Tips Membuat Annual Report untuk Organisasi Non-profit

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Rabu, 07 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.

"Annual report pada organisasi non-profit ditujukan untuk transparansi pengelolaan dana & bentuk ekspresi ucapan terimakasih kepada pihak yang telah membantu"

Tidak hanya perusahaan berskala besar dengan jumlah karyawan yang banyak, ternyata annual report juga dibutuhkan oleh organisasi Non-profit untuk membantu para pendonor mengetahui apa saja dampak atau pengaruh baik yang dihasilkan dengan dana yang mereka donorkan selama satu tahun kebelakang. Bagi organisasi non-profit, annual report memiliki fungsi yang sama layaknya annual report yang ada di perusahaan besar, yaitu untuk menjaga hubungan baik dengan pendonor yang sudah ada dan menarik pendonor lain melalui annual report yang menarik.

Hal yang membedakan annual report untuk perusahaan dan organisasi non profit adalah, jika annual report perusahaan ditujukan untuk khalayak umum, maka annual report organisasi non profit lebih ditujukan untuk kalangan terbatas, yang biasanya adalah anggota komunitas. Selain itu, dibanding untuk menarik pendonor baru, annual report organisasi non-profit lebih ditujukan untuk sebagai transparansi pengelolaan dana, merayakan keberhasilan dan kebahagian mereka karena telah berhasil membuat manfaat yang besar bagi sekitar, dan sebagai bentuk ekspresi ucapan terimakasih kepada para pihak yang telah mendukung mereka.

Hal-hal yang Harus Dimasukkan dalam Annual Report untuk Organisasi Non-profit

Annual report organisasi non-profit harus disajikan dengan baik dan relevan dengan informasi yang berisi tentang organisasi dan apa saja yang dicapai satu tahun ke belakang sehingga para pendonor dan anggota komunitas dapat mengetahui apa saja pencapaian dan dampak yang organisasi Anda capai selama satu tahun kebelakang. Nah, berikut adalah data-data yang dapat Anda masukkan ke dalam annual report organisasi non-profit Anda.

  1. Data finansial
  2. Prestasi
  3. Kisah Inspiratif (kebermanfaatan)
  4. Visi dan Misi Satu Tahun Kebelakang yang Tercapai
  5. Visi dan Misi Satu Tahun Kedepan
  6. dan Spotlight untuk Pendonor (Pendonor terbanyak, pendonor paling konsisten, dll)

Pastikan Anda dapat menyampaikan data-data diatas secara kreatif melalui presentasi annual report yang menarik secara visual maupun informasi di dalamnya. Tidak usah takut untuk memulai dari mana karena kami akan  memberikan tips yang dapat Anda terapkan untuk membuat annual report untuk dipresentasikan pada pendonor dan anggota komunitas Anda.

Tips Membuat Annual Report Untuk Organisasi Non-profit

  • Pilih format yang Cocok

Format yang cocok bagi annual report Organisasi Non-profit Anda tergantung dengan skala seberapa besar organisasi Anda. Apakah dalam skala antar tetangga, atau bahkan skala nasional maupun internasional.

Anda dapat memilih antara laman PDF dengan jabaran data dan narasi lengkap mengenai perjalanan organisasi Anda satu tahun kebelakang atau Anda juga bisa membuatnya lebih ‘hidup’ dengan menggunakan media website interaktif yang dapat Anda update dengan mudah jika ingin digunakan kembali tahun depan.

Kelebihan annual report dalam bentuk PDF adalah dapat dikirim melalui email atau sosial media dengan mudah dan dicetak. Sedangkan kelebihan annual report dalam bentuk website adalah lebih mudah diakses dan memberikan experience baru bagi para pendonor dan anggota komunitas serta dapat menceritakan narasi dengan lebih menarik melalui tampilan visual.

  • Memasukkan Konten yang Tepat

Mulaikan annual report organisasi Anda dengan memasukkan 10 elemen berikut untuk dipresentasikan pada pendonor dan anggota komunitas organisasi Anda.

  1. Visi, misi, tujuan dan filosofi organisasi
  2. Rangkuman prestasi tahunan
  3. Sambutan dari pemimpin organisasi
  4. Rencana organisasi kedepan
  5. Foto atau video yang menunjukan dampak organisasi Anda ke sekitar
  6. Catatan keuangan dan aktivitas
  7. Daftar pendonor yang berpengaruh, advokat, pengacara, atau sponsor
  8. Ucapan terimakasih spesial untuk para pendonor dan donatur
  9. Penghargaan, sumbangan, dan donasi yang diterima
  10. dan penjabaran tujuan kedepan, goal jangka panjang dan apa saja rencana kedepan.

Siap Untuk Mulai Membuat Annual Report Organisasi Non-profit Anda?

Mari mulai mengambil keuntungan dari kesempatan untuk membawa dampak besar yang telah Anda lakukan bersama organisasi Anda di depan pendonor potensial, calon sponsor, dan siapa saja yang yang tertarik dengan organisasi Non-profit Anda. Ingat, Anda sudah menghabiskan satu tahun penuh untuk bekerja keras agar mencapai prestasi-prestasi yang bermanfaat bagi sekitar.

Sekarang, saatnya Anda menunjukan dampak baik yang Anda dan organisasi Anda lakukan ke massa yang lebih banyak agar dapat membangun momentum baru untuk tahun-tahun lebih bermakna lainnya kedepan. Jika membutuhkan bantuan dalam pembuatan annual report untuk organisasi non-profit, Ivosights dapat membantu Anda. Dengan dukungan teknologi dan informasi yang berkembang pesat di era digital seperti saat ini, Ivosights siap menghadirkan solusi end-to-end untuk membantu Anda menyediakan laporan tahunan kepada para pendonor.

Kami akan membantu Anda dalam menyusun annual report dengan berbagai dukungan layanan kami yang berbasis Big Data, sehingga tidak diragukan lagi otentisitasnya untuk digunakan sebagai dasar bagi Anda untuk menyusun annual report yang menarik Anda dapat mengobarkan semangat positif Anda untuk bermanfaat ke sekitar ke lebih banyak orang dan menarik perhatian para calon pendonor baru.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami