Ini Dia Manfaat WA Bisnis untuk Pelaku Usaha

Whatsapp Bussiness API | Jumat, 09 September 2022
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - WhatsApp Business. Shutterstock.

Sebagai salah satu platform chat populer di Indonesia, WhatsApp menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan keuntungan bagi bisnis Anda. Namun, karena WhatsApp lebih bersifat pribadi, ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan saat menggunakannya sebagai strategi bisnis Anda. Apa pun? Berikut penjelasan penggunaan WhatsApp for Business yang bisa Anda ikuti.

Disesuaikan Dengan Pelanggan dan Target Pasar Anda

Pelanggan Anda dapat menjadi kunci untuk menggunakan WhatsApp untuk bisnis. Jika pelanggan atau calon pelanggan Anda berusia muda atau di bawah 30 tahun, mereka akan lebih suka dihubungi melalui chat. Apalagi mereka lebih suka menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi.

Berbeda dengan mereka yang sudah berusia di atas 40-an. Umumnya mereka lebih suka menggunakan cara yang lebih konvensional. Dengan memanfaatkan perilaku ini dari target pasar Anda, Anda kemudian dapat mengatur strategi pemasaran dengan WhatsApp untuk bisnis yang lebih bertarget.

Gunakan Fitur Obrolan Satu Lawan Satu

Menurut Survei Pesan Facebook Nielsen, 67% pengguna aplikasi perpesanan seluler tidak memiliki masalah menggunakannya saat berkomunikasi dengan bisnis dalam dua tahun terakhir. Anda dapat menggunakan ini untuk fitur obrolan satu lawan satu dengan pelanggan. Apalagi data tersebut juga membuktikan bahwa 53% pengguna mobile messaging mengaku lebih memilih bisnis yang memiliki fitur chat di WhatsApp.

Gunakan Label untuk Mengatur Pelanggan

Anda yang menggunakan WhatsApp Business dapat melabeli pelanggan Anda agar lebih mudah dikenali. Label ini juga dapat diberikan untuk membedakan pelanggan lama, pelanggan baru, dan juga pelanggan yang sering melakukan pembelian. Label ini biasanya terdiri dari pelanggan baru, pesanan baru, pembayaran yang belum selesai, pembayaran yang telah selesai, dan pelanggan yang sudah ada.

Manfaatkan Statistik Pesan dari WhatsApp Business

Dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Business, Anda dapat mengakses banyak data penting dengan mudah dan dalam bentuk grafik yang sulit repot. Hal-hal yang dapat Anda akses untuk menyertakan persentase pesan Anda yang berhasil dikirim, diterima, dan dibaca oleh pengguna. Jadi, Anda dapat menggunakan strategi yang lebih baik untuk melayani mereka dan mengoptimalkan keterlibatan.

Otomatisasi untuk balasan yang efektif

Jangan lupa juga untuk menggunakan otomatisasi untuk pesan ucapan atau balasan dari pelanggan. Anda dapat mengaturnya sendiri dengan WhatsApp Business. Beberapa pertanyaan dapat dijawab dengan cepat tanpa Anda harus mengetik dengan otomatisasi ini.

Lebih mudah menjalin komunikasi dengan pelanggan

Manfaat WhatsApp yang pertama adalah memudahkan dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan. Karena pelanggan berinteraksi langsung dengan pelaku bisnis melalui aplikasi WhatsApp Messenger yang mereka gunakan. Anda juga dapat mengatur bisnis WhatsApp Anda untuk secara otomatis mengirim pesan selamat datang, setiap kali pelanggan mulai berinteraksi. Diharapkan komunikasi selanjutnya akan lebih lancar.

Memiliki katalog produk online

Manfaat WhatsApp Business selanjutnya adalah fitur katalog di profil Anda. Dimana anda bisa menggunakan fitur ini sebagai etalase yang menampilkan foto produk anda. Hal ini memudahkan Anda untuk mempromosikan produk bisnis. Karena pelanggan bisa langsung membuka profil WA Anda untuk setiap produk yang Anda tawarkan.

Peningkatan efisiensi bisnis

Manfaat terakhir WhatsApp Business dapat meningkatkan kinerja bisnis Anda, terutama layanan pelanggan. Ini berkat dukungan fitur-fitur canggih yang dimiliki bisnis WA. Misalnya, penjawab otomatis membantu Anda mempertahankan pelanggan, katalog WA membantu mempromosikan bisnis Anda dan banyak lagi.

Asisten Virtual (ChatBot)

WhatsApp Business API memiliki fitur ChatBot yang sangat baik yang mampu merespon pelanggan secara otomatis. Robot virtual ini dapat bertanya kepada pelanggan dengan mudah dalam waktu singkat tanpa perlu bantuan layanan pelanggan.

Meningkatkan kepercayaan pelanggan

WhatsApp Business didukung dengan centang hijau. Tanda ini menunjukkan bahwa akun WhatsApp Anda diverifikasi atau terbukti memiliki bisnis. Hal ini dapat meningkatkan kepercayaan dan Anda di mata pelanggan.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.