Mengenal SMS Blast dan Tips Memilih Jasa SMS Blast

Sociomation


Penulis : Administrator - Senin, 12 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - SMS Blast. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - SMS Blast. Shutterstock.

"SMS Blasting merupakan cara memaksimalkan CRM ataupun marketing yang ada, sehingga dapat menarik pelanggan baru menjadi pelanggan potensial"

Sebuah bisnis atau perusahaan akan merasa diuntungkan dengan adanya SMS blast ini, mengapa? SMS blast ini akan dipergunakan untuk melakukan promosi yang efektif dan efisen, serta biaya yang ditawarkan relati murah dan hanya dalam waktu yang sangat singkat. SMS blast ini sendiri juga dikenal sebagai SMS broadcast karena metode pengiriman SMS ke banyak nomor telepon dengan isi pesan yang sama dengan satu waktu.

Pengguna metode SMS ini umumnya akan digunakan oleh perusahaan atau lembaga untuk mempromosikan produk mereka, atau untuk media penyiaran informasi dari satu individu ke banyak klien. SMS blast ini akan mudah dijangkau semua operator dengan biaya standar dari perusahaan penyedia jasa layanan SMS blast ini.

Dari segi teknis, ada dua metode SMS blast yaitu melalui operator seluler dan menggunakan modem GSM dengan keunggulan masing-masing. Keuntungan mengirim SMS blast melalui operator seluler adalah pengirimnya bisa atas nama dan bisa mengirim dalam jumlah banyak dan cepat. Sedangkan keunggulan menggunakan modem GSM adalah pengirimnya berupa nomor dan mampu mengirim dalam jumlah besar melalui modem.

Berikut Manfaat SMS Blast

Manfaat SMS Blasting pastinya bisa menjadi salah satu opsi untuk kamu memulai proses pemasaran yang satu ini. Hal ini ditunjukan dikarenakan banyak sekali manfaat SMS Blasting yang bisa kamu dapatkan. Untuk itu yuk kenali lebih lanjut!

  • Cepat dan Mudah Menjangkau Semua Jenis Handphone

SMS Blasting memiliki proses yang cepat dan mudah, sehingga pesan dapat langsung diterima oleh pengguna lain dengan mudah. Selain itu, pengirim dapat menyusun kata dengan lebih mudah dan menarik di dalamnya untuk menarik minat konsumen. Baik smartphone atau bukan, pasti akan memiliki aplikasi SMS. Dalam SMS blast ini sistem akan bisa menjangkau semua jenis handphine sehingga pesan yang dikirimkan akan dapat dijangkau calon pelanggan lebih banyak lagi. SMS Blasting cocok untuk semua jenis ponsel, jadi Anda tidak perlu khawatir jika pesan yang Anda kirim tidak terbaca oleh perangkat seluler tertentu. Karena pada dasarnya SMS dapat diakses dari perangkat apapun, baik itu ponsel lama maupun smartphone.

  • Mobile Friendly

Tidak bisa dihindarkan bahwa aktivitas banyak orang saat ini berada pada handphone. Oleh karena itu, mampu menghadirkan bisnis Anda sebagai mobile friendly sangatlah penting. Semakin banyak orang menggunakan perangkat seluler maka semakin menyebar luas pula bisnis Anda.

  • Sifatnya Personal

SMS Blasting bersifat pribadi dan langsung. Sifatnya yang personal dan langsung akan membuat promosi langsung ke pelanggan dengan mudah.

  • Biaya yang Murah

Berbeda dengan media promosi offline yang membutuhkan biaya besar, dengan SMS Blasting, Anda bisa lebih menghemat biaya. Membandingkan dengan biaya pembuatan dan pemasangan iklan pada media televisi atau baliho yang harus dikeluarkan, atau pencetakan brosur yang memerlukan biaya desain dan tinta untuk mencetak isi brosur. Tentu dengan SMS blast ini perusahaan atau bisnis Anda akan lebih hemat lagi.

Tips Memilih Jasa SMS Blast yang Tepat

Setelah sebelumnnya Anda sudah mengetahui apa itu SMS blast dan manfaatnya bagi bagi bisnis Anda. Kini selanjutnya ada beberapa hal yang harus Anda simak ketika ingin menggunakan jasa layanan SMS blast, yaitu:

  • Biaya

Aspek yang satu ini sangat penting untuk Anda ketahui. SMS blast termasuk kedalam cara yang murah dan mudah dalam menjalankan sebuah promosu. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui sejak awal biaya per SMS yang nantinya akan Anda keluarkan. Pastikan penyedia jasa layanan SMS blast ini menawarkan harga yang masuk akal dengan manfaat yang nantinya akan Anda dapatkan kedepannya.

  • Pengiriman

Pengiriman yang nantinya dilakukan pastikan akan suskes dan bouce rate. Anda harus paham terlebih dahulu mengenai kecepatan dan penyampaian pesan, karena banyaknya pesan yang dikirin akan memungkinkan pengirimannya dapat berlangsung selama beberapa menit bahkan hingga berjam-jam.

Untuk menghindari ini, Anda harus meminta data statistik mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan sistem suatu layanan jasa SMS blast. Pastikan penyedia jasa layanan ini memiliki data statistik dan testimony yang baik.

  • Wilayah yang Bisa Dijangkau

Pastikan sebuah layanan jasa SMS blast bisa menjangkau semua wilayah, dan tidak boleh membatasi layanan hanya ke wilayah tertentu saja. Sebuah jasa SMS blast harus bisa menjangkau ke wilayah manapun yang Anda inginkan, bahkan ke luar negeri sekalipun.

  • Report dan Analytic

Apabila jasa layanan menyedia report dan analytic maka Anda bisa mengetahui banyak informasi, seperti kapan pesan dikirim, berapa banyak yang gagal, berapa banyak pesan yang dibuka, serta berapa banyak pelanggan yang membalas pesan. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menanyakan ketersediaan repot dan fitur analytic pada jasa SMS blast yang akan Anda gunakan.

  • Mudah dan Terintegrasi

Hal terakhir yang perlu Anda ketahui ialah pastikan layanan SMS blast di integrasikan dengan CRM yang ada, program loyalitas, serta aplikasi dan infrastruktur lainnya. Selain itu, kemudahan dalan menggunakan jasa ini harus Anda tanyakan.

SMS Blasting merupakan suatu cara untuk perusahaan Anda memaksimalkan CRM ataupun marketing yang ada. Karena dengan hal tersebut Anda maupun perusahaan bisa mendapatkan solusi serta hal menarik lainnya agar konsumen datang dan menjadi potensial. Sociomation dari Ivosights merupakan platform kirim pesan otomatis ke database pelanggan berbasis skenario pengiriman. Sociomation akan memastikan pesan terkirim ke pelanggan melalui beragam percobaan kanal pengiriman secara otomatis seperti yang telah diskenariokan sebelumnya. Tak hanya melalui SMS saja, Sociomation menyediakan beragam kanal pengiriman pesan, seperti e-mail, Twitter, Telegram, dan WhatsApp.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami