Pentingnya Mengetahui Cara Kerja Omni-channel Bagi Bisnis Anda

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 08 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Omni-channel. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Omni-channel. Shutterstock.

"Omni-channel, integrasi berbagai saluran komunikasi ke dalam satu platform sehingga agen dapat menjawab pertanyaan & keluhan pelanggan dengan cepat & tepat"

Omni-channel adalah sebuah istilah yang menggambarkan semua gabunggan semua saluran atau media, dimana pelanggan dapat menemukan dan terhubung dengan bisnis diberbagai channel. Omni-channel kerap kali ditemukan pada industri e-commerce dan ritel, yang bertujuan untuk menggambarkan strategi bisnis yang berguna untuk memberikan pengalaman berbelanja di semua saluran, baik melalui Instragram, Facebook, maupun media lainnya. Dengan menggunakan omni-channel ini, pelanggan dapat memilih melalui mana mereka berinteraksi dengan perusahaan Anda.

Omni-channel ini merupakan sebuah inovasi di dalam dunia teknologi informasi yang kegunaannya memudahkan perusahaan atau bisnis dengan pelanggannya. Omni-channel merupakan sebuah solusi karena dalam satu saluran tersebut akan memberikan kemudahan bagi perusahaan dan pelanggannya untuk melakukan pencarian tentang produk, membeli produk, serta ingin menukar atau mengembalikan produk yang dibelinya

Lalu, Bagaimana Cara Kerja Omni-channel Ini?

Dengan perkembangan dunia digital yang semakin pesat tentunya membuat perusahaan atau bisnis mempromosikan produknya dengan menggunakan platform digital. Karena apabila perusahaan ingin menjual dan memasarkan produknya kepada target pelanggan, pastinya tidak lepas dari melakukan promosi di dunia digital.

Cara kerja yang dimiliki omni-channel, yaitu mengintegrasikan berbagai saluran komunikasi ke dalam satu platform sehingga agen dapat menjawab semua pertanyaan dan keluhan pelanggan dengan cepat, tepat dan efektif. Dengan mengidentifikasi berbagai platform tersebu ke dalam satu saluran sehingga agen yang bertanggung jawab pada media sosial tidak perlu lagi membuka platform tersebut satu persatu yang tentunya sangat kurang efiesien dari segi waktu.

Inilah alasan penting mengapa omni-channel merupakan hal yang sangat penting bagi bisnis anda.

  • Menggabungkan berbagai Platform

Dari keterangan di atas sudah diketahui bukan, bahwa omni-channel ini merupakan istilah dari menggabungan semua bentuk platform. Dengan omni-channel ini, perusahaan dapat mengelola berbagai macam platform yang digunakan dalam satu channel saja.

Kemudahan yang diberikan satu ini menjadi alasan pentingnya menerapkan omni-channel dalam perusahaan atau bisnis Anda. Serta, dengan menggunakan omni-channel Anda dapat menghemat anggaran yang dikeluarkan. Bayangkan Anda tidak menggunakan omni-channel, yang membuat Anda akan mengeluarkan anggaran yang besar yang digunakan untuk satu-satu media yang digunakan, dan tidak hanya anggaran. Dengan omni-channel ini Anda juga akan menghemat waktu sehingga cara kerja yang dilakukan semakin efisien.

  • Mengetahui Data Kepuasaan Pelanggan

Banyakan platform yang digunakan pelanggan tentu beragam, begitupun perilaku yang mereka berikan. Omni-channel memudahkan bisnis atau perusahaan Anda untuk menganalisis perilaku customer-nya agar perusahaan atau bisnis Anda semakin memahami berbagai macam kebutuhan pelanggannya.

Pentingnya omni-channel ini Anda dapat menghubungi satu persatu target pelanggan dari segi demografis, perilaku, serta psikologisnya. Wah, sangat menarik bukan? Karena hanya dengan omni-channel Anda akan mendapatkan banyak data terkait kepuasaan pelanggan, dan data ini akan Anda dapatkan secepat mungkin tanpa membuang-buang waktu lagi, lho.

  • Menentukan Strategi Pemasaran

Dari data-data yang sudah Anda dapatkan dalam kegiatan omni-channel ini selanjutnya akan diolah untuk mengetahui bagaimana sih karakteristik seorang pelanggan. Sangat efektif bukan?

Tentu saja, dengan omni-channel perusahaan atau bisnia Anda akan dengan mudahnya menyusun dan menentukan apa saja sih strategi yang tepat diterapkan untuk melakukan pemasaran pada produknya.

  • Meningkatkan Penjualan

Berikut ini merupakan hal yang sangat disukai para perusahaan atau bisnis ketika melakukan pemsaraan. Apalagi jika bukan meningkatkan penjualan. Dengan omni-channel ini sebuah proses promosi sampai dengan penjualan produk tidaklah sulit dilakukan. Dengan memaksimalkan pemggunaannya, urusan bisnis Anda akan menjadi semakin efektif dan efisien dari segi waktu, tenaga dan biaya tentu saja.

  • Pengalaman yang Berkesan

Omni-channel nyatanya memberikan dampak yang positif bagi para pelanggan. Omni-channel ini memberikan kesan pengalaman yang sangat mengesankan bagi para pelanggannya, karena dengan memberikan banyak sekali keuntungan bagi para pelanggan dari segi pencarian produk, pemilihan produk, pembelian produk serta pengembalian atau penukaran produk jika pelanggan perlukan. Dengan banyaknya opsi ini membuat pelanggan meras nyaman dan senang dalam berbelanja produk yang dihasilkan perusahaan dan bisnis.

  • Meningkatkan Produktivitas

Awalnya mungkin perusahaan arau bisnia Anda masih secara manual menyatukan berbagai platform secara kesatuan sehingga produktifitas yang dilaksanakan sangat lambat bukan?.

Jika menggunakan omni-channel Anda tidak perlu lagi melakukan semua itu lagi. Penggunaan omni-channel ini membuat perusahaan dapat memanfaatkan waktu lainnya untuk lebih fokus kepada perkembangan bisnisnya.

  • Meningkatkan Penjualan

Pelanggan puas, maka Anda akan ikut merasakan puas bukan? Maka dari itu, apabila Anda menggunakan omni-channel maka pelanggan akan merasakan kenyamanan yang diberikan sehingga membuat pelanggan merasakan kepuasaan terhadap perusahaan atau bisnis yang Anda miliki.

Kepuasan ini sangat berpengaruh kepada kesetiaan pelanggan kepada Anda. Karena pelanggan akan selalu menggunakan dan membeli produk dari perusahaan atau bisnis Anda serta bisa mempromosikan penjualan Anda dengan metode Word of Mouth.

Itulah alasan-alasan pentingnya menggunakan omni-channel bagi bisnis Anda. Anda tertarik mencobanya? Silahkan kunjungi halaman resmi Ivosights, karena dengan Ivosights Anda akan mendapatkan pelayanaan yang baik dengan teknologi yang digunakannya pun sangat beragam dan terbaru sehingga dapat memaksimalkan bisnis Anda. Semoga Anda dapat terbantu dengan artikel ini ya.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami