Slang Word, Percakapan Gaul Bahasa Inggris

Ripple10 | Senin, 12 September 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Slang word. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Slang word. Shutterstock.

Saat kita menonton film, serial TV atau video berbahasa Inggris, kita akan menemukan kosakata bahasa Inggris yang sebelumnya tidak kita pahami. Namun, ketika mencari kata-kata ini dalam kamus, tesaurus, atau kamus idiom bahasa Inggris, Anda tidak dapat menemukan artinya. Dengan kata lain, maknanya tampaknya tidak sesuai dengan apa yang dikatakan atau ditulis. Jangan khawatir, siapa tahu kata-kata itu adalah kata-kata gaul. Nah itulah yang dinamakan slang words.

Apa Itu Slang Words?

Slang words adalah kosa kata yang tidak baku baik dalam bentuk ucapan maupun tulisan. Umumnya, slang words diucapkan oleh sekelompok orang secara informal. Dengan tutur katanya, bahasa gaul sengaja dibedakan dari bahasa baku atau bahasa baku yang lebih formal. bertujuan untuk memudahkan percakapan, membedakan satu kelompok dengan kelompok lainnya, atau tujuan lainnya. Lalu, slang terlihat seperti slang ya? Yup, bahasa gaul memang lebih akrab kita dengan istilah “gaul”.

Seberapa Penting Mengerti Slang Words?

Ini mungkin tidak senonoh, ambigu atau multi makna, tetapi bahasa gaul adalah bagian penting dari bahasa apa pun. Pikirkan saja bagaimana penjahat mulai menggunakan bahasa gaul sehingga polisi atau orang lain yang tidak berada dalam lingkaran kejahatan mereka tidak akan mengerti apa yang mereka katakan. Bukankah itu bukti hebat tentang betapa kreatifnya orang? Terlepas dari status sosial atau niat mereka.

Namun selain dipahami hanya dalam kelompok tertentu, bahasa gaul juga bisa bersifat umum. Misalnya, hampir setiap penutur asli bahasa Inggris tahu bahwa menjadi "kaya kotor" tidak berarti menjadi kotor, tetapi memiliki banyak uang. Dalam situasi ini, slang mengubah tujuannya menjadi terbatas pada kelompok tertentu, seperti yang diamati Eric Partridge, meredakan hubungan sosial dan mengurangi kesungguhan, keangkuhan, keseriusan percakapan yang berlebihan. Jadi slang membawa kita lebih dekat dan memperkaya bahasa.

Karena itu, mari kita lanjutkan dengan beberapa kata slang yang sangat umum di beberapa bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Bahasa gaul yang mungkin akan Anda dengar dan gunakan nanti jika Anda memutuskan untuk mempelajari salah satu bahasa ini.

Contoh Slang Words dan Artinya

Apakah bahasa gaul Gen Z terkadang terlihat seperti kode rahasia yang tidak dapat dipecahkan bagi Anda? Nah, Anda tidak sendirian. Tapi TBH (Jujur), begitu Anda memahaminya dan menyadari betapa menyenangkan dan menjadi sangat adiktif untuk digunakan dalam percakapan sehari-hari Anda.

Jadi bersiaplah untuk mendengar arti baru untuk kata-kata yang Anda pikir Anda tahu dan bersiaplah untuk memutar mata setiap kali Anda akan menggunakan istilah yang baru diperoleh di sekitar remaja. Berikut adalah beberapa kata slang yang paling umum digunakan dalam bahasa Inggris saat ini:

#1 Spill The Tea

Maksud dari spill the tea adalah hal yang ingin semua orang ketahui, gossip, isu dan semacamnya. Contoh: “Kemarin artis itu jalan ya sama artis lain, spill the tea dong.”

#2 Flexing

Flexing adalah cara seseorang untuk pamer bisa kekayaan, pencapaian ataupun yang lainnya. Contoh: “Si A beli handphone baru ya, keliatannya flexing banget dari tadi.”

#3 Healing

Healing adalah sebuah slang words yang artinya mereka butuh liburan atau semacamnya. Contoh: “Yuk kita healing ke Bali minggu ini!.”

#4 Salty

Salty adalah ungkapan slang word dimana kita dicela,disindir atau dan lain hal yang tidak mengenakan di diri kita. Contoh: “Please No Salty! yah cara memperbaiki barang  tersebut gimana yah?.”

#5 Lowkey

Lowkey lebih mengarah menikmati dengan dirinya sendiri atau apa yang dia lakukan dengan dirinya sendiri. Contoh: “We all secretly hope someone is in low-key in love with us.”

#6 Ghosting

Ghosting adalah slang words yang berarti mereka ditinggalkan, ditipu atau hal-hal yang tidak diketahui oleh dirinya sendiri. Contoh: “Duh, gue di ghosting lagi nih sama client.”

#7 TBL

TBL adalah singkatan yaitu Takut Banget Lho!

#8 Insecure

Insecure adalah slang words bahasa Inggris yang dimana lebih mengarah takut melakukan sesuatu hinga tidak percaya diri ataupun malu. Contoh: “Duh insecure banget gue sama lo!.”

#9 SJW

SJW adalah kepanjangan dari Social Justice Warrior mereka ini adalah netizen yang sering mengusung pandangan progresivisme, termasuk feminisme, hak sipil, multikulturalisme, dan politik identitas.

#10 PAP

PAP adalah post a picture.

Kesimpulan

Slang words sangat berati untuk perusahaan, dengan adanya slang words para perusahaan dapat mengetahui apa yang sedang viral dan booming saat ini. Dan pastinya dengan insight tersebut dapat menjadi salah satu strategi komunikatif untuk pelanggan. Ripple10 adalah solusi untuk para perusahaan menerapkan monitoring percakapan pelanggan dengan menggunakan slang words. Hal ini pastinya mempermudah perusahaan untuk menemukan data apa saja yang mereka inginkan sehingga dapat menjadi salah satu acuan untuk menuntaskannya dan menjawab pertanyaan para pelanggan.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.