Inilah Pentingnya Annual Report Bagi Pelaku Bisnis Kuliner

Comprehensive Analytic


Penulis : Administrator - Rabu, 07 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Annual report. Shutterstock.

"Annual report merupakan dokumen yang dibuat perusahaan untuk dilihat oleh umum, termasuk investor maupun calon investor yang berencana untuk melakukan investasi"

Sebagai pelaku bisnis kuliner, pernahkan Anda mendengar tentang annual report? Banyak yang beranggapan bahwa annual report hanya dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan berskala besar, bahkan sebagian masih tidak paham dan heran mengapa laporan ini dibutuhkan dan para pegawai diminta untuk menyusunnya dengan cermat.

Annual report merupakan dokumen yang dibuat oleh perusahaan untuk dilihat oleh umum, termasuk para investor yang sudah berinvestasi maupun calon investor yang berencana untuk melakukan investasi. Laporan ini berisi semua hal terkait dengan performa perusahaan selama satu tahun penuh. Dilengkapi data dan statistik untuk membandingkan dengan pencapaian tahun sebelumnya.

Saat ini, annual report sudah menjadi kebutuhan setiap perusahaan. Sebab, saat ini kebanyakan perusahaan akan berusaha mencari investor untuk mengembangkan bisnisnya. Dengan demikian, pengetahuan mengenai pentingnya annual report merupakan hal yang sangat penting bagi pelaku bisnis.

Bukan hanya perusahaan berskala besar dengan ribuan pegawai, annual report juga dibutuhkan oleh bisnis-bisnis yang masih berskala kecil. sebab, setiap pelaku bisnis tentu menginginkan usaha yang ia geluti tumbuh dan berkembang. Kali ini, kami akan mengemukakan alasan mengapa pelaku bisnis kuliner harus memiliki annual report.

Alasan Mengapa Pelaku Bisnis Kuliner Harus Mulai Membuat Annual Report

Untuk bisnis kuliner, annual report merupakan informasi kunci yang terkait dengan perjalanan bisnis selama satu tahun penuh. Ini juga menjadi gambaran seperti apa cara untuk mengejar tujuan dalam periode waktu tertentu sehingga akan lebih mudah untuk menyiapkan segala kebutuhan.

Untuk membuat sebuah annual report, terdapat berbagai aturan dalam penulisannya. Sehingga tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Jika Anda merupakan pelaku usaha kuliner yang berencana untuk menyusun annual report alangkah lebih baiknya Anda harus mengetahui alasan-alasan mengapa annual report menjadi sangat penting bagi perusahaan Anda.

  • Menunjukan Kredibilitas Bisnis

Annual Report berisi banyak informasi yang terkait dengan bagaimana operasional perusahaan berlangsung satu tahun kebelakang. Apa saja yang menjadi target kedepannya dan lain sebagainya. Dengan membuat annual report, Anda dapat menunjukan kredibilitas perusahaan Anda kepada calon investor dan masyarakat luas.

  • Memudahkan Evaluasi

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis dengan banyak komponen. Misalnya, resep masakan, bahan makanan mentah dan instan, bumbu-bumbu, alat masak, biaya operasional seperti tempat, listrik, air, pegawai dan lain sebagainya.

Dengan komponen yang banyak tersebut, tentu akan sulit dilakukan evaluasi jika semuanya tidak tercatat dengan jelas. Oleh karena itu, Anda membutuhkan annual report sebagai acuan dan tujuan Anda untuk melakukan pencatatan yang lebih baik. Dengan annual report, Anda juga akan lebih mudah dalam melakukan evaluasi akhir tahun dan menentukan target kedepannya

  • Sebagai Laporan Pertanggungjawaban Kepada Investor

Jika Anda sudah memiliki investor, maka annual report merupakan hal yang tidak boleh Anda lewatkan karena investor pasti akan mengharapkan performa yang baik. Cara mereka mengetahui apakah investasi yang disuntikkan ke bisnis Anda bekerja dengan baik atau tidak adalah dengan melihat annual report.

  • Membantu Dalam Pengambilan Keputusan

Sebagai seorang pebisnis kuliner, Anda harus selalu memiliki visi ke depan. Oleh karena itu, annual report merupakan hal yang sangat penting karena akan membantu Anda untuk menentukan langkah kedepan. Annual report dapat menjadi bahan Anda untuk melakukan refleksi apa saja kelebihan dan kekurangan kinerja bisnis Anda satu tahun terakhir dan kemudian Anda dapat melakukan pengambilan keputusan dari sana.

Nah, itulah pentingnya Annual report bagi pelaku bisnis kuliner. Jika membutuhkan bantuan dalam pembuatan annual report untuk bisnis Anda, Ivosights dapat membantu Anda. Kami akan membantu dalam menyusun Annual Report yang sistematis dan menarik perhatian investor melalui solusi analisis Big Data. Dengan demikian, Anda dapat menemukan insights berharga yang dapat membantu perusahaan mendapatkan perhatian lebih dari investor.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami