Apakah Chatbot Whatsapp Aman untuk Digunakan?

Sociomile


Penulis : Administrator - Kamis, 27 Juli 2023
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock
Ket. Foto: Ilustrasi - Chatbot. Shutterstock

"Banyak pihak yang mempertanyakan bagaimana keamanan penggunaan chatbot whatsapp. Padahal, whatsapp dibekali dengan beberapa sistem keamanan ini"

Teknologi chatbot populer dijadikan sebagai solusi untuk meningkatkan efisiensi dalam berkomunikasi dan memberikan layanan kepada pengguna. Salah satu platform yang menyediakan layanan chatbot ini adalah whatsapp. Meskipun chatbot WhatsApp menawarkan banyak manfaat dan kemudahan, tetapi masih banyak yang meragukan tentang keamanan penggunaannya. Selain mengetahui apakah penggunaan chatbot tergolong, Anda juga akan dijelaskan mengenai platform apa saja yang menyediakan chatbot, beberapa ancaman keamanan dalam whatsapp, hingga bagaimana sistem keamanan dari chatbot WhatsApp.

Definisi dan Konsep Singkat dari Chatbot

Chatbot merupakan sebuah program komputer yang didesain untuk berinteraksi dengan manusia melalui percakapan berbasis teks maupun suara. Chatbot bertujuan untuk memberikan respon dan solusi atas pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan. Umumnya, chatbot bekerja berdasarkan algoritma dan kecerdasan buatan sehingga mampu bekerja dengan cepat dan akurat.

Platform Apa Saja yang Menyediakan Layanan Chatbot?

Inilah berbagai platform yang menyediakan layanan chatbot di dalamnya:

  • WhatsApp

Sebagai salah satu platform instant messaging yang paling populer di dunia, whatsapp menyediakan layanan chatbot. Adanya layanan chatbot di WhatsApp memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perusahaan dan mendapatkan informasi secara otomatis.

  • Facebook Messenger

Platform media sosial facebook juga menyediakan layanan chatbot melalui aplikasi messenger. Dengan ini, pengguna dapat berkomunikasi dengan perusahaan dengan mudah.

  • Telegram

Telegram juga menyediakan layanan chatbot untuk berbagai keperluan, seperti hiburan, informasi, dan layanan bisnis.

  • Slack

Platform kolaborasi bisnis slack juga mendukung chatbot untuk membantu tim dalam tugas-tugas tertentu dan mendapatkan informasi yang diperlukan.

Baca juga: Chatbot FAQ pada WhatsApp Business API, Perlukah Interaktif?

Beberapa Potensi Ancaman Keamanan Chatbot WhatsApp

Terdapat beberapa potensi ancaman keamanan yang perlu diperhatikan, di antaranya sebagai berikut:

  • Pencurian Data Pengguna

Jika chatbot tidak teratur, akan terjadi resiko kebocoran maupun pencurian informasi sensitif pengguna layanan WhatsApp, seperti nomor telepon, alamat, atau data finansial.

  • Phishing dan Malware

Chatbot yang tidak memiliki sistem keamanan yang kuat dapat dijadikan sarana penyebaran phising atau malware kepada pengguna. Hal ini meningkatkan resiko terjadinya kerugian bagi banyak pihak.

  • Eksploitasi Kelemahan Sistem

Jika chatbot tidak diperbarui secara berkala, sistem di dalamnya akan melemah sehingga dapat dengan mudah disalahgunakan oleh pihak tidak berwenang untuk mengakses data pengguna atau merusak sistem.

  • Identitas Palsu

Adanya chatbot palsu yang mengatasnamakan perusahaan atau layanan resmi dapat digunakan untuk memperdaya pengguna dan mencuri informasi pribadi.

Sistem Keamanan yang Ada dalam Chatbot WhatsApp

Beberapa sistem keamanan yang ada dalam chatbot WhatsApp antara lain sebagai berikut:

  • Enkripsi End-to-End

Semua percakapan di WhatsApp, termasuk interaksi pengguna dengan chatbot, telah terlindungi oleh enkripsi end-to-end sehingga membatasi akses menuju konten pesan.

  • Verifikasi Pengguna

WhatsApp juga dapat memverifikasi nomor telepon pengguna terlebih dahulu untuk menghindari akses mencurigakan dari pihak yang tidak berwenang.

  • Sistem Identifikasi Spam

Selain itu, terdapat juga sistem identifikasi spam untuk mendeteksi dan menghapus pesan mengandung spam atau phising.

  • Proses Validasi Developer

Sebagai penyedia aplikasi, META memberlakukan proses validasi ketat untuk pengembang chatbot. Dengan ini, hanya chatbot yang terverifikasi saja yang dapat beroperasi di platform WhatsApp resmi.

Baca juga: Sistem Keamanan yang Wajib Ada pada WhatsApp Business API

Apakah Chatbot WhatsApp Aman Digunakan?

Secara umum, chatbot WhatsApp dapat dianggap aman digunakan jika dilihat dari banyaknya sistem keamanan yang ada dalam chatbot WhatsApp. Namun, penting untuk diingat bahwa keamanan chatbot juga tergantung pada pengaturan dan pengembangan yang dilakukan oleh pihak yang bertanggung jawab. Untuk memastikan keamanan chatbot WhatsApp sudah optimal, Anda bisa memberlakukan cara-cara di bawah ini:

  • Pilih Developer Terpercaya

Pastikan chatbot dikembangkan oleh pihak pengembang terpercaya, berpengalaman, dan mendalami teknologi-teknologi pendukung pembuatan dan pengoperasian chatbot.

  • Lindungi Data Pengguna

Chatbot juga sebaiknya diatur untuk melindungi data pengguna dan tidak mengumpulkan informasi pribadi lebih dari yang diperlukan.

  • Perbarui Secara Teratur

Perbarui chatbot secara teratur untuk mengatasi kelemahan sistem keamanan yang mungkin muncul dari waktu ke waktu.

  • Lakukan Pengujian Keamanan

Terakhir, jangan lupa untuk melakukan pengujian keamanan secara berkala untuk mengidentifikasi potensi adanya kerentanan dalam penggunaan chatbot.

Dapatkan Layanan Chatbot yang Terintegrasi dengan WhatsApp Hanya di Ivosights

Setelah membaca artikel di atas, Anda dapat menyimpulkan bahwa chatbot WhatsApp terbukti sangat aman digunakan berkat banyaknya sistem keamanan yang ada. Sebaiknya Anda terapkan juga langkah-langkah untuk mengoptimalkan keamanan dari penggunaan chatbot WhatsApp.

Untuk mendapatkan layanan chatbot satu ini, Anda tentunya harus memastikan bahwa chatbot bisa diintegrasikan dengan media sosial WhatsApp. Salah satu chatbot yang mendukung integrasi platform adalah Sociobot, chatbot pintar berbasis artificial intelligence milik Ivosights. Chatbot yang terintegrasi dengan sistem contact center Sociomile ini dapat menanggapi berbagai pertanyaan maupun kendala yang diajukan pelanggan Anda secara cepat dan akurat. Bahasa yang digunakan chatbot ini juga dibuat senatural mungkin berkat teknolog Natural Language Processing. Apalagi, Anda juga bisa mengkustomisasi alur chatbot supaya lebih terstruktur dengan fitur chatbot flow builder. Untuk mendapatkan layanan ini, silakan hubungi tim Ivosights sesegera mungkin. Kami juga akan membantu Anda mengimplementasikan chatbot ini di platform pilihan Anda, mulai dari WhatsApp hingga website pribadi perusahaan Anda!

Bagikan

Saatnya Meningkatkan Layanan Interaksi Pelanggan Bersama Ivosights!

Hubungi Kami