Mengapa Bidang Pendidikan Membutuhkan IP Telephony?

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 15 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"Selain untuk bisnis, IP Telephony memiliki banyak fungsi untuk bidang pendidikan. Yuk, simak penjelasannya dalam artikel ini"

IP Telephony sudah terkenal memiliki banyak manfaat untuk bisnis. Kemudahannya untuk melakukan komunikasi dari jarak jauh sangat memudahkan para pekerja kantoran dalam berhubungan satu sama lain dalam hal pekerjaan. Namun, dibalik kemudahan dan manfaatnya untuk bisnis, IP Telephony juga memiliki manfaat yang besar untuk bidang pendidikan. Selain memiliki jaringan IP yang sangat berfungsi untuk perkantoran, IP Telephony juga memiliki jenis softphone yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan teknik pengajaran dari jarak jauh kepada pelajar. Para guru dan bidang akademis bisa melanjutkan materi pelajaran tanpa takut ada yang tertinggal, terutama pada saat pandemi beberapa tahun lalu.

IP Telephony dan Telepon Konvensional

IP Telephony merupakan suatu teknologi yang ada pada saat ini yang memudahkan penggunanya untuk melakukan panggilan suara dan video hanya dengan mengandalkan internet. IP Telephony merupakan suatu terobosan terbesar dalam bidang komunikasi karena manusia saat ini lebih mudah untuk melakukan percakapan jika dibandingkan dengan zaman dahulu. Orang pada zaman dahulu tidak memiliki banyak akses untuk melakukan panggilan video karena belum berkembangnya internet dan teknologi seperti saat ini.

Baca Juga: Top 5 Industri yang Membutuhkan Layanan IP Telephony

Lalu bagaimana orang zaman dahulu berkomunikasi? Beberapa orang yang berkecukupan memiliki telepon konvensional atau yang biasa disebut sebagai telepon rumah untuk melakukan komunikasi dengan kerabat. Namun, telepon konvensional memiliki keterbatasan yang membatasi penggunanya untuk melakukan komunikasi dengan orang lain, yakni telepon konvensional hanya bisa menyambungkan dua orang dalam panggilan telepon.

Berikut ini beberapa perbedaan yang jelas antara IP Telephony dan telepon konvensional:

  • Keefektifan

Dalam telepon konvensional, sedikit tidak efektif untuk melakukan komunikasi karena keterbatasan ruang sehingga tidak bisa diandalkan untuk saat-saat darurat. Sedangkan IP Telephony, jaringan ini sangat efektif untuk melakukan komunikasi di saat-saat darurat karena bisa digunakan oleh orang yang bahkan tidak memiliki aplikasinya.

  • Biaya yang Dikeluarkan

Apakah kamu tahu biaya yang dikeluarkan untuk telepon konvensional cukup mahal? Hal ini dikarenakan telepon konvensional memiliki jaringan dan kabel yang berbeda dari internet dan listrik. Sedangkan IP Telephony hanya perlu mengandalkan internet dan kalian akan tersambung kepada orang lain.

  • Fleksibel

Jaringan telepon konvensional sangat terbatas sehingga orang yang menggunakan telepon konvensional hanya bisa melakukan komunikasi dengan orang lain hanya di dalam daerah atau dimana jaringan tersebut dipasang saja. sedangkan IP Telephony bisa melakukan sambungan dimanapun asalkan ada internet yang stabil.

Bidang Pendidikan dan IP Telephony

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa bidang pendidikan membutuhkan IP Telephony. Yuk, simak baik-baik penjelasannya:

  • Sebagai Alternatif Pengajaran dari Jarak Jauh

Saat pandemi, tenaga pengajar sangat kebingungan untuk melanjutkan materi belajar para pelajar. Hal ini karena mendadaknya kemunculan pandemi yang membuat seluruh negara harus melakukan pembatasan jarak terhadap satu sama lain yang membuat imbas besar pada banyak bidang, salah satunya adalah bidang pendidikan.

Banyak sekolah dan kampus yang harus ditutup karena adanya keterbatasan pertemuan dan interaksi fisik antar sesama. Hal tersebut membuat banyak tempat belajar terpaksa tutup dan para siswa harus melanjutkan kegiatan belajar mereka di rumah. Pembaruan ini sebenarnya cukup mengejutkan karena sekolah sudah lama sekali dalam sejarah tidak melakukan belajar di rumah.

Namun, dengan adanya IP Telephony, sekolah bisa dengan mudah melanjutkan pengajaran dari jarak jauh. Hal ini karena IP Telephony memiliki beberapa aplikasi yang bisa memudahkan kegiatan belajar mengajar untuk sebuah kelas. IP Telephony dimanfaatkan untuk melakukan belajar mengajar karena memiliki fitur yang bisa digunakan untuk belajar di kelas, seperti bisa melakukan pengajaran untuk lebih dari 50 orang murid.

Baca Juga: Tips dan Trik Meningkatkan Layanan Pelanggan Menggunakan IP Telephony

  • Bisa untuk Pendidikan Luar Sekolah (Les)

Selain untuk belajar mengajar untuk sekolah, IP Telephony juga biasa dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan les secara daring. Banyak les-les pada zaman sekarang yang memanfaatkan teknologi IP Telephony untuk memberikan ilmu kepada mahasiswa atau pelajar yang membutuhkan ilmu baru. Kamu bisa mendaftar les-les daring yang memanfaatkan aplikasi IP Telephony seperti les bahasa maupun pelajaran lain. Aplikasi IP Telephony juga memiliki fitur yang bisa memudahkan kegiatan belajar mengajar seperti papan tulis yang bisa dijadikan alternatif papan tulis pada umumnya.

  • Ada Fitur untuk Merekam Kegiatan Belajar Mengajar

Jika melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring menggunakan IP Telephony, jangan khawatir akan tertinggal kelas karena beberapa aplikasi memiliki fitur untuk merekam kelas yang sudah diajarkan sehingga para murid yang tidak bisa menghadiri kelas juga tetap akan dapat materi dan ilmu seperti para peserta yang lain.

Itulah beberapa penjelasan tentang IP Telephony dan perannya untuk pendidikan. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami