Dalam pemasaran, ada sebuah istilah yang wajib untuk Anda ketahui, yaitu brand authority. Hal tersebut harus Anda pahami karena strategi ini bertujuan meningkatkan kepercayaan klien atau pasar terhadap suatu produk atau jasa sekaligus membantu untuk branding pada bisnis Anda. Branding ini memiliki arti sebagai kumpulan kegiatan komunikasi dari perusahaan untuk membangun dan mengembangkan bisnis.

Guna meningkatkan kepercayaan, maka brand authority menjadi prioritas dalam strategi pemasaran baik yang konvensional ataupun digital. Selain itu, strategi ini mampu meningkatkan prospek bisnis pada perusahaan dan dapat meningkatkan return of investment (ROI) dalam kegiatan digital marketing Anda.

Untuk memahami lebih lanjut apa itu brand authority, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan manfaat brand authority.

Apa Itu Brand Authority?

Brand authority adalah upaya kemampuan badan usaha untuk mempengaruhi industri. Istilah ini mengacu pada dampak sebuah Brand untuk para pelanggan serta kompetitornya. Dengan acuan ini, brand authority bisa diartikan sebagai kekuatan suatu brand pada produk atau jasa dalam menarik pasar dan mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Untuk meraihnya, biasanya dapat dikaitkan oleh beberapa faktor seperti brand awareness, efektivitas suatu produk atau jasa, dan kemampuan agen atau perusahaan saat menepati janji pada pelanggan. Strategi ini berbicara tentang bagaimana sebuah brand dekat dengan hati dan jiwa pelanggan dan juga berkenaan dengan citra positif dari kepercayaan pelanggan terhadap produk yang mereka miliki.

Dalam era digital yang saat ini semakin berkembang, membangun suatu brand awareness dengan authority secara online dapat mempercepat dan meningkatkan konvensi untuk bisnis. Pasalnya, dua faktor ini dapat bekerja sebagai aspek untuk menarik pelanggan untuk membeli produk atau jasa pada bisnis Anda.

Intinya, semakin banyak pelanggan yang belajar untuk memahami bisnis Anda, semakin besar pula kemungkinan untuk mereka menyebarkan atau merekomendasikan produk atau jasa Anda kepada kenalannya. Dengan begitu, akan banyak datangnya calon pelanggan yang bisa Anda konversi menjadi pelanggan pada bisnis Anda.

Manfaat Brand Authority

Setiap pebisnis tentunya ingin brand mereka menjadi nomor 1 bagi pelanggannya. Karena, hal itu merupakan keuntungan yang sangat besar bagi perusahaan atau brand itu sendiri. Jika sudah mendapatkan kepercayaan yang besar, brand atau produk yang dijual akan dengan mudah untuk laris di pasaran.

Bahkan, dengan market research dan strategi yang tepat, produk atau jasa yang Anda jual bisa unggul di pasaran dengan tingkat persaingan yang tinggi dengan kompetitor. Selain keuntungan tersebut, brand authority juga manfaat lain bagi perusahaan, yaitu:

Itu dia pengenalan tentang apa itu brand authority beserta dengan manfaatnya untuk meningkatkan brand Anda agar lebih dikenal ke masyarakat. Dengan bergabung bersama Sociomile, kami siap membantu bisnis Anda memberikan pelayanan yang sebaik mungkin.