5 Strategi Meningkatkan Kualitas Email Marketing

Sociomile


Penulis : Administrator - Senin, 07 November 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Email marketing. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Email marketing. Shutterstock.

"Email marketing adalah strategi dalam pemasaran dengan tujuan mempromosikan produk atau jasa, diskon, atau program yang perusahaan tawarkan melalui email"

Email marketing adalah salah satu strategi dalam pemasaran dengan tujuan membuat calon pelanggan bisa melihat promosi produk atau jasa, diskon, atau suatu program yang perusahaan tawarkan melalui email. Tak hanya itu, fungsi dari email marketing juga bisa menjadi salah satu cara untuk memberikan edukasi kepada calon pelanggan tentang apa itu nilai brand, menjaga hubungan dengan pelanggan, dan dapat mendorong untuk pembelian atau melakukan tindakan spesifik lainnya. Guna meningkatkan kualitas email marketing, Anda perlu untuk mengembangkan beberapa kemampuan. Berikut ini beberapa stratrgi yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas email marketing:

#1 Mengumpulkan Database Email

Strategi pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengumpulkan database email. Anda dapat membuat daftar terhadap sebagian besar orang-orang yang ingin dijadikan pelanggan potensial. Hal ini bisa diperoleh melalui website, toko, acara, dan lain-lain.

#2 Mengikuti Hukum

Email marketing harus mengikuti hukum. Dalam melakukan email marketing, Anda harus mematuhi aturan yang berlaku di CAN-SPAM Act, yang dimana pada aturan tersebut didalamnya terdapat aturan yang tidak memiliki sifat menipu dan merugikan, memberikan cara yang jelas untuk berhenti berlangganan, mencantumkan nama, dan alamat secara jelas.

#3 Campur Pesan

Dengan menggunakan email marketing, ini merupakan kesempatan yang bagus untuk Anda membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Anda disarankan untuk tidak mengirim email yang isinya hanya iklan saja untuk mereka membeli produk Anda, hal tersebut berpotensi menimbulkan rasa rishi terhadap pelanggan yang dituju.

#4 Hormati Pelanggan

Anda harus memberikan rasa hormat kepada pelanggan karena telah mempercayai Anda sebagai pemberi informasi kepada mereka. Pelanggan Anda jangan sampai memiliki pemikiran bahwa mereka hanya dijadikan wadah sebagai penerima pesan berupa penawaran produk atau jasa yang seringkali Anda kirimi.

#5 Ikuti Jadwal

Jika Anda membuat sebuah jadwal bulletin, patuh dan ikuti jadwal tersebut. Dengan mengirim email di hari yang sama tiap minggunya, hal tersebut akan membantu pelanggan untuk mengetahui apa yang diharapkan oleh Anda.

Uraian di atas merupakan penjelasan tentang strategi email marketing yang bisa Anda terapkan untuk membantu Anda dalam meningkatkan persentase penjualan. Pasalnya, pengguna internet semakin bertambah tiap harinya, termasuk pada media sosial yang awalnya diminta untuk memiliki email, hal itu bisa Anda manfaatkan karena orang-orang pada saat ini pasti memiliki email walaupun jarang dibuka.

Jika Anda dapat menerapkan strategi email marketing dengan secara teliti, kemungkinan pelanggan akan menghampiri Anda dan bisa berpotensi untuk meraup keuntungan yang besar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda ya.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami