Contact data enrichment merupakan salauh satu jenis dari data enrichment. Data enrichment sendiri adalah tool dan proses yang digunakan untuk meningkatkan atau memperbaiki data mentah (raw data) yang sudah ada. Artinya, data-data dari berbagai sumber digabungkan dalam satu tempat.

Kumpulan data ini akan menjadi acuan data yang bermanfaat bagi bisnis. Perusahaan kerap menggabungkan informasi internal dan eksternal untuk meningkatkan kualitas keputusan yang diambil berdasarkan data-data tersebut.

Apa Itu Contact Data Enrichment?

Contact data enrichment adalah proses menambahkan atau memperbarui informasi tentang kontak atau pelanggan yang telah ada dalam basis data. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai sumber data eksternal, seperti data demografis, data keuangan, data geografis, atau data dari media sosial, untuk memperkuat profil pelanggan yang ada.

Tujuan dari contact data enrichment biasanya adalah untuk meningkatkan kemampuan perusahaan untuk mengirim konten yang lebih relevan kepada pelanggan, meningkatkan tingkat konversi, atau membantu meningkatkan loyaltas pelanggan.

Contact data enrichment meliputi:

Manfaat Contact Data Enrichment

Berikut adalah beberapa manfaat dari contact data enrichment:

Contact data enrichment dapat memperbarui dan menambah informasi tentang pelanggan sehingga perusahaan Anda dapat mengirim konten yang lebih relevan dan sesuai dengan preferensi pelanggan. Ini dapat meningkatkan tingkat respons dan membantu meningkatkan loyalitas pelanggan.

Dengan Contact data enrichment ini perusahaan dapat memiliki informasi yang lebih lengkap dan terbaru tentang pelanggan, perusahaan dapat menyajikan tawaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Ini dapat meningkatkan tingkat konversi dan menambah pendapatan perusahaan.

Contact data enrichment dapat membantu perusahaan Anda dalam mengelola basis data dengan lebih efisien. Ini dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk mencari dan mengakses informasi tentang pelanggan, sehingga meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.

Dengan memiliki informasi yang lebih lengkap tentang pelanggan, perusahaan dapat lebih kompetitif di pasar yang tersedia. Ini dapat membantu perusahaan menemukan peluang baru dan meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan.

Kesimpulan

Contact data enrichment merupakan proses menambahkan atau memperbarui informasi tentang kontak atau pelanggan yang telah ada dalam basis data. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai sumber data eksternal, seperti data demografis, data keuangan, data geografis, atau data dari media sosial, untuk memperkuat profil pelanggan yang ada.

Platform Pengiriman Pesan Otomatis Berbasis Skenario

Kini pengelolaan data pelanggan dapat dilakukan secara digital dengan menggunakan fitur data enrichment. Salah satu platform digital yang dapat memantau data pelanggan Anda dengan fitur data enrichment adalah Sociomation.

Sociomation merupakan platform pengiriman pesan otomatis berbasis skenario multi-channel pertama dan satu-satunya karya asli anak bangsa. Sociomation merupakan platform kirim pesan otomatis ke database pelanggan berbasis skenario pengiriman. Sociomation akan memastikan pesan terkirim ke pelanggan melalui beragam percobaan kanal pengiriman secara otomatis seperti yang telah di skenariokan sebelumnya. Beragam kanal pengiriman pesan diantaranya, Email, SMS, Twitter, Telegram, dan WhatsApp.

Sociomation merupakan Automation Social CRM berbasis skenario yang dilengkapi dengan fitur data enrichment. Berfungsi sebagai platform yang dapat terhubung langsung dengan big data, sehingga secara otomatis akan memperkaya data pelanggan dengan profile behavior secara lengkap.