhatsApp Business untuk mengembangkan bisnisnya. Selain mudah diinstalasi, WhatsApp juga sudah banyak digunakan oleh banyak orang baik itu dari kalangan pelajar hingga pebisnis. Saat ini, WhatsApp Business sudah mengembangkan fiturnya lebih banyak. Pada artikel ini, kamu akan mempelajari tentang fitur terbaru dan paling berguna untuk para pebisnis saat ini, yaitu WhatsApp Blast!

Pengertian WhatsApp Blast

WhatsApp Blast pada dasarnya adalah salah satu fitur yang memudahkan pebisnis yang menggunakan WhatsApp sebagai media komunikasinya kepada pembeli. Nah, jika biasanya kamu mengenal WA yang hanya bisa mengirim pesan kepada penggunanya secara tertentu, seperti person to person atau by group, lain halnya dengan WA Blast.

WhatsApp Blast adalah sebuah fitur WhatsApp Business API yang memungkinkan kamu untuk mengirimkan pesan massal secara bersamaan, tanpa harus menyimpan nomor pengguna di kontak. Fitur ini tentunya menjadi salah satu cara yang memudahkan pebisnis untuk efektivitas dan efisiensi waktu dan keterjangkauan yang luas.

Kelebihan Fitur WhatsApp Blast

  • Tidak Menghabiskan Memori Ponsel

Salah satu tools penting dalam berbisnis online adalah gawai yang mumpuni. Gawai yang mumpuni tentu harus didukung dengan space yang cukup. Kendala yang dialami banyak pebisnis online bisa muncul dari space yang kurang ini. Akan tetapi, WA Blast meminimalisasi kendala tersebut sebab fitur WA Blast tidak membutuhkan kontak tersimpan di dalam ponselmu. Hal ini bisa banyak menghemat memori.

  • Lebih Hemat Waktu dan Tepat Guna

Sudah bukan hal yang aneh jika WA Blast dinilai hemat waktu dan tepat guna karena selain bisa mengirimkan banyak pesan dalam waktu yang bersamaan, pesan juga langsung terorganisir ke sampai pada sasaran yang tepat sehingga memungkinkan pebisnis untuk menghemat banyak waktu secara efektif.

  • Privasi Terjamin Aman

Meski WA Blast terbilang cukup banyak menjaring kontak bahkan hingga ke kontak yang tidak disimpan, namun keuntungan dari penggunaan WA Blast ini adalah terjaminnya privasi aman sebab si pesan di WA Blast seluruhnya dapat dipersonalisasi untuk menghormati pelanggan.

  • Tidak Ada Batasan Mengirim Pesan

Mungkin hambatan yang kadang terjadi pada pebisnis online adalah keterbatasan untuk mengirim broadcast. Selain ribet menyimpan kontak bermacam-macam, sesekali kita juga dihadapkan dengan limit harian mengirim pesan per hari. Nah, pada fitur WA Blast kamu tidak akan menemukan kendala itu lagi karena fitur ini memungkinkan kamu untuk bisa mengirim ke banyak nomor sekaligus tanpa batasan jumlah kontak.

Cara Menggunakan WhatsApp Blast

Setelah mengetahui beberapa keuntungan yang ditawarkan WhatsApp Blast, pastinya kamu sudah tidak sabar untuk menggunakan fitur ini sebagai salah satu alat operasional bisnis online-mu, bukan? Nah, untuk mengetahui tata caranya, simak terus artikelnya, ya!

  1. Kamu perlu mendaftarkan nomor yang aktif di WhatsApp lalu pilih salah satu Official Business Partner WhatsApp untuk mendaftarkan WhatsApp Business API.
  2. Kamu perlu memilih satu nomor WhatsApp yang diaktifkan untuk menjadi nomor bisnis, di mana nomor ini tidak dapat diganti dan nomor inilah yang akan memperoleh verified badge atau centang hijau sebagai tanda resmi bisnis.
  3. Tahapan berikutnya, kamu harus melengkapi profil bisnis pada WhatsApp dengan data yang sesuai dan usahakan terlihat profesional.
  4. Jika akun terverifikasi menjadi WhatsApp API, berarti Anda sudah bisa mulai menggunakan WhatsApp Blast dengan cara masuk ke Official Business Partner yang sudah kamu pilih sebelumnya, lalu kamu bisa membuat daftar nomor yang akan kirimi pesan blast.

Nah, itu dia semua hal yang perlu kamu ketahui tentang WhatsApp Blast. Semoga melalui artikel ini pengetahuanmu mengenai fitur berguna yang satu ini jadi lebih bertambah, ya! Bagi kamu pebisnis online dan sejenisnya, yuk, coba WhatsApp Blast sekarang!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami