Mengupas 4 Kecanggihan Teknologi 5G

Ripple10 | Senin, 29 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Internet of Things. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Internet of Things. Shutterstock.

Setiap waktu, teknologi terus berkembang. Inovasi yang diciptakan oleh kemajuan teknologi pun beragam―termasuk kualitas jaringan internet. Ada sejumlah kecanggihan yang ditawarkan oleh teknologi internet dari jaringan nirkabel ini. Beberapa diantaranya seperti lebih cepat dari generasi sebelumnya, hingga mendukung kemajuan teknologi seperti Artificial Intelligence. Lebih lanjut, yuk simak daftar kecanggihan teknologi 5G beserta penjelasan yang telah Ivosights himpun dari berbagai sumber, seperti di bawah ini.

#1 Akses Menggunakan 5G Lebih Cepat dari Generasi Sebelumnya

Seperti dilansir dari sejumlah media, diperkirakan bahwa akses penggunaan 5G ke depannya akan lebih cepat dari generasi sebelumnya, termasuk 4G. Kecepatan 5G akan mecapai 20 kali lipat dari teknologi 4G. Bahkan, salah satu operator selular asal China (China Mobile) yang telah melakukan uji coba terhadap teknologi 5G menyebut bahwa pemancar dari teknologi internet generasi ini akan menjangkau lebih banyak pengguna dan dapat meladeni permintaan data yang lebih besar.

Selain itu, kecepatan jaringan 5G ini diklaim dapat mencapai 20Gbps―itu artinya kita dapat mengunduh video ultra HD hanya dalam hitungan detik. Berbeda dari generasi sebelumnya yakni 4G, yang hanya dapat menyediakan kecepatan hingga 1Gbps.

#2 Teknologi 5G Mendukung Implementasi Internet of Things (IoT)

Dengan teknologi yang semakin baik, memungkinkan 5G mendukung implementasi Internet of Things (IoT) dalam kehidupan sehari-hari sepertihalnya smart city, smart home, drone, dan lainnya.

#3 Memisahkan Manusia dari Ketergantungan Wi-Fi

5G memiliki kecepatan akses yang tinggi. Itu sebabnya, pengguna akan lebih banyak memanfaatkan teknologi ini untuk mengakses data mobile ataupun menyambungkannya ke PC. Dengan begitu, manusia akan lebih banyak mengginakan 5G yang lebih praktis dan memiliki kemampuan baik ketimbang wi-fi. Bahkan, ke depannya, tidak seperti generasi 3G ataupun 4G, teknologi 5G akan bebas dari gangguan jaringan alias lemot.

#4 Berkurangnya Tingkat Latensi

Jika kita hanya berpikir bahwa kekuatan 5G hanya sebatas kecepatannya dalam mengunduh video dengan kualitas ultra HD saja, berarti salah. Nantinya, 5G akan menampilkan fitur yang membuat tingkat latensi rendah. Dengan fitur ini, tingkat jeda dalam mengirim dan menerima pesan antara perangkat dan jaringan menjadi semakin singkat. Pada dasarnya, meski teknologi 4G telah memiliki fitur tingkat latensi yang rendah, tidak sebanding dengan yang ditawarkan 5G ke depannya.

Dari beberapa kelebihan di atas, setidaknya 5G sangat menjawab kebutuhan masyarakat dunia saat ini (terutama Indonesia): jaringan internet yang supercepat. Dengan begitu, kita pun dapat mengakses digital listening tool seperti Ripple10 ataupun customer care platform seperti Sociomile secara lebih mudah. Kecepatan akses terhadap digital listening tool seperti Ripple10 ataupun customer care platform seperti Sociomile ini, akan memudahkan kita dalam memberikan layanan terbaik untuk pelanggan. So, semoga 5G membawa banyak kebaikan untuk umat manusia!

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.