Mengenal Pengertian BPO Contact Center dan Keunggulannya

Sociomile

,

BPO Contact Center


Penulis : Administrator - Rabu, 07 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - BPO Contact Center. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - BPO Contact Center. Shutterstock.

"BPO merupakan pengalihan daya kerja pada perusahaan lain untuk mengerjakan sebagian tugas perusahaan atau bisnis yang dijalani guna meningkatkan produktivitas."

​​​​​​​Business Process Outsourcing (BPO) merupakan kemampuan outsourcing untuk membebaskan eksekutif perusahaan dari tanggung jawab manajemen proses sehari-hari yang mereka lakukan sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan dapat fokus dengan core business mereka. BPO ini ternyata cukup banyak dimanfaatkan banyak industri, mulai dari startup hingga perusahaan-perusahaan besar. Proses pengalihdayaan ini memberikan fleksibilitas operasional yang relatif besar yang dapat memungkinankan perusahaan mengalokasikan waktu dan sumber daya lainnya ke hal-hal yang lebih inti lagi. Dalam Artikel ini, Anda akan mengetahui pengertian BPO contact center dan juga keunggulannya untuk bisnis. 

Apa Saja Itu BPO dalam Contact Center?

BPO itu sendiri adalah pengalihan daya pekerja pada perusahaan lain atau pihak ketiga untuk mengerjakan sebagian tugas perusahaan atau bisnis yang Anda jalani, seperti pekerjaan accounting, administrasi, rekrutmen, pemeliharan infrastruktur IT. BPO contact center pada layanan pelanggan dan masih banyak lagi pekerjaan yang dapat dialihdayakan untuk percepatan suatu bisnis. Layanan yang dikerjakan pihak ketiga ini bertanggung jawab untuk menjalankan semua operasi yang terkait dengan fungsi bisnis.

Dengan menggunakan BPO contact center akan membuat sebuah kegiatan layanan pelanggan akan ditangani oleh penyedia jasa BPO. Mulai dari penanganan gangguan dan keluhan, serta penggunaan SOP yang sudah ada sesuai dengan peraturan yang digunakan perusahaan dan target sudah ditetapkan. Dalam hal ini, BPO bertindak sebagai vendor pihak ketiga. Layanan yang diberikan perusahaan BPO mampu mengelola area tertentu dalam fungsional bisnis, sehingga memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi perusahaan yang menggunakannya.

Layanan ini mencakup dua bidang utama, yakni:

  • Operasi back office: mencakup pemrosesan pembayaran, layanan teknologi informasi, jaminan kualitas, dan sebagainya.
  • Operasi front office: mencakup pemasaran, penjualan, hubungan pelanggan, dan penanganan keluhan

Baca juga: 7 Technology for Contact Center Terbaru untuk Kesuksesan Bisnis

Apa Saja Keunggulan Memiliki BPO Contact Center?

  • Efisiensi waktu dan biaya

Salah satu dari banyak alasan mengapa sebuah perusahaan menggunakan jasa BPO contact center adalah terkait pengurangan dan penghematan anggaran biaya yang dikeluarkan nantinya. Dengan menggunakan jasa BPO contact center perusahaan tidak perlu lagi membeli peralatan IT dan memperkerjakan lebih banyak karyawan untuk melakukan tugas mereka, karena mereka tidak perlu lagi mengelurarkan biaya investasi infrastruktur dan sistem pendukung dari contact center beserta biaya pemeliharaannya. Karyawan hanya perlu melakukan outsourcing tugas ke penyediaan layanan, mengurangi ataupun menambahkan biaya yang overhead.

  • Tingkatkan kualitas layanan

Banyak perusahaan yang mengalami kesulitan ketika melakukan berbagai kegiatan bisnis tambahan. Mengalihkan pekerjaan non-inti ke perushaan BPO contact center dapat membantu dan meningkatkan kualitas layanan bisnis yang lebih baik lagi, karena dengan menggunakan jasa BPO contact center membantu bisnis berfokus pada kegitan bisnis utamanya, sekaligus meningkatkan kualitas layanan.

  • Tingkatkan produktivitas kerja

Dengan Anda menggunakan jasa BPO contact center Anda dapat meningkatkan produktivitas kerja. Karena BPO contact center menggunakan teknologi terbaru, sumber daya berpengalaman, perusahaan BPO juga memiliki kinerja di level tinggi sehingga mampu menghasilkan efiesiensi yang lebih tinggi dan produktivitas kerja yang lebih besar lagi. Perusahaan Anda membutuhkan penyedia jasa contact center, Ivosights siap membantu Anda menyediakan layanan contact center untuk memberikan pelayanan makasimal kepada pelanggan Anda.

Baca juga: Contact Center: Definisi, Fitur, dan Cara Mengoptimalkan

Mari Miliki BPO Contact Center Dengan Ivosights Sekarang!

Dengan menerapkan praktik terbaik dalam mengelola Contact Center, perusahaan dapat memastikan bahwa mereka memberikan layanan pelanggan yang responsif, efisien, dan berkualitas tinggi. Hal ini tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga memperkuat hubungan antara perusahaan dan pelanggan serta meningkatkan daya saing perusahaan di pasar yang kompetitif.

Dengan demikian, Contact Center adalah komponen penting dalam strategi layanan pelanggan Setelah membaca artikel ini hingga akhir, Anda ingin menggunakan BPO Contact Center untuk bisnis Anda sekarang? Serahkan pada kami. Ivosights merupakan perusahaan penyedia berbagai produk untuk meningkatkan Contact Center Anda. Dengan komitmen yang kuat dalam memberikan solusi untuk pelanggan kami dalam bidang Customer Engagement, kami telah dipercaya berbagai bisnis untuk meningkatkan kualitas Contact Center mereka dan sekarang giliran Anda. Temukan lebih banyak informasi tentang BPO Contact Center dan raih kesuksesan bisnis Anda dengan Ivosights sekarang!

 

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami