Menelisik Lebih dalam Marketing Objective dalam Bisnis

Ripple10


Penulis : Administrator - Kamis, 01 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Marketing objective. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Marketing objective. Shutterstock.

"Marketing objective sifatnya lebih spesifik, dapat diukur, dan jangka waktunya pun pendek"

Banyak orang menyamakan antara marketing objective berbeda dengan marketing goals, padahal keduanya berbeda. Marketing goals merupakan tujuan jangka panjang dari marketing, yang sifatnya lebih luas, umum dan biasanya berhubungan dengan visi dan misi dari bisnis itu sendiri. Sedangkan, marketing objective sifatnya lebih spesifik, dapat diukur, dan jangka waktunya pun pendek.

Dengan kata lain, saat membuat marketing objective, Anda harus menentukan target yang akan ditindaklanjuti, sehingga langkah yang diambil pun lebih jelas, spesifik, dan terarah. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda gunakan untuk menetapkan target dan tujuan pemasaran:

#1 Spesific. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat tujuan pemasaran lebih spesifik. Artinya, Anda harus membuat tujuan yang jelas dan dapat diukur, sehingga memudahkan Anda saat membuat perencanaan.

#2 Achievable. Bersikaplah realistis saat membuat target. Jika kamu melihat adanya potensi atau peluang untuk berhasil mencapai target tersebut, maka jalani.

#3 Relevant. Tujuan atau strategi yang Anda buat, sebaiknya saling berkaitan, sehingga dapat mencapai dengan cepat dan tepat.

#4 Time-based. Saat menentukan tujuan pemasaran sebaiknya ditentukan juga time-based untuk mencapainya. Hal ini untuk memotivasi Anda dalam mencapai tujuan tersebut.

Jenis-jenis Marketing Objective

#1 Brand Awareness

Brand awareness menjadi salah satu objektif dalam marketing. Mengapa? Dengan adanya brand awareness dapat memperluas jangkauan brand Anda, sehingga brand Anda banyak dikenal orang. Objective jenis ini tidak hanya untuk bisnis baru saja, namun juga bisa digunakan saat memperkenalkan produk atau target pasar baru.

#2 Tingkatkan Market Share

Objektif ini berkaitan dengan analisis kompetitor. Dengan menganalisis kompetitor, Anda dapat mengetahui posisi perusahaan dalam suatu pasar serta membantu mengidentifikasi potensi pasar. Namun yang perlu Anda ingat bahwa meningkatkan market share tidak selalu menjadi market leader dalam industri.

#3 Promosi Produk dan Jasa

Apabila sala satu rencanamu adalah meluncurkan produk atau jasa baru, salah satu marketing objective yang tepat adalah mempromosikannya.

#4 Tingkatkan ROI

Return of investment (ROI) merupakan salah satu indikator penting dalam marketing. Setiap bisnis memiliki strategi berbeda untuk meningkatkan ROI, sehingga sasaran dari objektifnya pun akan berbeda-beda pula. Di era digital ini, mengukur ROI menjadi lebih mudah karena kita bisa mengetahui cost per click atau cost per conversions.

#5 Memperluas Pangsa Pasar

Setali tiga uang dengan mengeluarkan produk baru, dengan mengetahui posisi bisnismu dan strategi komunikasi yang tepat menjadi kunci untuk memperluas pangsa pasar dan mencapai target pasar yang baru.

#6 Mempertahankan Pelanggan

Tak hanya mencapai target pasar yang baru, mempertahankan loyalitas pelanggan merupakan hal penting yang harus dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan engagements dan interaksi dengan followers di media sosial.

Dengan mengetahui jenis dan langkah-langkah marketing objective, memudahkan Anda dalam membuat strategi pemasaran. Apakah marketing objective kamu sudah tepat? Ini saatnya Anda mengambil langkah tepat untuk kemajuan bisnis Anda.  

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami