Bahaya yang Mengintai IP Telephony, Apa Saja, ya?

Sociomile


Penulis : Administrator - Rabu, 15 Maret 2023
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - IP Telephony. Shutterstock.

"IP Telephony memiliki banyak manfaat yang dirasakan oleh penggunanya. Namun, jaringan ini memiliki beberapa bahaya yang mengintai. Simak penjelasannya disini"

Internet adalah suatu platform besar yang dimana semua orang bebas melakukan banyak hal disana, mulai dari suatu hal yang tidak berguna seperti menjual barang secara daring hingga menawarkan jasa hingga melakukan suatu hal yang berbahaya seperti penyebaran informasi secara luas. IP Telephony sebagai sebuah jaringan yang mengandalkan internet juga memiliki bahaya yang mengintai saat pengguna memakainya.

Penjelasan dan Manfaat IP Telephony

Telepon IP adalah sistem telepon apa pun yang berjalan di internet, bukan sambungan telepon rumah tradisional. Dengan kata lain, ia menggunakan internet, protokol internet (IP) untuk mengirim dan menerima transmisi suara. Lebih lanjut, dalam sistem pertukaran pribadi atau IP PBX, pesan dan data dikirim secara digital di jaringan area lokal. Pesan suara diubah menjadi sinyal suara analog dan dikirim ke penerima. Namun, sistem PBX di lokasi dapat menyebabkan biaya perangkat keras, pemasangan, dan pemeliharaan yang cukup tinggi. 

Selain itu, sistem PBX atau telepon cloud yang dihosting lebih disukai di mana data digital dikirim ke penyedia dan rute penyedia ke tujuan yang sesuai. Seiring waktu dan dengan kemajuan dalam telekomunikasi, IP Telephony sekarang dapat menawarkan panggilan internasional berkualitas tinggi bersama dengan fitur telepon canggih. Lebih lanjut, menjalankan IP Telephony jauh lebih murah daripada layanan telepon lama biasa, hal itu karena jaringan ini tidak lagi memerlukan perangkat keras tambahan. Sehingga, Anda dapat melakukan dan menjawab panggilan dari hampir semua perangkat dan lokasi mana pun.

Baca Juga: Top 5 Industri yang Membutuhkan Layanan IP Telephony

Lebih lanjut, IP Telephony memiliki beberapa manfaat, salah satunya adalah  setelah koneksi data berkualitas tinggi dibuat antara dua lokasi dalam hal perkantoran, sinyal suara sekarang dapat menggunakan koneksi yang sama tanpa ada akumulasi pulsa per menit. Ini dapat menambah penghematan yang luar biasa bagi suatu organisasi, baik mengurangi atau sama sekali menghilangkan biaya panggilan jarak jauh antar kantor.

Manfaat kedua adalah lebih mudah untuk mengintegrasikan IP Telephony dengan jaringan komputer, memungkinkan efisiensi yang lebih besar. Untuk perkantoran, alih-alih mencari informasi di komputer untuk setiap panggilan masuk, pegawai kantoran sekarang memiliki informasi tersebut saat telepon berdering. Panggilan keluar dilakukan dengan satu klik di mouse, yang sebenarnya dapat memungkinkan peningkatan produktivitas yang sempurna. Fleksibilitas seperti ini memungkinkan bisnis untuk membuat aplikasi yang menangani panggilan lebih efisien dan dalam hal yang sangat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Bahaya yang Mengintai IP Telephony

Setelah mengetahui beberapa keuntungan IP Telephony, mari membahas bahaya apa saja yang mengintai saat menggunakan IP Telephony:

  • Hacker

Tanpa kita sadari, internet memiliki potensi yang luas bagi hacker untuk menyusup dan menerobos masuk ke dalam sistem yang sedang kita gunakan saat ini. Ini mudah saja dilakukan terutama pada perkembangan teknologi yang sedang berkembang saat ini membuat banyak orang lebih mudah untuk menjadi penyusup pada suatu sistem yang dikendalikan oleh internet. Nomor IP yang tersebar luas di internet juga memudahkan hacker untuk mengendalikan apa-apa saja yang kita lakukan di internet.

Untuk itu, agar hacker tidak melakukan perbuatan yang kurang baik, ada baiknya kita harus melakukan double protections agar apa saja yang kita lakukan lebih terlindungi di internet. selain itu, gunakanlah email pribadi dan hindari memberikan nomor atau kode verifikasi kepada orang yang tidak dikenal.

  • Data dan Informasi yang Bocor

Internet adalah sebuah tempat yang luas, yang disana kita bisa mendapatkan berbagai informasi yang dapat dengan mudah kita dapatkan. Terutama dengan adanya media sosial dan aplikasi buatan yang mengharuskan kita untuk melakukan pengisian terhadap data pribadi seperti nomor telepon, nama lengkap, hingga alamat email.

Hal tersebut bisa menjadi sebuah masalah, termasuk dalam jaringan IP Telephony, Pengguna harus lebih berhati-hati, terutama jika ingin melakukan pendaftaran terhadap suatu aplikasi atau ingin masuk kedalam room tertentu. Hindari untuk memberikan data diri atau informasi yang terlalu jelas dan lengkap untuk melindungi data dan informasi pribadi agar tidak mudah tersebar.

Baca Juga: Tips dan Trik Meningkatkan Layanan Pelanggan Menggunakan IP Telephony

  • Virus

Selain mudah untuk mendapatkan informasi, internet merupakan sebuah tempat dimana banyak virus beredar dimana-aman. IP Telephony juga merupakan jaringan yang riskan dan rentan terhadap virus sehingga harus tetap berhati-hati agar tidak menekan sebuah tautan asing agar terhindar dari virus. Untuk langkah pencegahan, aktifkanlah aplikasi anti virus dalam laptop atau ponsel Anda agar terhindar dan memproteksi perangkat elektronik Anda.

Meskipun memiliki beberapa manfaat, IP Telephony sebagai jaringan yang sangat mengandalkan internet juga memiliki beberapa bahaya yang mengintai jika kita tidak berhati-hati dalam penggunaannya. Itulah beberapa bahaya yang mengintai dari IP Telephony. Semoga bermanfaat!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami