Customer Oriented: Pengertian dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 17 November 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Customer delight. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Customer delight. Shutterstock.

"Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang menempatkan pelanggan sebagai fokus utama dan berkomitmen untuk memenuhi dan mengatasi kebutuhan pelanggan"

Dalam bisnis, pelanggan atau customer memiliki peran yang sangat besar. Tanpa adanya pelanggan, bisnis pada perusahaan tidak akan mendapatkan profit atau keuntungan. Kepuasan pelanggan (customer satisfaction) yang kurang akan berpengaruh terhadap keberlangsungan suatu bisnis. Namun sebaliknya, jika pelanggan puas dengan pelayanan ataupun produk yang ditawarkan akan menjadi kesempatan bagi Anda untuk mengakuisisi pelanggan (customer acquisition) agar tidak beralih ke kompetitor. Untuk itu, customer oriented wajib diperhatikan oleh setiap perusahaan. Pada artikel ini akan dibahas lebih dalam mengenai pengertian dan manfaat customer oriented bagi sebuah bisnis.

Apa Itu Customer Oriented

Customer oriented yaitu pendekatan yang berorientasi pada pelanggan atau customer yang dimana perusahaan akan menempatkan pelanggan di awal hingga akhir pada proses penjualan. Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang menempatkan pelanggan sebagai fokus utama dan perusahaan juga berkomitmen untuk memenuhi dan mengatasi kebutuhan pelanggan. Inilah menjadi salah satu alasan mengapa pendekatan yang berorientasi pada pelanggan merupakan hal yang sangat penting.

Coba Anda bayangkan, calon pelanggan yang merasa puas dengan pelayanan yang Anda berikan tentunya akan tertarik untuk melakukan pembelian. Seiring dengan product value yang mereka dapatkan, pelanggan bukan tidak mungkin untuk melakukan pembelian secara berulang dan terus menggunakan produk atau jasa dari bisnis perusahaan Anda.

Hal tersebut tentunya dapat menciptakan dan membangun loyalitas pelanggan terhadap brand Anda. Dengan begitu, selain perusahaan mendapatkan keuntungan dari lead conversion, juga akan mendapatkan dari customer retention.

Pentingnya Customer Oriented Pada Bisnis

Jika Anda mengetahui dan memahami kebutuhan pelanggan Anda, Anda bisa menyesuaikan produk atau jasa Anda sesuai dengan kebutuhan para pelanggan Anda. Dengan begitu, Anda dapat menjual produk atau jasa Anda yang lebih sesuai dan lebih efektif.

Sekilas, hal tersebut juga merupakan hal yang menonjol bagi perusahaan untuk mendapatkan keuntungan yang paling menguntungkan bagi perusahaan. Tetapi perlu Anda ingat, jika ingin bisnis sukses di pasaran, Anda harus memerlukan hal yang lebih dari sekedar menjual produk atau jasa.

Manfaat Customer Oriented

Berikut ini beberapa manfaat dari customer oriented:

  • Ketika pelanggan Anda merasa dihargai dan kebutuhan mereka terpenuhi, pelanggan cenderung akan setia pada brand bisnis Anda. Pelanggan dapat melakukan pembelian secara berulang yang bisa membantu perusahaan untuk berkembang.
  • Agen yang merasa bahwa mereka membuat perbedaan pada pelanggan dan membawa nilai tinggi bagi pelanggan kerap kali lebih puas dengan pekerjaan mereka. Hal ini tentu berpengaruh pada produktivitas dan kualitas agen yang lebih tinggi.
  • Peningkatan profitabilitas. Saat ada pelanggan yang senang dan setia, profitabilitas perusahaan meningkat. Budaya perusahaan yang berorientasi pada pelanggan juga dapat membantu perusahaan untuk menarik peluang bisnis baru.
  • Reputasi yang lebih baik. Perusahaan yang berfokus pada pelanggan cenderung dapat meningkatkan reputasi yang baik di pasar. Hal tersebut sangat penting karena dapat menarik pelanggan lebih mudah maupun mitra bisnis yang baru.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa dalam menjalankan bisnis diperlukan cara untuk berinteraksi dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Pelanggan merupakan aset penting bagi keberlangsungan bisnis. Berikan pelayanan terbaik kepada pelanggan Anda bersama Sociomile.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami