Aplikasi untuk menelepon dan melakukan panggilan video merupakan bagian terpenting dalam kehidupan modern saat ini. Tanpa adanya aplikasi-aplikasi tersebut, kegiatan kita dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan sesama menjadi terhambat dan akan sulit bagi kita untuk melakukan banyak hal dengan orang yang jaraknya jauh dari jangkauan kita. Keberadaan aplikasi untuk bertelepon dan melakukan panggilan video lewat jaringan internet juga merupakan bentuk dari perkembangan pesat dari teknologi karena aplikasi-aplikasi tersebut nyatanya lebih murah dan mudah jika dibandingkan dengan telepon konvensional yang digunakan pada zaman dahulu. Namun, tahukah kamu bahwa aplikasi-aplikasi tersebut adalah salah satu jenis dari IP Telephony yaitu softphone? Yuk, simak penjelasannya disini!

Apa Itu IP Telephony?

IP Telephony (Internet Protocol Telephony) adalah istilah umum untuk teknologi, produk, dan layanan yang menggunakan koneksi packet-switched Protokol Internet untuk mendukung panggilan suara, pesan suara, panggilan video, konferensi video, faks, dan pesan instan.

Secara tradisional, komunikasi ini dilakukan melalui koneksi circuit-switched khusus dari jaringan telepon public switched (PSTN). Menggunakan internet, panggilan perjalanan sebagai paket data pada jalur bersama, menghindari tol PSTN.

Manfaat IP Telephony

1. Biaya

Dengan IP Telephony, tidak seperti sistem telepon tradisional, biaya untuk bisnis Anda umumnya konsisten dan dapat diprediksi karena biaya yang terjadi berasal dari penyedia layanan internet.

Baca Juga: Kenali Konsep Dasar dan Komponen IP Telephony Disini!

2. Mobilitas

Dengan meningkatnya pengaturan kerja jarak jauh, hotdesking, co-working, dan hybrid, penggunaan IP Telephony secara signifikan meningkatkan kemampuan Anda untuk gesit, memungkinkan tim Anda mengatur layanan telepon mereka dari mana saja.

3. Komunikasi Terpadu

IP Telephony populer untuk keandalan konektivitas dan pengangkutan data suara melalui internet. Popularitas sistem IP Telephony juga memungkinkan pengembangan UC (Komunikasi terpadu) yang memungkinkan bisnis mendapatkan keuntungan dari fungsionalitas komunikasi, termasuk panggilan suara dan konferensi video, semuanya dalam satu platform.

4. Skalabilitas

Menggunakan IP Telephony melalui telepon analog berarti Anda tidak perlu membayar secara terpisah untuk menambah saluran telepon baru. Memiliki layanan seperti telepon konvensional berarti setiap saluran harus dibayar, sedangkan dengan Layanan IP Telephony, ada batasan yang jauh lebih sedikit dan saluran dapat ditambahkan dengan cepat dan mudah, memungkinkan Anda untuk menaikkan atau menurunkan skala.

Contoh Aplikasi-Aplikasi Softphone

Line

Aplikasi softphone dari jenis IP Telephony yang pertama adalah Line. Line adalah aplikasi media sosial yang didirikan di Korea Selatan, tetapi sangat populer di Jepang. Ini diluncurkan Juni 2011 sebagai tanggapan atas gempa bumi dan tsunami Tōhoku yang melanda Jepang tiga bulan sebelumnya. Aplikasi ini dibuat untuk memberi orang jalur komunikasi yang andal selama bencana, tetapi segera menjadi alat perpesanan sehari-hari.

Line sekarang dianggap sebagai "aplikasi super.” Sama seperti WeChat China dan KakaoTalk Korea Selatan, platform ini tumbuh dari aplikasi obrolan menjadi pusat hiburan, sosial, dan aktivitas sehari-hari.

Apa yang membedakan Line dari jejaring sosial lainnya adalah berbagai fitur dan alat yang ditawarkannya. Di luar perpesanan seluler, panggilan suara, dan panggilan video, Line mengintegrasikan alat untuk perbankan, belanja, dan lainnya. Aplikasi ini juga memusatkan akses ke pelayanan kesehatan, agen perjalanan, restoran dan toko, dan papan pekerjaan.

Line juga berfungsi sebagai agregator berita dan layanan streaming media, memberi pengguna akses ke artikel harian, lebih dari 70 juta lagu, manga, video langsung, game, dan banyak lagi. Line dapat digunakan untuk mengirim SMS, panggilan suara dan video, berbagi dan membuat stiker, melakukan pembayaran atau mengirim uang dengan Line Pay, dan lain-lain.

Baca Juga: Kelebihan IP Telephony Dibanding Telepon Konvensional, Wajib Tahu!

Cisco Webex

Aplikasi softphone dari jenis IP Telephony yang kedua adalah Cisco Webex. Cisco Webex adalah rangkaian alat produktivitas berbasis cloud yang membuat tim tetap terhubung. Termasuk Tim Webex, Rapat Webex, dan Perangkat Webex. Aplikasi ini menggabungkan platform konferensi web dan alat kolaborasi tim Spark dari Cisco.

Dengan rapat video, berbagi file, dan perpesanan tim, aplikasi ini juga memungkinkan komunikasi terpadu untuk bisnis apa pun, mulai dari UKM hingga kebutuhan di seluruh perusahaan. Dengan Webex, semua rapat dalam perusahaan dapat didukung oleh aplikasi Cisco Webex Meetings atau Webex Teams. Produk ini juga mendukung penyebaran Layanan Hybrid Webex. Lebih lanjut, Webex juga memiliki beberapa fitur andalan, beberapa diantaranya adalah:

Skype

Skype adalah layanan IP Telephony dari jenis softphone yang memungkinkan orang membuat dan menerima panggilan suara dan video gratis melalui internet menggunakan komputer, browser web, atau ponsel. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, VoIP (Voice over Internet Protocol) memungkinkan komunikasi yang menggunakan metode standar sambungan telepon rumah dan paket seluler.

Apakah Anda sedang bekerja dari rumah atau mencari cara untuk mengobrol dengan orang lain menggunakan video? Skype telah mendobrak hambatan komunikasi tradisional. Selain mengobrol dengan orang-orang di kontak dalam aplikasi, Anda juga dapat menggunakannya untuk melakukan panggilan internasional. Jika orang yang Anda ajak bicara juga menggunakan akun Skype, berbicara dengan mereka tidak memerlukan biaya tambahan. Namun, dengan biaya tambahan, Anda dapat menelpon dan mengirim SMS ke kontak non-Skype Anda di ponsel mereka.

Itulah beberapa contoh softphone dari jenis IP Telephony yang telah kami rangkum di atas. Semoga membantu!