Hal yang Harus Diwaspadai saat Menggunakan IP Telephony

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 08 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"IP Telephony memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk kegiatan penting sehari-hari. Namun, ada beberapa hal yang harus dihindari"

Dalam penggunaan internet, ada banyak hal yang harus kita waspadai agar data dan informasi yang sudah kita bagikan di internet tidak menjadi ancaman serius bagi kita. Ada banyak kasus dimana orang mendapatkan serangan secara mendadak seperti data-data yang bocor dan kehilangan kata sandi yang berharga. Untuk itu, inilah beberapa hal yang harus diwaspadai saat menggunakan IP Telephony.

Hal yang Harus Diwaspadai

  • Adanya Hacker

Hacker atau peretas bukan lagi hal yang asing didengar di tengah gempuran teknologi modern saat ini. Mudahnya akses dan informasi yang digali di internet membuat banyak peretas memanfaatkan hal ini untuk kepentingan mereka. Jaringan IP Telephony menjadi jaringan yang mudah untuk diretas oleh para oknum-oknum ini. Hal ini karena jaringan dan saluran utama dari IP Telephony adalah menggunakan internet.

Banyaknya aplikasi IP Telephony yang memerlukan data untuk verifikasi menggunakan alamat email membuat kesempatan peretas semakin banyak sehingga hal-hal seperti ini harus diwaspadai karena sangat berbahaya untuk keselamatan pribadi. Selain itu, ada banyak kasus dimana banyak peretas yang mampu masuk ke dalam aplikasi-aplikasi jaringan IP Telephony dan menunjukkan video yang tidak jelas membuat banyak orang harus lebih waspada.

Sebagai solusi, orang dapat melakukan double verification agar lebih aman dan membutuhkan verifikasi dari Anda sendiri menggunakan alamat email dan nomor telepon. Hindarilah membagikan angka verifikasi kepada nomor atau oknum-oknum yang tidak Anda kenal untuk meminimalisir kejadian peretasan di dalam akun Anda.

Baca Juga: Alasan Mengapa IP Telephony Pilihan Terbaik untuk Bisnis Anda

  • Virus

Virus bukanlah menjadi hal yang luar biasa saat ini. Banyaknya tautan yang kita pencet atau aplikasi yang kita unduh membuat virus menjadi hal yang lumrah jika kita miliki di ponsel maupun laptop. IP Telephony juga mudah terserang virus karena internet memiliki sumber dan jaringan yang luas yang tidak bisa kita pantau terus-menerus apakah hal yang kita buka itu terbebas dari virus atau tidak.

Virus menjadi hal yang sangat menjengkelkan karena bisa membuat laptop, komputer, dan ponsel yang kita gunakan menjadi lambat dan bahkan dalam beberapa kasus serius ada yang membuat data dan informasi yang ada pada perangkat elektronik menghilang.

Sebagai solusi, Anda bisa menginstal aplikasi khusus untuk menghindari virus dan membuat proteksi ampuh untuk perangkat elektronik yang Anda miliki. Aplikasi-aplikasi tersebut beberapa diantaranya mengharuskan Anda untuk membayar, tetapi, ada juga aplikasi yang memperbolehkan Anda untuk melakukan percobaan gratis dalam beberapa bulan.

  • Pemantauan dari Jauh

Internet memiliki banyak hal negatif yang membuat Anda harus berhati-hati, termasuk dalam penggunaan jaringan IP Telephony. Salah satu diantaranya adalah pemantauan jarak jauh yang membuat perangkat elektronik yang Anda gunakan bisa dipantau dari jarak jauh oleh peretas. Hal ini tentu sangat menyeramkan dan membuat Anda harus waspada dan tetap berhati-hati agar hal seperti ini tidak menjadi pengalaman dalam hidup Anda.

Sebagai solusi, Anda dapat melakukan verifikasi pada apapun yang Anda lakukan di internet. Pastikan bahwa Anda melakukan registrasi menggunakan nomor telepon dan email yang Anda miliki. Jangan berikan sembarangan kata sandi pada link atau aplikasi yang tidak jelas asal usulnya. Selalulah waspada dan berhati-hati, ya!

  • Pemalsuan Identitas

Banyaknya kejadian pemalsuan identitas yang berseliweran di berita seharusnya membuat Anda mulai berhati-hati sejak saat ini. Banyaknya pemalsuan identitas tersebut bisa merugikan Anda dalam hal finansial dan hal-hal yang bersifat pribadi. pemalsuan identitas dapat dengan mudah dilakukan oleh peretas jika Anda tidak memiliki keamanan yang cukup untuk jaringan IP Telephony. Peretas akan dengan mudah melakukan peminjaman dengan nilai yang besar bagi Anda dan tidak akan mendapatkan kerugian apapun karena mereka memiliki data-data Anda

Untuk itu, selalu pastikan bahwa Anda tidak memberikan kata sandi, nomor telepon, dan alamat email kepada orang yang tidak dikenal. Selain itu, jangan asal melakukan penyetujuan kepada angka verifikasi untuk sebuah akun yang Anda tidak sedang otak-atik. Pemalsuan identitas juga bisa dengan mudah dilakukan jika peretas menginginkan kata sandi Anda melalui email notifikasi. Hati-hati karena Andalah yang akan dirugikan dalam hal ini.

Keuntungan Memakai IP Telephony

Setelah penjelasan singkat mengenai hal-hal yang harus diwaspadai dari IP Telephony, kami akan membahas keuntungan memakai IP Telephony.

  • Harga yang Murah

IP Telephony tidak mahal dibandingkan dengan tagihan telepon biasa yang harus Anda bayar jika Anda menggunakan saluran telepon. Tapi kenapa harganya sangat murah? Hal itu karena kebanyakan orang sudah memiliki internet untuk bekerja dari rumah, dan Anda bisa menggunakan koneksi Anda alih-alih membayar sambungan telepon rumah, tagihan telepon, secara terpisah.

  • Memudahkan Bekerja dari Jarak Jauh

Tahukah Anda bahwa VoIP tidak hanya menurunkan biaya bekerja dari jarak jauh tetapi juga memungkinkan Anda terhubung ke sistem telepon kantor Anda setiap saat? IP Telephony menjadi banyak dibincangkan karena alasan itu. Bekerja dari jarak jauh semakin menyenangkan dan Anda dapat menghemat uang bensin.

Baca Juga: Top 5 Industri yang Membutuhkan Layanan IP Telephony

  • Mudah Dirawat dan Dipasang

Seperti disebutkan sebelumnya, VoIP menggunakan kekuatan internet untuk panggilan daripada menggunakan hal-hal usang yang disebut sambungan telepon rumah. Jadi, tanpa kerumitan saluran telepon, hampir semua orang dapat dengan mudah memelihara dan memasang IP Telephony.

Anda tidak perlu sesuatu yang mewah untuk memulai; yang perlu Anda lakukan hanyalah menyambungkan perangkat keras yang sesuai, dan siap digunakan segera. Terlebih, penyedia IP Telephony Anda akan membantu dengan penyiapan jika Anda memerlukan bantuan.

IP Telephony merupakan suatu perubahan dan investasi terbesar manusia. Adanya kemudahan dalam berkomunikasi juga menjadi poin paling bermanfaat bagi masyarakat. Tanpa perlu melakukan perjalanan jauh hanya untuk bertemu seseorang, IP Telephony memudahkan Anda dalam melakukan panggilan suara dan video. Namun, tentunya setiap hal yang berhubungan dari internet adalah hal yang patut kita waspadai. Itulah beberapa hal yang harus Anda waspadai dalam menggunakan IP Telephony. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami