Mengenal Lebih Dekat Softphone, Jenis IP Telephony yang Paling Dekat dengan Kita

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 02 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"Ada banyak aplikasi yang sering kita gunakan dalam berkomunikasi baik melalui panggilan suara maupun video, beberapa diantaranya merupakan bagian dari IP Telephony"

Komunikasi saat ini dapat dengan lancar berjalan karena banyaknya kemudahan yang kita dapatkan. Terutama perkembangan jaringan internet yang semakin lancar dan cepat membuat interaksi antar manusia semakin dekat dan tidak terhalangi. Saat ini, kita dapat melakukan banyak percakapan melalui pesan teks dan suara dengan menggunakan berbagai macam pilihan aplikasi. Lebih lanjut, aplikasi yang memudahkan komunikasi antar manusia tersebut berjalan dengan adanya aliran internet yang ada. Untuk menambah pengetahuan mengenai hal ini, aplikasi-aplikasi tersebut merupakan bagian dari IP Telephony yang membuat adanya jalinan komunikasi melalui panggilan suara dan video menjadi memungkinkan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai softphone, yaitu jenis IP Telephony yang paling dekat dan sering kita gunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Apa itu IP Telephony?

IP Telephony merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan manusia untuk melakukan panggilan telepon dan video dari jarak jauh dengan menggunakan jaringan internet. IP Telephony biasa dimanfaatkan manusia untuk melakukan interaksi dengan manusia lainnya yang bertujuan untuk melakukan komunikasi. 

IP Telephony yang juga biasa disebut juga dengan VoIP (Voice over Internet Protocol) akan mengubah suara penggunanya menjadi sinyal digital kemudian dikirimkan melalui jaringan internet yang sudah dipatuhi oleh protokol internet. Penggunaan IP Telephony sering kita jumpai dalam kegiatan sehari-hari baik dalam komunikasi pribadi maupun untuk berjalannya bisnis suatu perusahaan.

Baca Juga: Top 5 Industri yang Membutuhkan Layanan IP Telephony

Kegunaan dan Fungsi IP Telephony

Berikut ini kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai fungsi utama IP Telephony dalam kehidupan sehari-hari. Simak penjelasannya di bawah ini.

  • Untuk Melakukan Komunikasi 

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, IP Telephony membuat komunikasi antar manusia menjadi lebih mudah. Kegunaan dan fungsi utama dari IP Telephony ini juga membuat banyak perubahan seperti dapat melakukan negosiasi dari jarak jauh sehingga masalah dan persoalan yang terjadi dapat terselesaikan dengan baik.

  • Lebih Murah

Jika dibandingkan pada zaman dahulu, orang melakukan komunikasi jarak jauh menggunakan panggilan telepon dengan menggunakan telepon konvensional. Telepon konvensional ini memiliki biaya yang lumayan terbilang mahal karena aliran dan arus yang dimiliki oleh telepon ini berbeda. Selain itu, telepon ini juga memiliki keterbatasan fungsi untuk melakukan panggilan kepada sesama.

Lebih lanjut, dengan adanya teknologi IP Telephony, masyarakat tidak perlu lagi untuk merasa khawatir karena biaya yang mahal. IP Telephony memiliki berbagai macam jenis yang bisa difungsikan untuk melakukan panggilan telepon maupun video dengan menggunakan koneksi internet yang biayanya jauh lebih murah karena dapat Anda pakai dan fungsikan sesuai dengan budget internet bulanan.

  • Menerima dan Mengakhiri Panggilan

Call connect atau disconnect merupakan salah satu fungsi dan kegunaan dari IP Telephony yang memungkinkan penggunanya untuk menerima panggilan maupun mengakhiri panggilan. Tujuan utama dari fungsi ini adalah untuk membuat penggunanya memiliki hak dan wewenang atas panggilan yang mereka terima.

  • Mengubah Kode Suara

Fungsi dan kegunaan lain dari IP Telephony adalah sebagai codecs operations yang difungsikan sebagai coder untuk mengubah suara menjadi sinyal digital, paket data, maupun sebaliknya. 

Baca Juga: Tips dan Trik Meningkatkan Layanan Pelanggan Menggunakan IP Telephony

Softphone dan Contohnya

IP Telephony memiliki beberapa jenis, salah satu diantaranya adalah softphone. Softphone merupakan aplikasi panggilan suara dan video yang dapat diunduh pada ponsel maupun laptop Anda. Jenis IP Telephony yang satu ini adalah salah satu jenis yang paling dekat dengan kita karena tanpa disadari sering kita gunakan untuk melakukan komunikasi sehari-hari. Yuk, simak beberapa contoh dari softphone berikut ini.

  • LINE

Siapa yang tidak mengenal aplikasi ini? Aplikasi untuk berkirim pesan yang satu ini merupakan aplikasi yang berasal dari Korea Selatan yang dapat diakses dan digunakan oleh seluruh orang dari penjuru dunia. Line juga memiliki banyak fitur dan fungsi yang akan memudahkan orang dalam melakukan komunikasi. Aplikasi yang satu ini juga merupakan salah satu contoh softphone dari IP Telephony yang kita sudah familiar dengan keberadaannya.

Line juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon dengan banyak orang. Aplikasi yang satu ini dapat difungsikan untuk melakukan meeting dengan banyak pihak sehingga cocok untuk bisnis dan perusahaan.

  • Skype

Skype merupakan salah satu aplikasi penerima panggilan suara dan telepon yang sudah dikenal sejak lama. Aplikasi ini sering digunakan oleh banyak anak muda untuk melakukan panggilan video dengan kerabat mereka. Skype juga merupakan contoh lain dari softphone yang familiar untuk kita karena sudah digunakan oleh orang-orang di sekitar kita.

  • Cisco Webex

Pandemi Covid-19 merupakan salah satu kejadian besar yang mengubah dunia pendidikan karena mengharuskan sekolah dan kampus ditutup dan semua pelajar terpaksa harus diliburkan. Ini tentu mengganggu kegiatan belajar mengajar karena semua materi yang harus diajarkan terpaksa terhenti di tengah-tengah.

Adanya keberadaan Cisco Webex membuat hal ini tidak perlu menjadi masalah lagi. Cisco Webex merupakan salah satu contoh dari softphone yang sering digunakan untuk proses belajar mengajar. Aplikasi ini efektif untuk proses pembelajaran karena memiliki banyak kapasitas lebih dari 50+ orang dan memiliki fitur untuk mengatur waktu yang akan digunakan sesuai keinginan.

IP Telephony memiliki banyak fungsi dan kegunaan yang tentunya sangat bermanfaat untuk kegiatan komunikasi dan interaksi antar manusia. Itulah beberapa penjelasan mengenai IP Telephony, kegunaan dan fungsinya, serta penjelasan singkat tentang softphone beserta contohnya.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami