Annual report merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah perusahaan, terutama jika perusahaan tersebut sedang mencari investor untuk mengembangkan bisnisnya. Melalui annual report, seorang pebisnis dapat memberitahu masyarakat umum mengenai kinerja dan perkembangan perusahaannya satu tahun kebelakang.

Biasanya, annual report berisi tentang pencapaian yang diraih, tantangan yang dihadapi, laporan keuangan, tata kelola perusahaan, dan prospek serta target perusahaan di masa mendatang. Selain itu, jika perusahaan telah memiliki laporan annual report tahun sebelumnya, juga akan dimasukkan sebagai perbandingan.

Selain untuk menggaet investor baru, annual report juga merupakan bentuk laporan pertanggungjawaban kepada investor terhadap modal yang telah mereka gelontorkan untuk perusahaan. Hal yang perlu diingat adalah tidak semua investor paham mengenai industri atau bisnis yang sedang Anda jalankan secara menyeluruh. Oleh karena itu, annual report harus dibuat selengkap mungkin dan mudah dimengerti.

Salah satu cara untuk membuat annual report yang menarik dan mudah dimengerti adalah dengan menggunakan tampilan visual storytelling. Anda akan banyak menggunakan kekuatan visual seperti penggunaan warna, tipografi, grafik, simbol, foto dan gambar untuk menyampaikan pesan. Simak uraian berikut agar annual report perusahaan Anda tampil lebih ciamik di mata investor dan calon investor!

Tips Visual Story Telling Untuk Annual Report yang Lebih Menarik

Potret merupakan genre dalam fotografi yang sangat tidak asing bagi hampir semua orang. Selain mudah dipahami, sifatnya juga tidak lekang oleh waktu. Dalam annual report, Anda dapat menggunakan potret direksi, karyawan, komisaris, CEO dan lain sebagainya.

Tidak hanya sebagai pemanis, potret para pemimpin atau pelaku bisnis yang hadir dalam annual report merupakan bagian dari sebuah cerita yang ingin disampaikan kepada pembaca. Lebih dari sekedar fungsi sebagai pelengkap unsur estetika, foto yang ditampilkan akan menjadi bagian dari plot narasi dan menunjukan profesionalitas annual report perusahaan Anda.

Visualisasi data merupakan representasi data dalam bentuk visual. Grafik dan foto akan bersama-sama, bahu-membahu untuk menyampaikan pesan dari Anda kepada para investor dan calon investor. Pastikan visualisasi data yang Anda tampilkan dalam annual report perusahaan Anda dapat bergabung secara harmonis, baik estetika desain dan kemudahan pemahaman.

Annual report merupakan laporan mendalam dan komprehensif terkait kegiatan perusahaan selama satu tahun terakhir. Data atau informasi yang diberikan harus lengkap dan jelas karena untuk mengumpulkan data-data tersebut membutuhkan waktu, usaha, energi dan sumber daya untuk mengumpulkannya. Dengan demikian, bagaimana caranya agar dapat menyampaikan data yang banyak kepada pembaca yang awam merupakan sebuah tantangan yang harus Anda hadapi dan pecahkan.

Desain laporan tahunan yang ‘kuat’ akan dapat menceritakan kisah perjalanan perusahaan Anda setahun terakhir dengan sangat kokoh dan efektif. Dalam sektor bisnis apapun, annual report harus dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan konten apa saja yang akan ditampilkan dalam annual report Anda. Pastikan annual report Anda dapat menceritakan siapa Anda, apa yang Anda lakukan dan bagaimana Anda berhasil melakukannya.

Nah, itulah tips visual story telling yang dapat anda terapkan dalam annual report perusahaan Anda. Jika membutuhkan bantuan dalam pembuatan annual report untuk bisnis Anda, Ivosights dapat membantu Anda. Kami akan membantu dalam menyusun Annual Report yang sistematis dan menarik perhatian investor melalui solusi analisis Big Data. Dengan demikian, Anda dapat menemukan insights berharga yang dapat membantu perusahaan mendapatkan perhatian lebih dari investor.