Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memakai IP Telephony

Sociomile


Penulis : Administrator - Jumat, 10 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"Meskipun terlihat mudah, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum memakai jaringan IP Telephony. Simak penjelasannya dalam artikel di bawah ini"

IP Telephony memiliki peranan yang sangat penting bagi perkembangan teknologi dan komunikasi. Jaringan yang satu ini memudahkan banyak bidang untuk melakukan tugasnya secara ringan dan cenderung cepat. Kita juga bisa memanfaatkan IP Telephony untuk melakukan pekerjaaan dan tentunya biaya yang dikeluarkan juga murah. Selain itu, IP Telephony juga mudah diakses karena bisa digunakan dimana saja dan kapan saja tanpa adanya hambatan dan keterbatasan. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memakai IP Telephony.

Apa itu IP Telephony

Sistem IP Telephony (juga kadang-kadang disebut sebagai sistem telepon VoIP atau IP PBX) adalah sistem telepon bisnis yang berfungsi menggunakan teknologi Voice over Internet Protocol (VoIP). Hal ini memungkinkan pengguna untuk menerima panggilan masuk dan melakukan panggilan keluar menggunakan koneksi internet. Ini adalah alternatif populer untuk sistem telepon darat yang secara tradisional mendominasi komunikasi untuk bisnis.

Baca Juga: Alasan Mengapa IP Telephony Pilihan Terbaik untuk Bisnis Anda

Dengan sistem telepon tradisional, panggilan secara eksklusif dilakukan melalui Public Switched Telephone Network (PSTN), yang terdiri dari saluran telepon tembaga untuk mengirimkan sinyal suara analog antar telepon. Jenis sistem ini memerlukan banyak perangkat keras lokal (seperti telepon meja) dan ruang kantor untuk menampung Private Branch Exchange (PBX). Ini sering disebut sebagai Plain Old Telephone Service (POTS).

Ini adalah sistem lama yang tidak menawarkan fleksibilitas kebutuhan bisnis modern, itulah sebabnya IP Telephony sekarang menjadi solusi komunikasi berbasis suara pilihan untuk organisasi, perusahaan, hingga untuk kegiatan sehari-hari yang lebih privasi.

Telepon tradisional atau telepon konvensional (yang biasanya kita sebut sebagai telepon rumah) memerlukan kabel tembaga yang secara fisik dicolokkan ke soket dinding. Telepon jenis ini adalah bagian dari sistem teknologi analog berbasis perangkat keras yang mentransmisikan panggilan antara dua ponsel melalui kotak saklar. Sebaliknya, IP Telephony dapat melakukan dan menerima panggilan telepon melalui internet menggunakan teknologi VoIP, dan tidak bergantung pada pertukaran fisik yang dilakukan telepon rumah.

Hal yang Harus Perlu Diperhatikan Saat Ingin Menggunakan IP Telephony

Saat ingin mengaplikasikan ataupun ingin menggunakan IP Telephony, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja, ya? Berikut penjelasannya:

  • Keberadaan Internet

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, IP Telephony memerlukan internet untuk menghubungkan kita dengan orang lain. Tanpa adanya internet, kita tentu saja tidak akan tersambung karena basis utama IP Telephony adalah internet. Pastikan bahwa jika Anda ingin menggunakan aplikasi IP Telephony, ada internet yang tersambung ke dalam perangkat elektronik yang Anda miliki sehingga akan langsung terhubung begitu Anda ingin menggunakannya.

  • Jaringan Internet

Selain adanya internet, hal yang harus kita perhatikan berikutnya adalah jaringan internet yang baik dan stabil yang bisa membuat kita tersambung dengan orang lain untuk melakukan panggilan suara dan video. Jaringan internet yang baik tentunya juga akan membuat komunikasi Anda lebih berkesan dan tidak terhambat oleh jaringan yang buruk. Selain itu, kestabilan jaringan internet juga membuat suara Anda terdengar jernih sehingga tidak menghambat komunikasi yang sedang terjalin.

Baca Juga: Jenis-Jenis Keamanan yang Digunakan untuk IP Telephony

  • Aplikasi IP Telephony

Selain saluran atau perangkat IP Telephony, yang harus kita perhatikan adalah apakah kita memiliki aplikasi IP Telephony untuk tersambung dengan orang lain. Aplikasi IP Telephony bisa kita unduh baik di ponsel maupun laptop yang kita miliki. Namun, biasanya kita tidak perlu mengunduh terlebih dahulu aplikasi-aplikasi IP Telephony karena biasanya dapat diakses dengan mudah melalui link yang disebarkan oleh pemilik akun. Namun, ada baiknya untuk memiliki aplikasi IP Telephony agar bisa lebih leluasa dalam mengaplikasikannya.

  • Perangkat Elektronik

Salah satu hal yang harus kita miliki sebelum mengaplikasikan IP Telephony adalah perangkat elektronik. Bagaimana kita akan menyambungkan diri dengan orang lain menggunakan IP Telephony jika tidak memiliki perangkat elektronik? Yang terpenting, kita memiliki ponsel pintar ataupun laptop.

IP Telephony memiliki banyak manfaat dan kemudahan yang membuat kita bisa berkomunikasi dari jarak jauh dengan orang lain. IP Telephony singkatnya membuat kita jadi lebih dekat dengan orang lain menggunakan teknologi internet. Itulah beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum memakai IP Telephony. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami