Kriteria Perusahaan yang Wajib Membuat Annual Report

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Kamis, 15 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.

"Kriteria perusahaan yang wajib membuat annual report biasanya ditentukan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di tempat perusahaan tersebut beroperasi"

Annual report merupakan laporan yang merangkumkan hasil keuangan dari kegiatan perusahaan selama satu tahun. Laporan ini berisi tinjauan manajemen terhadapt kondisi keungan perusahaan dan target di masa depan.

Perusahaan wajib membuat annual report karena laporan tersebut merupakan sumber informasi penting bagi pemegang saham dan publik tentang kondisi keuangan dan kinerja bisnis perusahaan.

Selain itu, laporan keuangan tahunan juga mencakup laporan manajemen yang menjelaskan analisis dan tinjauan menyeluruh tentang operasi perusahaan.

Pentingnya Annual Report

Menurut PERATURAN OTORITAS JASA KEUANGAN NOMOR 29 /POJK.04/2016, bahwa Annual report tidak hanya menjadi laporan pertanggungjawaban Direksi dan Dewan Komisaris dalam melakukan pengurusan dan pengawasan Emiten atau Perusahaan Publik kepada RUPS, namun juga merupakan salah satu sumber informasi penting bagi investor.

Selain itu, annual report juga merupakan salah satu sumber informasi bagi regulator dalam melakukan pengawasan dalam upaya melindungi kepentingan investor atau pemegang saham.

Kriteria Perusahaan yang Wajib Membuat Annual Report

Kriteria perusahaan yang wajib membuat annual report biasanya ditentukan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku di tempat perusahaan tersebut beroperasi. Namun, secara umum, perusahaan yang wajib membuat annual report adalah perusahaan yang:

  • Tercatat di Bursa Efek

Tercatat di bursa efek artinya bahwa perusahaan tersebut telah mendaftarkan sahamnya di bursa efek dan saham tersebut dapat diperdagangkan oleh publik. Bursa efek adalah pasar yang menyediakan fasilitas untuk memperjualbelikan saham perusahaan yang tercatat di bursa tersebut

  • Memiliki Jumlah Pemegang Saham Terdaftar yang Melebihi Batas yang Ditentukan oleh Pemerintah

Bahwa perusahaan tersebut memiliki jumlah pemegang saham yang telah terdaftar di lembaga keuangan atau bursa efek yang melebihi batas yang ditentukan oleh pemerintah. Batas ini biasanya ditetapkan berdasarkan jumlah saham yang beredar, nilai pasar saham, atau ukuran bisnis perusahaan.

  • Menerima Dana Publik

Dimana perusahaan tersebut menerima dana atau investasi dari publik, yaitu dari orang-orang atau badan-badan yang bukan merupakan pemegang saham perusahaan tersebut. Dana publik dapat berupa dana investasi, pinjaman, atau dana lainnya yang diterima dari publik untuk digunakan dalam kegiatan bisnis perusahaan.          

  • Saham Perusahaan Dapat Diperdagangkan oleh Publik

Perusahaan terbuka adalah perusahaan yang sahamnya dapat diperdagangkan di pasar modal yang memungkinkan publik untuk membeli dan menjual saham perusahaan tersebut.

Perusahaan juga mungkin diwajibkan untuk membuat annual report jika mereka memiliki ukuran atau jenis bisnis tertentu yang ditentukan oleh pemerintah. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk memahami peraturan perundang-undangan yang beralaku saat itu di tempat perusahaan tersebut beroperasi dan memastikan bahwa mereka memenuhi syarat untuk membuat annual report.

Fungsi Annual Report pada Perusahaan

Di bawah ini adalah fungsi annual report pada suatu perusahaan yang bisa kamu ketahui.

  • Informasi Pencapaian dan Prestasi

Hal ini bisa dijadikan kesempatan untuk perusahaan menjabarkan informasi seputar pencapaian dan prestasi yang bisa menarik pelanggan lebih banyak. Selain itu, pada beberapa perusahaan, informasi mengenai pencapaian dan prestasi ini bisa meningkatkan semangat kerja dan motivasi para pekerjanya. Oleh karena itulah annual report menjadi penting untuk suatu perusahaan.

  • Media Pemasaran

Dengan hal ini, maka bisa dikatakan bahwa annual report berperan cukup signifikan terhadap pemasaran. Hal ini juga didukung dengan isi laporan yang memang bisa menarik perhatian pelanggan seperti halnya laporan yang disertai gambar, grafik, dan tulisan menarik yang bisa menjadi salah satu media pemasaran kreatif perusahaan.

  • Sarana Promosi

Masih sejalan dengan fungsi sebelumnya, annual report yang bisa menjadi media pemasaran maka akan secara otomatis berpotensi menajdi sarana promosi yang baik. Berisi berbagai informasi transparan, prestasi, dan rangkuman kinerja suatu perusahaan tentu jika dikelola dengan baik maka annual report bisa dimanfaatkan untuk menjadi satu daya tarik konsumen.

Syarat Pembuatan Annual Report

  • Annual report harus mudah dipahami
  • Annual report harus menyertakan data yang relevan
  • Annual report harus memberikan informasi yang detail

Butuh Bantuan dalam Menyusun Annual Report?

Jika Anda membutuhkan bantuan dalam pembuatan annual report untuk bisnis, Ivosights dapat membantu Anda untuk menyusun annual report. Dengan dukungan teknologi dan informasi yang berkembang pesat di era digital seperti saat ini, Ivosights siap menghadirkan solusi end-to-end untuk mengelola dan meningkatkan kedekatan perusahaan Anda dengan pelanggan.

Ivosights siap membantu Anda untuk lebih mengerti perilaku konsumen dan pasar. Dengan demikian, Anda dapat lebih mudah menjalankan bisnis dan menyusun annual report yang lebih menarik dan ‘kaya’ akan informasi yang bisa menarik lebih banyak investor, dan tentunya memanjakan investor yang sudah ada dengan annual report yang memuaskan.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami