Comprehensive Analytics: Pengertian hingga Cara Mendapatkannya

Sociomile


Penulis : Administrator - Selasa, 06 Desember 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Comprehensive analytics. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Comprehensive analytics. Shutterstock.

"Comprehensive analytics dapat menganalisis data penting yang bisa menghasilkan gambaran jelas masa depan bisnis termasuk keberhasilan ataupun kegagalan bisnis"

Dalam dunia bisnis, diperlukan berbagai strategi untuk mengembangkannya menjadi lebih baik. Selain melalui pemasaran, strategi lain yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan analisis atau observasi pasar sendiri. Comprehensive analytics adalah komponen yang bisa membantumu mencapai observasi pasar tersebut. Pada artikel ini kamu akan mengetahui pentingnya peran comprehensive analytics dalam dunia bisnis! Simak terus artikelnya sampai selesai, ya!

Pengertian Comprehensive Analytics

Comprehensive analytics atau yang biasa disebut juga dengan analisis komprehensif merupakan komponen penting yang dapat membantu perkembangan bisnis. Comprehensive analytics dalam dunai keuangan sendiri mengacu pada analisis lengkap dari aspek-aspek yang relevan dari operasi keuangan perusahaan. Comprehensive analytics biasanya juga menganalisis data-data penting yang bisa menghasilkan gambaran jelas masa depan bisnis termasuk keberhasilan ataupun kegagalan suatu bisnis.

Tujuan Comprehensive Analytics

Comprehensive analytics sendiri memiliki tujuan yang bermanfaat jika diterapkan. Tujuan dari comprehensive analytics sendiri adalah untuk memberikan gambaran lengkap mengenai status keuangan suatu perusahaan baik pada saat ini maupun proyeksi ke masa depan.

Cara Kerja Comprehensive Analytics

Melakukan analisis komprehensif membutuhkan pengumpulan semua informasi dari laporan data data perusahaan, termasuk laporan terbaru maupun laporan dari masa lalu. Informasi ini digunakan untuk menghitung rasio keuangan, yaitu metrik yang digunakan untuk mengukur berbagai aspek operasi perusahaan dan membandingkannya dengan perusahaan sejenis dalam industri yang sama.

Ketika investor memutuskan untuk memutuskan perusahaan mana yang pantas mendapatkan modal mereka, mereka sering melakukan pemeriksaan yang ketat terhadap informasi keuangan perusahaan. Dengan cara ini, mereka dapat memutuskan dengan baik apakah perusahaan tersebut merupakan investasi yang layak atau tidak. Dengan cara yang sama, perusahaan itu sendiri mungkin ingin mengetahui seberapa baik jumlah mereka dibandingkan dengan pesaing lain di industri yang sama. Intinya, comprehensive analytics bekerja untuk mencapai tujuan tersebut dengan cara membedah setiap aspek data keuangan perusahaan.

Salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat melakukan comprehensive analytics pada sebuah perusahaan adalah bahwa hasilnya hanya akan seakurat data yang masuk ke dalamnya. Ini terutama benar ketika mencoba memproyeksikan status keuangan perusahaan ke masa depan. Karena prediksi apa pun di masa depan hanya dapat berupa perkiraan, data di balik perkiraan tersebut harus sangat tepat untuk mencegah asumsi yang salah.

Setelah semua data terkumpul, langkah selanjutnya dalam comprehensive analytics adalah menghasilkan rasio keuangan. Rasio ini umumnya mengambil satu informasi keuangan dan membaginya menjadi bagian lain untuk menghasilkan rasio. Rasio dapat digunakan untuk menginterpretasikan kekuatan hampir setiap aspek penting dari operasi keuangan perusahaan, termasuk profitabilitas, likuiditas, tingkat utang, arus kas, dan sebagainya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Comprehensive Analytics?

Pada bisnis lain, comprehensive analytics tidak hanya dilakukan untuk memberi gambaran data keuangan, tetapi juga data tren digital. Pada tren digital, kamu bisa mendapatkan banyak data yang bisa dianalisis seperti misalnya pada data suatu trend sosial media, data yang dikumpulkan bisa menarik kesimpulan citra positif atau negatif dari tren tersebut.

Data-data yang banyak biasa disebut dengan big data. Big data sendiri merupakan segala himpunan data dalam jumlah yang sangat besar, rumit, dan tak terstruktur sehingga menjadikannya sukar ditangani apabila hanya menggunakan pengolah data tradisional. Big data memiliki beberapa karakteristik yang disebut 5V, yaitu volume, velocity, variety, veracity, dan value yang jika di olah dengan tepat akan sangat membantu dalam pengembangan bisnis.

Pada bidang data analyst untuk sosial media, comprehensive analytics hadir sebagai layanan yang dapat memudahkan kamu dalam pengelolaan dan analisis big data. Dengan support dari sumber-sumber yang beragam, analisis mendalam dengan berbagai macam metode, dan pengolahan data yang profesional.

Saat ini kamu bisa mendapatkan jasa dan layanan data anlisis yang komprehensif untuk bisnis dan sosial mediamu. Seperti halnya di Ivosights, kami menyajikan jasa comprehensive analytics untuk data yang mudah dipahami, serta rekomendasi strategi yang tepat demi bisnismu.

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami