Remarketing, Strategi Ampuh untuk Menggaet Konsumen

Ripple10 | Selasa, 02 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Remarketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Remarketing. Shutterstock.

Remarketing menjadi strategi periklanan yang semakin populer. Remarketing adalah proses penargetan individu yang telah terlibat dengan merek Anda, dengan tujuan meningkatkan tingkat konversi dan meningkatkan perolehan prospek. Hal tersebut menjadikannya alat yang sangat berharga untuk kesuksesan pemasaran secara keseluruhan.

Tapi apa sebenarnya remarketing itu? Bagaimana hal tersebut dapat menguntungkan bisnis Anda? Berikut ini kita akan menjelaskannya pengertian, jenis dan manfaat dari remarketing.

Apa Itu Remarketing?

Remarketing adalah strategi Digital Marketing yang berfokus pada pengguna yang telah menunjukkan minat pada brand. Hal tersebut mungkin dalam bentuk traffic pada website, klik pada salah satu iklan Anda, pencarian Google, pesanan yang belum diproses, atau followers Anda di media sosial.

Tujuannya adalah untuk mengingatkan orang tentang brand atau perusahaan, menindak lanjuti kembali minat mereka dengan insentif, melibatkan mereka, dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian. Anda dapat melakukan remarketing melalui berbagai saluran, termasuk Google, Microsoft, Facebook, Instagram, Email, Whatsapp, dan SMS.

Perbedaan Remarketing dengan Retargeting

Sebelum kita melihat berbagai jenis strategi remarketing yang dapat Anda terapkan dalam campaign, penting untuk membedakan antara dua istilah yang sering membingungkan: remarketing dan retargeting.

Perbedaannya lebih jelas, remarketing terbatas pada email, dan lebih berkaitan dengan iklan berbayar. Namun, kedua tools telah berevolusi ke titik di mana mereka digunakan secara bergantian. Ini terutama karena email tidak lagi ada sebagai informasi yang terpisah dari bagian media berbayar.

Sederhananya, perbedaan utama sekarang bermuara pada strategi dan fokus. retargeting terutama berkaitan dengan iklan berbayar. Ini tentang menggunakan informasi untuk meningkatkan strategi iklan berbayar Anda sehingga Anda menargetkan orang yang tepat. Tujuan akhir dari remarketing adalah untuk menarik pelanggan baru.

Remarketing sebaliknya. Lebih fokus pada informasi pengunjung sebelumnya yang Anda kumpulkan. Ini tentang menjangkau mereka yang telah berinteraksi dengan Anda, tetapi dengan cara yang lebih personal. Tujuan akhir dari penargetan ulang adalah melibatkan kembali pelanggan saat ini atau sebelumnya.

Jenis Remarketing

Ada sejumlah taktik yang dapat Anda gunakan sebagai bagian dari strategi remarketing Anda. Berikut adalah beberapa jenis yang paling umum. Anda harus menguji beberapa alat untuk melihat strategi mana yang paling cocok dengan audiens Anda.

#1 Display

Ini mungkin jenis remarketing yang paling umum. Remarketing bergambar adalah tempat Anda menggunakan iklan bergambar untuk menjangkau pengguna yang sebelumnya telah mengunjungi situs Anda. Tujuannya adalah untuk menggunakan informasi yang dikumpulkan melalui cookie untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda, kemudian menargetkannya dengan iklan.

#2 Search Engine

Di sinilah Anda menggunakan informasi pelacakan yang dikumpulkan dari pencarian Google untuk menargetkan traffic yang telah menunjukkan minat pada brand Anda. Tetapi alih-alih menargetkan mereka dengan iklan bergambar, Anda menggunakan iklan berbayar di Search Engine Rangking Page (SERP).

#3 Email

Remarketing email adalah bentuk remarketing yang paling tradisional. Ini melibatkan pengiriman email promosi kepada pengguna yang telah berlangganan situs atau buletin Anda. Anda dapat menggunakan strategi ini untuk menghubungi pengguna yang telah meninggalkan keranjang belanja di situs Anda atau menyarankan produk tambahan kepada pelanggan yang sudah ada.

Manfaat Remarketing

Remarketing adalah cara yang fantastis untuk menjangkau audiens target Anda dan meningkatkan pendapatan perusahaan Anda. Salah satu tantangan marketing online adalah sering kali orang mudah teralihkan perhatiannya. Suatu saat mereka mungkin scroll halaman di situs Anda, tetapi kemudian mereka mungkin pergi ke situs yang berbeda atau ditarik oleh pemberitahuan pop-up. Untungnya, remarketing dapat membantu mengatasi tantangan tersebut. Dengan remarketing, Anda dapat mengingatkan orang tentang bisnis Anda.

Mungkin seseorang mengembangkan minat pada produk atau layanan Anda suatu hari, tetapi kemudian melupakan Anda. Saat mereka melihat iklan Anda, orang itu diingatkan tentang Anda dan kembali ke situs Anda untuk melanjutkan penjelajahan. Paparan brand berulang ini adalah salah satu manfaat utama dari penargetan ulang, dan Anda pasti ingin memanfaatkannya.

Kesimpulan

Remarketing adalah salah satu konsep marketing yang harus Anda ketahui lebih lanjut. Dengan adanya Remarketing pastinya perusahaan Anda lebih terampil dan memaksimalkan bisns Anda. Sociomile dari Ivosights adalah solusi untuk Anda yang ingin melakukan remarketing yang lebih dinamis dan terintegrasi agar Anda bisa melakukan monitring sekaligus mengkalkulasikan hasil yang ada. Yuk klik link disini!

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.