Mengenal Lebih Dekat dengan Live Chat

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 09 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Live chat. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Live chat. Shutterstock.

"Live chat merupakan sebuah fitur yang digunakan dalam halaman website sebagai wadah untuk para customer menanyakan atau mengadukan permasalah yang mereka hadapi"

Ketika Anda mengunjungi sebuah wesbsite pasti Anda pernah mendapatkan pesan pop up yang berisi pesan dan ajakan untuk berinterasksi melalui layanan live chat. Ternyata live chat ini memudahkan dalam melakukan komunikasi dengan pelanggan atau bisnis. Cara live chat ini Anda hanya tinggal mengkil ikon yang tertera pada pojok bawah laman website untuk terhubung dengan tim help desk tanpa perlu berpindah aplikasi lagi.

live chat merupakan sebuah fitur yang biasanya digunakan dalam halaman website sebagai wadah untuk para customer menanyakan atau mengadukan permasalah yang mereka hadapi, kemunculan fitur live chat ini didukung oleh perkembangan era digital yang menciptakan karakter spesifik baru pada customer bisnis Anda.

Dengan karakter yang spesifik ini membuat live chat memudahkan komunikasi antara dua orang ataupun lebih dalam satu platform digital. Layanan ini biasa digunakan untuk menjalin komunikasi secara cepat dan tepat tanpa harus meunggu lama lagi untuk mendapatkan balasan.

Sebuah bisnis pasti memiliki alamata atau email, dan nomor telepon yang dapat dihubungi kapan saja. Namun, tidak semua orang dapat menggunakannya. Serta email biasanya dianggap sangat merepotkan dibanding dengan fitur live chat pada website.

Manfaat Fitur Live Chat

Layanan live chat biasanya berbentuk obrolan ataupun formulir yang dapat pelanggan Anda isi dengan berbagai macam keluhan, pertanyaan, atau permintaan. Tak hanya itu, live chat memiliki beberapa manfaat lainnya, yaitu:

  • Memudahkan Komunikasi ke Pelanggan

Dengan live chat, pelanggan yang ingin menghubungi Anda akan merasa lebih mudah, karena tidak perlu lagi mengganti device dari laptop ke smartphone. Anda hanya cukup menggunkan widget WhatsApp yang ada ataupun dengan mengklik ikon yang tertera pada halaman website.

  • Meningkatkan Kredibilitas Bisnis Anda

Fitur live chat ini akan mempengaruhi trust atau kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda, kerena keberadaan fitur ini pada website akan menandakan bahwa mereka cukup serius dalam memberikan layanan dan pelayanan yang maksimal pada pelanggan.

Terlebih jika respon yang diberikan oleh customer service cukup cepat dan membantu. Maka bisnis Anda akan memiliki banyak testimoni yang dapat menyakinkan konsumen untuk membelinya.

  • Meningkatkan Penjualan

Dengan fitur live chat ini akan membuat pelanggan kembali melakukan pemesanan (repeat order). Ketika live chat dapat menjawab pertanyaan konsumen kemungkinan besar para pelanggan untuk kembali sangatlah tinggi.

Guna bisa meningkatkan penjualan customer service yang bertugas nantinya bisa memberikan informasi mengenai kelebihan yang ada pada produk Anda. Dengan ini, minat pembelian pelanggan semakin tinggi hingga akhirnya dapat dikonversikan menjadi angka penjualan.

  • Meminimalisasi Permasalahan

Permasalahan ini merupakan poin-poin yang kerap kali dihadapai oleh pelanggan dan dapat dimanfaatkan sebagai peluang bisnis bagi para pelaku usaha. Untuk mengetahui poin-poin masalah ini maka diperlukan identifikasi terlebih dahulu secara mendetail. Tujuannya agar Anda dapat memberikan solusi paling tepat terhadap permasalahan yang dialami oleh pelanggan tersebut.

Apabila menggunakan device yang lain akan membuat pelanggan kesulitan untuk terhubung pada bisnis Anda. Sedangkan dengan fitur live chat yang terdapat pada website akan mudah dijangkau dalam menyampaikan permasalahan yang dialami secara lebih efisien dan detail.

  • Menghemat Biaya Customer Support

Dengan live chat Anda akan memungkinkan tim customer service menangani beberapa masalah secara sekaligus dalam satu waktu saja. Karena biasanya layanan pelanggan dengan call center biasanya hanya dapat menangani satu pelanggan dalam satu waktu sehingga proses yang dibutuhkan sangat lama. Dengan menggunakan live chat Anda akan menghemat biaya customer support karena tidak membutuhkan banyak orang di tim customer service.

  • Menciptakan Customer Relation

Fitur live chat menciptakan sebuah interaksi dengan pelanggan, Anda dapat mengumpulkan data-data terkait perilaku, kesukaan, opini pelanggam. Data-data ini dapat digunakan sebagai landasan untuk mengembangkan produk dan strategi bisnis Anda kedepannya.

Untuk Memberikan layanan live chat pada bisnis Anda, Socioomile merupakan pilihan yang tepat. Platform yang diciptakan Ivosights ini mampu mengintegrasikan 13 kanal digital dan voice dalam satu dashboard saja. tak hanya itu, Sociomile dapat di konstumisasi sesuai kebutuhan setiap perusahaan, karena Sociomile akan memberikan Anda pelayanan yang lengkap untuk sebuah sistem.

Selain itu, Sociomile memiliki beragam kelebihan ataupun keuntungan, beberapa diantaranya adalah adanya fitur Multi Channel (mengelola segala saluran media sosial dalam satu platform), Multi Agent (satu dashboard dapat diakses dan dikelola oleh beragam agen), Ticketing System (dengan sistem tiket ini, setiap feedback pelanggan dapat dikelola dengan lebih baik dan terstruktur), KPI & Reporting (pelaporan yang dapat dilakukan secara real time), Ripple10 Intergration (yang memungkinkan Sociomile terintegrasi dengan digital listening tool Ripple10).

Silahkan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini. Untuk menggunakan atau berlangganan Sociomile, Anda dapat mengunjungi www.ivosights.com atau menghubungi tim sales kami. Selamat mencoba!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami