Skill yang Wajib Dimiliki Agen Desk Collection

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 03 November 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Desk collection. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Desk collection. Shutterstock.

"Agen desk collection melakukan penagihan kepada nasabah melalui suara atau telepon, sehingga tidak perlu memerlukan pertemuan atau kunjungan langsung ke nasabah"

Seperti yang kita ketahui bawah fokus utama seorang agen desk collection adalah melakukan penagihan kepada nasabah melalui suara atau telepon, sehingga tidak perlu memerlukan pertemuan atau melakukan kunjungan langsung ke nasabah terkait pembayaran. Untuk itu, berikut ini beberapa skill yang wajib dimiliki agen desk collection.

#1 Pandai Komunikasi dan Negosiasi

Sebagai garda terdepan, kemampuan komunikasi dari agen tentu akan memberikan dampak bagi nasabah terkait dengan tingkat keberhasilan dalam penagihan. Agen wajib memiliki kemampuan seperti pelafalan dan artikulasi yang baik dan jelas saat berbicara dengan nasabah di telepon. Hal ini untuk menghindari kemungkinan terjadinya salah paham atau ketidakjelasan penerimaan dari nasabah.

Tak hanya itu, komunikasi yang baik akan memudahkan agen desk collection untuk bernegosiasi. Dengan negosiasi diharapkan dapat menemukan solusi terbaik bagi dua belah pihak, sehingga nasabah mau membayar angsuran atau bahkan melunasi hutangnya.

#2 Mampu Melakukan Pekerjaan Lain

Seorang agen pada desk collection harus mampu melakukan pekerjaan lainnya dalam satu waktu atau multitasking, karena agen tidak hanya melakukan pekerjaan untuk menelepon nasabah saja namun, agen diharuskan untuk bisa melakukan pekerjaan yang lain jika dibutuhkan.

Dalam aktivitas menelepon nasabah, agen juga harus melakukan pekerjaan lain seperti menulis catatan pada pembicaraan tersebut dan hal-hal apa saja yang menurutnya penting dari perkataan nasabah. Itulah alasan mengapa seorang agen Desk Collection harus bisa bekerja secara multitasking.

#3 Orientasi dengan Target

Orientasi pada target, merupakan tantangan paling besar bagi agen desk collection. Orang yang tidak terbiasa dengan target, tentunya akan kesulitan ketika berada di posisi desk collection dan memerlukan waktu untuk beradaptasi. Berorientasi pada target biasanya akan berkaitan dengan penghasilan agen dari gaji pekerjaan tersebut. Misalnya, agen A memiliki target sebanyak 20 dan dia mendapat nasabah lebih dari 20, maka agen tersebut berhak komisi atau bonus atas pencapaian tersebut. Produktivitas dan pencapaian agen serta value perusahaan akan meningkat apabila mendapatkan dukungan teknologi informasi yang baik.

#4 Tegas, Namun Tetap Sabar dan Sopan

Seorang agen harus bersikap tegas tetapi sabar dan sopan. Sikap sabar dan sopan harus dimiliki oleh agen ketika menghadapi nasabah yang bermacam-macam sifat dan kepribadiannya yang harus selalu dijunjung tinggi. Namun, seorang agen juga harus bersikap tegas jika diperlukan. Mengapa kemampuan tersebut diperlukan? Karena nasabah yang telat melakukan pembayaran biasanya akan temperamental ketika ditelpon oleh agen desk collection. Maka dari itu, agen yang baik adalah yang bersikap sabar dan sopan namun tegas.

Itu dia kemampuan atau skill yang dimiliki oleh seorang agen desk collection untuk menagih tagihan nasabah melalui telepon. Komunikasi yang baik merupakan kunci untuk tingkat keberhasilan ditambah dengan sikap sabar dan sopan namun tetap tegas adalah hal yang penting bagi desk collection. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda ya.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami