Pahami Prosedur dalam Telesales yang Perlu Kamu Ketahui!

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 21 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telesales. Shutterstock.

"Perwakilan perusahaan ini akan menitikberatkan pada kebutuhan pelanggan daripada melakukan penjualan"

Telesales selalu dibutuhkan perusahaan dari berbagai macam industri, khususnya bagi perusahaan yang sedang mencari pelanggan baru. Dengan adanya agen ini diharapkan perusahaan mendapatkan keuntungan dan keberlangsungan perusahaan Para agen ini dibutuhkan agar perusahaan memiliki keuntungan. Seorang telesales biasanya memiliki kualifikasi untuk mampu membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Untuk memahami prosedur dalam telesales, mari simak terus artikel ini sampai akhir ya!

Apa Itu Telesales?

Telesales merupakan perwakilan perusahaan yang bertugas menjual produk atau layanan melalui telepon. Aktivitas yang dilakukan oleh telesales ini adalah untuk mengkonversikan berbagai peluang yang ada dari para calon konsumen. Dengan kata lain, dengan adanya perwakilan perusahaan ini diharapkan dapat menjangkau pelanggan secara langsung guna mendorongnya membeli penawaran dari perusahaan.

Untuk menjalankan tugasnya, mereka akan membuat strategi penjualan untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan. Perwakilan perusahaan ini akan menitikberatkan pada kebutuhan pelanggan daripada melakukan penjualan konvensional yang sudah dianggap kurang efektif.

Jenis-jenis Telesales

Salah satu tugas agen telesales ialah mengejar target bisnis. Untuk memenuhi target ini, biasanya perusahaan membagi telesales menjadi dua tipe, yakni:

  • Inbound telesales

Para agen akan bertanggung jawab untuk menerima panggilan dari para pelanggan baru maupun pelanggan potensial. Mereka akan menjawab semua pertanyaan dan keluhan yang diajukan pelanggan. Dengan langkah ini diharapkan dapat menciptakan rasa kepercayaan di antara pelanggan dan perusahaan.

  • Outbound Telesales

Berbeda dengan inbound telesales, outbound telesales memiliki tugas menghubungi target pelanggan yang sesuai dengan profil dan kebutuhan perusahaan. Masing-masing agen akan diberikan list atau daftar yang berisi nama dan akun yang akan dihubungi untuk ditawari produk atau layanan yang dimiliki perusahaan.

Prosedur dalam Telesales yang Perlu dipahami

Berikut adalah prosedur dasar dalam telesales:

  • Persiapan yang Matang

Sebelum melakukan telesales, Anda harus memastikan lagi bagaimana cara mempersiapkan diri dengan baik dan matang. Anda bisa melakukan Persiapan mulai dariproduk atau layanan yang akan dijual, serta informasi tentang target audiens yang akan dituju.

  • Menentukan Tujuan

Selanjutnya, Anda harus menentukan apa saja tujuan dari aktivitas telesales, setelah mengetahui tujuannya, Anda bisa meningkatkan brand awareness, meningkatkan penjualan, atau meningkatkan kepuasan pelanggan.

  • Membuat Skenario

Langkah selanjutnya, Anda bisa membuat skenario atau rencana yang akan dilakukan saat melakukan telesales. Skenario tersebut haruslah memperhatikan tujuan yang telah ditetapkan perusahaan Anda, dan harus mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan pertanyaan yang akan diajukan oleh pelanggan.

  • Melakukan panggilan

Agen telesales harus melakukan panggilan kepada target audiens sesuai dengan skenario yang telah dibuat sebelumnya. Jadi, hal pertama yang perlu dipastikan untuk mengucapkan salam dan menjelaskan tujuan dari panggilan tersebut dengan jelas, rinci, dan sopan.

  • Menjawab Pertanyaan Pelanggan

Tugas selanjutnya dari telesales adalah menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para pelanggan dengan jelas dan harus memberikan informasi yang pelanggan butuhkan. Jangan lupa untuk memperkenalkan produk atau layanan yang Anda tawarkan, serta menjelaskan keunggulannya.

  • Menutup Penjualan

Tutup penjualan dengan memberikan tawaran yang menarik kepada pelanggan. Pastikan untuk memberikan informasi tentang cara pemesanan dan pembayaran, serta memberikan nomor kontak yang dapat dihubungi jika terdapat pertanyaan lebih lanjut.

  • Mencatat Data Pelanggan

Terakhir, telesales harus mencatat data pelanggan yang telah terjual, termasuk informasi kontak, produk yang dibeli, dan sebagainya. Data tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan proses penjualan di masa yang akan datang.

Manfaat Telesales bagi Perusahaan

Telesales adalah proses menjual produk atau layanan melalui telepon. Berikut adalah beberapa manfaat telesales bagi perusahaan:

  • Efisiensi Waktu

Telesales memungkinkan perusahaan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dalam waktu yang lebih singkat. Selain itu, telesales juga mempermudah proses penawaran produk atau layanan, sehingga menghemat waktu dan tenaga.

  • Biaya Lebih Rendah

Telesales memiliki biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan proses penjualan yang dilakukan secara langsung, seperti door-to-door atau pameran.

  • Meningkatkan Brand Awareness

Telesales dapat membantu perusahaan Anda dalam meningkatkan brand awareness dengan menjangkau lebih banyak pelanggan dan memberikan informasi tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan.

  • Memudahkan Proses Penjualan

Telesales juga berguna dalam memudahkan proses penjualan dengan memperbolehkan penjual untuk menjangkau pelanggan secara langsung dan mempermudah proses pemesanan produk atau layanan.

  • Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Telesales memungkinkan perusahaan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan dengan menjawab pertanyaan pelanggan secara langsung dan membantu dalam proses pemesanan produk atau layanan.

  • Mempermudah Pengumpulan Data

Terakhir, Telesales membantu dalam mempermudah pengumpulan data tentang pelanggan, seperti informasi kontak, preferensi produk, dan sebagainya. Data tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan proses penjualan di masa yang akan datang.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa telesales selalu dibutuhkan perusahaan dari berbagai macam industri, khususnya bagi perusahaan yang sedang mencari pelanggan baru. Sociomile siap membantu Anda mencari pelanggan baru maupun pelanggan potensial.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami