Mengenal Lebih Dekat Virtual Assistant

Sociomile | Jumat, 12 Agustus 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Virtual Assistant. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Virtual Assistant. Shutterstock.

Virtual Assistant (VA) membantu pengguna atau perusahaan dengan serangkaian tugas yang sebelumnya hanya dimungkinkan oleh manusia. Virtual Assistant menggunakan pembelajaran semantik dan mendalam (seperti jaringan saraf dalam [DNN], pemrosesan bahasa, model prediksi, rekomendasi, dan personalisasi) untuk membantu orang atau mengotomatisasi tugas.

Dengan Virtual Assistant, Anda dapat mendengarkan dan mengamati perilaku, membangun dan memelihara model data, serta memprediksi dan merekomendasikan tindakan. Dapat digunakan dalam beberapa kasus penggunaan, termasuk asisten pribadi virtual, asisten pelanggan virtual, dan asisten karyawan virtual.

Apa Itu Virtual Assistant?

Virtual Assistant adalah karyawan jarak jauh yang menawarkan dukungan administratif untuk Anda dan bisnis Anda, biasanya paruh waktu. Mereka dapat melakukan tugas yang biasanya ditangani oleh asisten eksekutif, seperti menjadwalkan janji temu, melakukan panggilan telepon, mengatur perjalanan, atau mengatur email.

Mereka biasanya bekerja sebagai kontraktor independen, meskipun beberapa dipekerjakan sebagai pekerja jarak jauh penuh waktu. Virtual Assistant dipekerjakan oleh perusahaan dari semua ukuran dan di banyak industri.

Tugas dari Virtual Assistant?

Tidak ada tugas yang ditetapkan yang dilakukan virtual assistant, dan tugas bervariasi tergantung pada pemberi kerja. Berikut adalah beberapa pekerjaan paling umum yang diberikan kepada virtual assistant:

#1 Administratif

Virtual Assistant paling sering dipekerjakan untuk pekerjaan admin. Ini termasuk menjadwalkan rapat, memesan perjalanan, mengatur kalender, dan bahkan menjawab telepon melalui saluran penghubung.

#2 Bookkeeping

Melacak keuangan adalah bagian penting dari menjalankan bisnis yang menguntungkan, dan virtual assistant dapat membantu mengelola anggaran, melakukan pembelian, dan melacak pengeluaran.

#3 Asisten pribadi

Virtual Assistantl dapat membantu mengatur tugas di luar pekerjaan, selain tugas standar mereka. Memesan liburan, mengatur kalender, dan membeli hadiah untuk teman dan keluarga adalah beberapa tugas pribadi yang lebih umum.

#4 Customer Services

Untuk perusahaan yang menawarkan produk atau layanan, virtual assistant dapat menjadi titik kontak pertama bagi pelanggan yang mencari bantuan untuk pemecahan masalah atau saluran untuk umpan balik. Virtual assistant dapat mengatasi masalah dasar dan kebiasaan atau memberikan tutorial. Jika mereka tidak dapat membantu pelanggan, mereka dapat meneruskannya ke orang yang tepat di dalam perusahaan.

#5 Data Entry

Tidak semua tugas berada di bawah payung pekerjaan admin; ada berbagai macam tanggung jawab yang dapat dilakukan oleh virtual assistant, termasuk entri data. Dalam peran ini, virtual assistant dapat dengan mudah mengumpulkan data, memeriksa keakuratan, dan menghapus catatan yang tidak perlu. Ini sangat bermanfaat untuk pencatatan, penagihan, pekerjaan pos, dan administrasi sekolah.

#6 Social Media Production

Sementara banyak perusahaan memahami pentingnya keterlibatan online dengan calon pelanggan atau klien, tuntutan manajemen media sosial terkadang tampak tidak ada habisnya. Virtual assistant sangat membantu untuk menanggapi komentar dan berkomunikasi dengan pengikut, tetapi mereka juga dapat mempertahankan jadwal posting dan bahkan menganalisis data.

#7 Content Management

Jika Anda menggunakan konten editorial untuk mengarahkan trafic ke website Anda, meningkatkan brand awareness, dan melibatkan calon pelanggan, maka Anda mungkin tahu banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan. Virtual assistant dapat membantu mengelola kalender produksi, mengatur penulisan, dan memfasilitasi berbagai elemen proses penerbitan, sehingga memudahkan Anda untuk fokus mengembangkan program konten.

#8 Research

Setiap bisnis harus mengandalkan penelitian untuk menginformasikan operasinya, apakah itu analisis pasar, pelanggan, atau kinerja. Riset juga bisa menjadi komoditas untuk dijual kepada klien. Tetapi penelitian dapat menjadi upaya yang memakan waktu, bahkan dengan sumber daya khusus, sehingga beberapa perusahaan menggunakan virtual assistant untuk membantu mengumpulkan informasi ini. Karena tugas ini biasanya lebih manual, tugas ini paling cocok untuk virtual assistant yang berspesialisasi dalam analisis data.

#9 Sociomile From Ivosights

Banyak sekali manfaat dan tugas virtual assistant yang dapat Anda ketahui. Menulusuri hal tersebut pastinya bisa menjadi salah satu referensi Anda untuk meningkatkan produktifitas suatu perusahaan agar lebih terintegrasi antara satu sama lain.

Sociomile dapat menjadi solusi perusahaan Anda untuk menjadi virtual asisstant yang terbaik dan mengintegrasikan berbagai channel marketing agar Anda lebih perfokuskan kepada tugas perusahaan yang lainnya. Yuk intip disini!

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.