Mengenal Lebih Dalam Telegram Marketing

Sociomation | Kamis, 08 September 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Telegram marketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Telegram marketing. Shutterstock.

Telegram adalah aplikasi instant messaging dengan basis pengguna yang berkembang pesat. Meskipun relatif baru, ini adalah salah satu aplikasi instant messaging paling populer di dunia. Idealnya untuk tujuan marketing, termasuk obrolan grup, berbagi media, dan dukungan bot. Selain itu, Telegram benar-benar gratis, yang menjadikannya cara yang sangat hemat biaya untuk menjangkau calon pelanggan.

Apa Itu Telegram Marketing?

Telegram Marketing adalah jenis pemasaran yang menyiratkan mempromosikan brand melalui Telegram. Dengan saluran ini, Anda dapat mengembangkan jangkauan, meningkatkan penjualan, dan membantu pelanggan menjelajahi layanan Anda.

Kenapa Telegram Marketing Penting untuk Perusahaan?

Pada April 2020, audiens Telegram telah berkembang menjadi 400 juta pengguna aktif bulanan. 1,5 juta pengguna mengunduh aplikasi dan mendaftar setiap hari. Semakin populernya platform memungkinkan marketers untuk menikmati banyak keuntungan berikut.

Manfaat Telegram

  • Memungkinkan marketers untuk memberi tahu audiens mereka. Ini dimungkinkan dengan saluran Telegram. Buat saluran publik atau pribadi dan undang pelanggan Anda untuk bergabung. Bagikan lebih banyak foto dan video produk Anda, beri tahu pelanggan tentang brand Anda, dan perkenalkan tim Anda. Beri tahu klien tentang penjualan dan penawaran menarik yang akan datang.
  • Membantu marketers berkomunikasi lebih baik dengan pelanggan mereka. Grup Telegram akan membantu Anda berinteraksi dengan pelanggan Anda secara langsung. Grup Telegram adalah obrolan tempat Anda dapat berkomunikasi dengan audiens Anda, dan anggota grup Anda dapat berinteraksi satu sama lain. Anda juga dapat menambahkan administrator untuk mengelola grup Anda dengan lebih efisien. Dengan grup, Anda dapat membiarkan pelanggan setia Anda membantu prospek baru dengan menjawab pertanyaan tentang produk atau layanan Anda. Grup Telegram adalah peluang bagus untuk membangun komunitas.
  • Memungkinkan brand untuk 24/7. Di sinilah chatbot berperan. Chatbot adalah asisten online yang dapat Anda gunakan untuk merampingkan tugas sehari-hari. Delegasikan menjawab FAQ, menangani pesanan, dan berkonsultasi dengan klien ke chatbot, yang tersedia 24/7. Dengan cara ini, tim customer services Anda dapat menangani masalah yang lebih rumit. Buat chatbot tanpa keterampilan teknis apa pun dengan SendPulse, dan kembangkan alur balasan otomatis untuk mengirim pesan setelah pengguna memasukkan kata kunci yang Anda tentukan, misalnya, "pengiriman", "harga", atau "pengembalian dana".
  • Memungkinkan merek untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web. Bagikan tautan ke laman landas Anda, undang pelanggan Anda untuk melihat koleksi baru Anda, atau bagikan tautan ke ulasan klien Anda. Dengan cara ini, Anda akan meningkatkan lalu lintas ke halaman situs tertentu.
  • Meningkatkan keterlibatan pengguna. Anda dapat dengan mudah melakukan ini dengan jajak pendapat Telegram. Buat polling dengan banyak jawaban untuk mengetahui pendapat pelanggan Anda tentang produk atau layanan Anda; buat kuis di mana Anda akan menjelaskan mengapa pengguna memilih varian yang salah. Opsi terakhir sangat bagus untuk layanan pendidikan. Jajak pendapat Anda bisa anonim.

Kelebihan Telegram Marketing

Menggunakan berbagai fungsi Telegram dalam strategi pemasaran online Anda dapat menghasilkan banyak manfaat. Diantara mereka:

#1 Membantu dalam menghemat sumber daya

Dengan menggunakan bot, Anda dapat mengotomatiskan beberapa tindakan yang akan menghemat waktu Anda dan bahkan mengurangi pengeluaran. Bot atau asisten virtual dapat memberikan informasi kepada pelanggan tentang produk, tahapan layanan pembelian, dan menjawab pertanyaan umum. Mereka juga dapat menerima dan mengirim berbagai jenis dokumen, melakukan transfer, dan banyak lagi.

#2 Meningkatkan brand reach

Telegram merupakan platform yang meski tidak sepopuler WhatsApp, namun memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak. Dan salah satu kelebihannya adalah tidak banyak persaingan antar brand dalam melakukan tindakan pemasaran online seperti menarik audiens baru dan membangun loyalitas. Di sisi lain, aplikasi yang sama memungkinkan Anda membuat saluran publik yang dapat diakses oleh semua jenis pengguna. Ini membuat konten Anda menjangkau lebih banyak orang, dan mereka juga dapat membagikannya dengan mudah.

#3 Komunikasi asertif dengan pesan tetap dan tagar

Di Telegram, ada fitur pesan tetap, di mana Anda dapat menyimpan pesan di bagian atas percakapan grup. Dengan cara ini semua pengguna akan dapat melihatnya dengan lebih mudah dan, dengan itu, komunikasi menjadi lebih mudah. Sumber daya lain yang menarik untuk komunikasi adalah tagar, yang berfungsi mirip dengan jejaring sosial lainnya. Saat berbicara tentang topik tertentu, seperti pemasaran digital, Anda dapat menggunakan tagar di depan istilah dan, dengan demikian, dapat diklik. Ini berarti bahwa ketika mengklik, pengguna melihat semua pesan dari grup tentang topik ini.

#4 Memberi Anda lebih banyak pelanggan setia

Dengan memasukkan Telegram dalam strategi pemasaran Anda, Anda meningkatkan kemampuan Anda untuk mempertahankan pelanggan. Pengguna yang datang ke saluran Anda mendaftar secara sukarela, karena sudah ada sesuatu dalam penawaran konten Anda yang menarik bagi mereka. Ketertarikan untuk menjadi bagian dari komunitas Anda itu sudah menjadi endorsement sehingga Anda bisa menganggap mereka sebagai calon pelanggan. Mereka tidak hanya tertarik pada konten Anda; mereka juga bisa menjadi pelanggan untuk produk atau layanan Anda. Selain itu, Anda memiliki penghitung yang memberi tahu Anda berapa banyak orang yang telah membaca pesan Anda.

Kesimpulan

Telegram Marketing adalah salah satu strategi yang dapat dikomunikasikan dengan baik untuk pelanggan. Hal ini membuat brand Anda akan lebih dikenal serta otomatis untuk melakukan brand awareness dan membuat community baru. Anda bisa menggunakan Sociomation dari Ivosights untuk mengintegrasikan Telegram Marketing dengan sempurna.Hal ini pastinya bisa menjadi salah satu hal strategi marketing Anda untuk menciptakan customer knowledge serta referensi lainnya.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.