Pentingnya Social Media Monitoring Sebelum Membuat Annual Report

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 15 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Social media monitoring. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Social media monitoring. Shutterstock.

"Social media monitoring membantu perusahaan menjaga & meningkatkan citra mereka di mata publik, serta mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan kinerja bisnis"

Meskipun menawarkan kemudahan. Namun, social media pun menghadirkan mimpi buruk bagi setiap merek, terutama yang belum menjajaki dunia digital. Setiap detik, pelanggan dapat memberikan feedback suatu produk di saluran social media mana pun, tanpa batasan apa pun. Akan beruntung jika feedback tersebut bersifat positif atau membangun, tapi akan celaka jika feedback yang diunggah tersebut bersifat negatif dan penuh keluhan.

Untuk mengetahui feedback tersebut, Anda bisa menggunakan social media monitoring, dimana social media monitoring merupakan proses mengawasi dan menganalisis percakapan online yang terkait dengan perusahaan atau industri tertentu. Ini dapat meliputi aktivitas di platform media sosial, forum online, dan blog.

Melakukan monitoring media sosial juga dapat membantu perusahaan mengidentifikasi dan menanggapi isu-isu yang mungkin mempengaruhi citra suatu merek. Untuk membahas lebih lanjut mengenai social media monitoring, simak artikel ini sampai akhir.

Apa Itu Social Media Monitoring?

Social media monitoring merupakan proses mengawasi dan menganalisis percakapan online yang terkait dengan perusahaan atau industri tertentu. Ini akan meliputi semua aktivitas di platform media sosial, forum online, dan blog. Tujuan dari social media monitoring adalah untuk memahami bagaimana orang mempercayai merek perusahaan dan mengevaluasi bagaimana kinerja bisnis perusahaan dibandingkan dengan pesaingnya.

Dengan melakukan social media monitoring, perusahaan dapat mengidentifikasi isu-isu yang mungkin mempengaruhi citra mereka dan menanggapi isu-isu tersebut dengan cepat dan tepat. Ini juga dapat membantu perusahaan mengetahui apa yang menarik perhatian publik dan menyesuaikan strategi bisnisnya sesuai dengan keinginan publik.

Social media monitoring adalah cara yang efektif untuk memahami bagaimana orang mempercayai merek perusahaan dan mengevaluasi kinerja bisnis perusahaan. Dengan melakukan monitoring media sosial secara teratur, perusahaan dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk menjaga dan meningkatkan citra mereka di mata publik.

Manfaat Social Media Monitoring

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari melakukan social media monitoring, diantaranya:

  • Mengidentifikasi Isu-isu

Dimana social media monitoring akan mengidentifikasi apa saja isu-isu yang mungkin mempengaruhi citra perusahaan, serta mengawasi percakapan online yang terkait dengan perusahaan, perusahaan dapat mengidentifikasi isu-isu yang mungkin mempengaruhi citra mereka dan menanggapi isu-isu tersebut dengan cepat dan tepat.

  • Memahami Pandangan Orang Terkait Merek Perusahaan

Social media monitoring akan mengetahui pandangan orang-orang terkiat merek mereka, dengan menganalisis percakapan online tentang perusahaan sehingga perusahaan dapat memahami bagaimana orang mempercayai merek mereka dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaiki citra mereka jika diperlukan.

  • Mengevaluasi Kinerja Bisnis Perusahaan

Nantinya social media monitoring akan mengawasi percakapan online tentang industri perusahaan, perusahaan dapat membandingkan kinerja bisnis mereka dengan pesaingnya dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja bisnis mereka.

  • Mengetahui Apa yang Menarik Perhatian Publik

Dengan social media monitoring ini perusahaan akan mengawasi percakapan online terkiat perusahaan dan industri terkait, perusahaan dapat mengetahui apa yang menarik perhatian publik dan menyesuaikan strategi bisnisnya sesuai dengan keinginan publik.

  • Mengidentifikasi Peluang

Terakhir, dengan social media monitoring, perusahaan akan menganalisis percakapan online tentang perusahaan dan industri terkait, perusahaan dapat menemukan peluang untuk meningkatkan kinerja bisnis mereka dan meningkatkan citra merek di mata publik.

Secara keseluruhan, social media monitoring dapat membantu perusahaan menjaga dan meningkatkan citra mereka di mata publik, serta mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan kinerja bisnis mereka.

Fungsi Social Media Monitoring sebelum Membuat Annual Report

Ada beberapa fungsi yang dapat diperoleh dari melakukan social media monitoring sebelum membuat annual report, diantaranya:

  1. Memastikan bahwa laporan keuangan tahunan mencerminkan citra perusahaan secara akurat, dengan mengawasi percakapan online tentang perusahaan sebelum membuat annual report, perusahaan dapat memastikan bahwa annual report mencerminkan secara akurat citra perusahaan di mata publik.
  2. Mengidentifikasi isu-isu yang mungkin mempengaruhi citra perusahaan, dengan mengawasi percakapan online tentang perusahaan sebelum membuat annual report, perusahaan dapat mengidentifikasi isu-isu yang mungkin mempengaruhi citra mereka dan menanggapi isu-isu tersebut sebelum annual report dibuat.
  3. Menyesuaikan strategi bisnis sesuai dengan keinginan publik, dengan mengetahui apa yang menarik perhatian publik sebelum membuat annual report, perusahaan dapat menyesuaikan strategi bisnisnya sesuai dengan keinginan publik dan memastikan bahwa annual report tersebut refleksi dari strategi yang dipilih.
  4. Membuat laporan keuangan tahunan yang konsisten, dengan mengawasi percakapan online tentang perusahaan sebelum membuat annual report, perusahaan dapat memastikan bahwa annual report tersebut konsisten dengan apa yang dikatakan publik tentang perusahaan. Ini akan membantu meningkatkan kepercayaan pemegang saham dan publik terhadap annual report tersebut.

Secara keseluruhan, social media monitoring sebelum membuat laporan keuangan tahunan dapat membantu perusahaan menyusun laporan keuangan tahunan yang akurat dan konsisten dengan citra perusahaan di mata publik. Ini akan membantu meningkatkan kepercayaan pemegang saham dan publik terhadap laporan keuangan tahunan tersebut.

Butuh Bantuan dalam Social Media Monitoring Perusahaan Anda?

Social media monitoring dapat dilakukan secara manual atau dengan menggunakan alat bantu yang disebut software monitoring media sosial. Software ini dapat membantu perusahaan mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber online untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang apa yang sedang terjadi di dunia maya.

Jika Anda membutuhkan bantuan dalam Social Media Monitoring untuk bisnis atau perusahaan Anda, Ivosights dapat membantu Anda untuk melakukan social media monitoring. Dengan dukungan teknologi dan informasi yang berkembang pesat di era digital seperti saat ini, Ivosights siap menghadirkan solusi end-to-end.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami