Pentingnya Keberadaan IP Telephony dalam Kehidupan Sehari-hari

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 07 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"Kehadiran IP Telephony di kalangan masyarakat membuat banyak kemudahan dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan sesama"

Internet menjadi salah satu pengaruh positif dalam bidang komunikasi. Manusia saat ini tidak perlu melakukan perjalanan jauh dengan biaya yang besar hanya untuk bertemu sanak saudara, adanya teknologi dan aplikasi yang mendukung orang untuk melakukan panggilan suara dan video membuat hal ini tidak lagi menjadi mustahil. Orang-orang juga menjadi lebih senang untuk menghemat tenaga, energi, dan biaya sehingga memanfaatkan semua perkembangan teknologi tersebut. Selain itu, orang juga memiliki banyak kebutuhan dengan internet seperti belajar, bekerja, dan lain-lain. Kemudahan tersebut juga diperankan secara besar dengan adanya IP Telephony. Mari bahas lebih lanjut tentang hal ini, simak penjelasannya disini.

IP Telephony

IP Telephony adalah aspek komunikasi yang menggunakan internet untuk bertukar pesan suara, faks, dan jenis informasi lainnya, melalui jaringan berbasis IP. Fungsi ini secara tradisional dilakukan oleh jaringan telepon yang dialihkan publik (PSTN) berdasarkan koneksi sakelar sirkuit khusus. Namun, IP Telephony pertama, tiba di pasar pada tahun 1995, mengantarkan aliran informasi sederhana dalam bentuk paket data melintasi internet melalui router atau modem atau jaringan area lokal (LAN), sehingga mengatasi banyak tantangan. yang diajukan PSTN.

IP adalah infrastruktur jaringan tunggal yang memfasilitasi solusi suara dan data. Meskipun versi pertama IP Telephony memiliki kualitas audio yang rendah dan harga yang terjangkau, perkembangan teknologi membuka jalan bagi fitur-fitur canggih di telepon bisnis. Beberapa fitur yang diperbarui adalah: panggilan suara dan video HD yang memungkinkan komunikasi waktu nyata, perekaman panggilan, dan konferensi, riwayat panggilan yang komprehensif, ID penelepon khusus, pesan suara ke email, dan lainnya. Sebagian besar perusahaan telah beralih dari PSTN, yang menggunakan telepon rumah untuk mengirimkan sinyal analog, ke IP Telephony untuk komunikasi suara internal mereka. Bisnis dapat menggunakan teknologi ini untuk keuntungan mereka untuk berkomunikasi secara efektif dengan konsumen. IP terutama digunakan dalam pengaturan bisnis untuk meningkatkan produktivitas organisasi dengan biaya operasional yang lebih rendah.

Saat ini, sistem IP Telephony membentuk dasar untuk semua operator komunikasi. Melalui teknologi ini, siapa pun dapat melakukan panggilan telepon melalui koneksi internet apa pun. Karena jumlah koneksi broadband terus meningkat, baik konsumen maupun bisnis semakin memilih IP Telephony. Penyedia layanan IP Telephony termasuk perusahaan telepon lokal, perusahaan TV kabel, penyedia layanan internet, dan operator nirkabel layanan tetap.

Baca Juga: Alasan Mengapa IP Telephony Pilihan Terbaik untuk Bisnis Anda

Peran Penting IP Telephony dalam Kehidupan Sehari-hari

  • Ramah Biaya

IP Telephony adalah metode hemat biaya untuk menelepon seseorang. Lebih murah menelepon menggunakan IP Telephony daripada menelepon melalui telepon biasa. Bahkan panggilan jarak jauh jauh lebih murah daripada PSTN atau ISDN karena IP Telephony menggunakan koneksi internet aktif daripada jaringan analog. Selain itu, saat sistem bekerja di internet, biaya panggilan yang dikeluarkan berkurang secara signifikan. Panggilan internasional dan lokal dapat dilakukan dengan tarif minimal, memungkinkan perusahaan untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan setelah layanan panggilan.

  • Portabilitas

Teknologi IP Telephony dapat dibawa kemana saja dan digunakan dari belahan dunia manapun. Karena menggunakan koneksi internet, Anda hanya perlu membawa perangkat keras (perangkat atau telepon) yang diperlukan untuk menggunakan VoIP kapan saja.

  • Fleksibilitas

VoIP memiliki penggunaan yang fleksibel. Anda dapat menggunakan aplikasi digital untuk melakukan panggilan IP Telephony atau mengubah perangkat genggam Anda menjadi perangkat berkemampuan IP Telephony menggunakan IP Telephony. Konverter IP Telephony akan merasakan sinyal yang berasal dari telepon tradisional atau analog, dan sinyal tersebut akan diubah menjadi data digital yang dapat dialihkan melalui Internet.

  • Multi-Fungsional

Selain sekadar menelepon pengguna, Anda dapat menikmati panggilan video dan konferensi video yang penting untuk membahas kesepakatan penting, pertemuan bisnis, atau untuk berbicara dengan klien.

  • Nirkabel

Semua layanan internet disediakan melalui kabel Ethernet yang kemudian dihubungkan ke router untuk menyediakan jaringan nirkabel. Karena IP Telephony bekerja pada protokol internet, mereka tidak memerlukan kabel tambahan seperti telepon Analog. Dan menjadi nirkabel, itu juga memberikan keuntungan tambahan mobilitas bagi penggunanya.

  • Peningkatan Kualitas Panggilan

Data, melalui internet, diteruskan dalam bentuk paket data. Demikian pula, dalam handset IP Telephony, suara penelepon diubah menjadi paket suara dan dikirim melalui internet melalui server ke pihak yang dipanggil. Proses ini sangat meningkatkan kualitas panggilan, memberi pengguna manfaat kejelasan dan kelancaran komunikasi.

Baca Juga: Kenali Konsep Dasar dan Komponen IP Telephony Disini!

  • Integrasi Aplikasi

Karena ponsel ini berfungsi melalui internet, beberapa aplikasi dapat diintegrasikan dengannya. Pengusaha dapat menghubungkan banyak alat produktivitas seperti direktori, berbagi kehadiran, softphone, pesan instan, dll. Ini sekali lagi memberikan keuntungan tambahan mobilitas bagi pengguna. Selain itu, mengintegrasikan alat-alat tersebut dengan telepon konvensional juga memungkinkan pengguna untuk tetap berhubungan tidak hanya dengan dunia luar tetapi juga dengan rekan kantor mereka melalui smartphone mereka kapan saja, di mana saja. Selain itu, menyederhanakan komplikasi yang terlibat dalam konektivitas multi-lokasi melalui konektivitas internet.

  • Dapat ditingkatkan

Berada di platform IP, peningkatan teknologi di masa depan dapat dengan mudah disesuaikan dengan sistem yang ada. Oleh karena itu, meningkatkan sistem telepon yang ada menjadi hampir bebas biaya dan juga mudah digunakan.

Apakah IP Telephony Merupakan Solusi yang Ekonomis?

Penggunaan teknologi IP Telephony dianggap sebagai bisnis jangka menengah panjang. Dan menurut penelitian, jaringan packet-switched yang digunakan untuk komunikasi suara lebih ekonomis daripada jaringan circuit-switched. Alasannya adalah bahwa jaringan circuit-switched memanfaatkan seluruh jalur komunikasi hanya untuk satu percakapan dibandingkan dengan jaringan packet-switched. Dengan demikian, otomatis biaya akan naik.

Selanjutnya, ketika jalur komunikasi berjalan di antara lokasi atau kota atau negara bagian atau negara yang berbeda, maka menggunakan jaringan pribadi lebih aman dan jauh lebih hemat biaya daripada menggunakan jaringan publik. Singkatnya, IP Telephony adalah pilihan yang jauh lebih masuk akal dan layak daripada solusi telepon lama.

IP Telephony singkatnya memiliki peran penting dalam banyak hal di kehidupan manusia. Itulah beberapa kepentingan IP Telephony dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami