Strategi Meningkatkan Kualitas Telegram Marketing

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 21 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Telegram marketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telegram marketing. Shutterstock.

"Telegram marketing adalah salah satu strategi yang dapat dikomunikasikan dengan baik untuk pelanggan"

Telegram Marketing adalah jenis pemasaran yang menyiratkan mempromosikan brand melalui Telegram. Dengan saluran ini, Anda dapat mengembangkan jangkauan, meningkatkan penjualan, dan membantu pelanggan menjelajahi layanan Anda. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait Telegram marketing dan bagaimana strategi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas Telegram marketing, Anda bisa menyimak artike ini sampai selesai.

Apa Itu Telegram Marketing?

Telegram marketing merupakan salah satu strategi pemasaran dengan media sosial yang menggunakan aplikasi pesan instan Telegram untuk menjangkau dan mengobrol dengan pelanggan potensial. Cara kerja dari Telegram marketing sendiri adalah dengan membuat channel atau grup di Telegram yang diisi dengan informasi tentang produk atau layanan yang ingin dijual. Kemudian, Anda bisa mengundang orang lain untuk bergabung dengan channel atau grup tersebut atau mengirim pesan langsung ke kontak yang Anda miliki.

Kelebihan Telegram Marketing

Menggunakan berbagai fungsi Telegram dalam strategi pemasaran online Anda dapat menghasilkan banyak manfaat. Diantara mereka:

  • Membantu dalam Menghemat Sumber Daya

Dengan menggunakan bot, Anda dapat mengotomatiskan beberapa tindakan yang akan menghemat waktu Anda dan bahkan mengurangi pengeluaran. Bot atau asisten virtual dapat memberikan informasi kepada pelanggan tentang produk, tahapan layanan pembelian, dan menjawab pertanyaan umum.

  • Meningkatkan Brand Reach

Salah satu kelebihannya adalah tidak banyak persaingan antar brand dalam melakukan tindakan pemasaran online seperti menarik audiens baru dan membangun loyalitas. Di sisi lain, aplikasi yang sama memungkinkan Anda membuat saluran publik yang dapat diakses oleh semua jenis pengguna. Ini membuat konten Anda semakin mudah di jangkau lebih banyak orang, dan mereka juga dapat membagikannya dengan mudah.

  • Komunikasi Asertif dengan Pesan Tetap dan Tagar

Di Telegram, ada fitur pesan tetap, di mana Anda dapat menyimpan pesan di bagian atas percakapan grup. Dengan cara ini semua pengguna akan dapat melihatnya dengan lebih mudah dan, dengan itu, komunikasi menjadi lebih mudah. Anda dapat menggunakan tagar di depan istilah dan, dengan demikian, dapat diklik. Ini berarti bahwa ketika mengklik, pengguna melihat semua pesan dari grup tentang topik ini.

  • Membuat Pelanggan Setia

Dengan memasukkan Telegram dalam strategi pemasaran Anda, Anda meningkatkan kemampuan Anda untuk mempertahankan pelanggan.. Ketertarikan untuk menjadi bagian dari komunitas Anda itu sudah menjadi endorsement sehingga Anda bisa menganggap mereka sebagai calon pelanggan. Mereka tidak hanya tertarik pada konten Anda; mereka juga bisa menjadi pelanggan untuk produk atau layanan Anda.

Strategi Meningkatkan Kualitas Telegram Marketing

Berikut adalah beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas Telegram marketing:

  • Buat Channel atau Grup yang Berkualitas

Strategi pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan memastikan channel atau grup yang Anda buat di Telegram memiliki informasi yang relevan dan bermanfaat bagi pelanggan. Jangan lupa untuk menambahkan visual yang menarik seperti gambar atau video agar lebih menarik perhatian pelanggan.

  • Buat Konten yang Menarik

Untuk menarik perhatian para pelanggan, ialah dengan cara memperhatikan konten yang Anda buat di Telegram menarik dan bermanfaat bagi pelanggan Anda. Anda bisa menggunakan gambar, video, infografis, atau konten teks yang menarik dan mudah dipahami.           

  • Jaga Kualitas Pesan

Strategi berikutnya ialah dengan memastikan untuk selalu menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat dan memberikan informasi yang tepat. Jangan lupa untuk selalu mengupdate informasi tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan agar pelanggan selalu terinformasi.

  • Buat Promosi yang Menarik

Untuk menarik perhatian pelanggan, Anda harus memastikan kembali untuk membuat promosi yang menarik. Anda bisa memberikan diskon, hadiah, atau bonus kepada pelanggan yang berbelanja di toko online Anda.

  • Gunakan Bot

Untuk mempermudah semua prosesnya, Anda bisa meminta bantuan bot, karena bot Telegram bisa membantu Anda mengelola pesan yang masuk dengan lebih efisien dan menghemat waktu. Anda bisa menggunakan bot untuk mengirim pesan ke pelanggan atau mengelola daftar kontak.

  • Gunakan Fitur-fitur yang Tersedia di Telegram

Strategi terakhir ialah Anda bisa meningkatkan efektivitas telegram marketing, Anda bisa menggunakan fitur-fitur yang tersedia di Telegram, seperti tagging, reply, dan forward. Fitur-fitur ini bisa membantu Anda mengelola pesan yang masuk dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat.

Kesimpulan

Telegram marketing adalah salah satu strategi yang dapat dikomunikasikan dengan baik untuk pelanggan. Hal ini membuat brand Anda akan lebih dikenal serta otomatis untuk melakukan brand awareness dan membuat community baru. Anda bisa menggunakan Sociomation dari Ivosights untuk mengintegrasikan Telegram marketing dengan sempurna.Hal ini pastinya bisa menjadi salah satu hal strategi marketing Anda untuk menciptakan customer knowledge serta referensi lainnya.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami