Beberapa Cara Membuat Karyawan Betah Kerja di Kantor

Ripple10 | Kamis, 15 September 2022
Ket. foto: Ilustrasi - Working. Shutterstock.
Ket. foto: Ilustrasi - Working. Shutterstock.

Para karyawan adalah salah satu sumber daya terpenting di dalam perusahaan. Karyawan masuk dalam kategori sumber daya manusia. Ingat! Karyawan adalah manusia, bukan mesin. Karyawan mempunyai emosi dan tenaga yang terbatas untuk melakukan suatu pekerjaan. Maka penting bagi perusahaan untuk menjaga dua hal tersebut dengan baik agar karyawan betah kerja di kantor. Nah, selain dua hal tersebut, berikut ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan agar karyawan betah kerja di kantor.

#1 Menciptakan Lingkungan Kerja yang Positif

Cara yang pertama adalah menjaga suasana lingkungan kerja. Karyawan bekerja tergantung pada mood masing-masing. Maka ciptakanlah suasana lingkungan kerja yang positive vibe agar mood karyawan dapat terjaga dengan baik. Bagaimana cara menciptakan lingkungan kerja yang positif? Perusahaan dapat menerapkan lingkungan kerja yang bersifat kekeluargaan dan terbuka satu sama lain. Karena dengan dua hal tersebut karyawan dapat saling menghargai dan berkomunikasi dengan baik.

Perusahaan juga jangan terlalu sering membuat karyawannya kerja lembur. Sebab kerja lembur dapat menguras banyak tenaga dan pikiran mereka. Jika hal tersebut dilakukan terlalu sering, maka karyawan bisa menjadi stres dan akhirnya membuat mereka tidak betah bekerja.

#2 Kantor yang Estetik dan Nyaman

Kantor yang estetik, rapi, bersih, dan nyaman, berpotensi membuat karyawan dapat betah kerja di kantor. Seseorang pasti senang dengan keindahan, maka membuat kantor yang memiliki desain yang unik, indah, dan enak dipandang oleh mata pasti bisa membuat mood karyawan menjadi positif dan senang. Lalu siapa juga yang tidak suka dengan kantor yang bersih, rapi, dan nyaman?

Pastinya semua karyawan mendambakan kondisi kantor yang memenuhi tiga hal tersebut. Jika hal-hal tersebut terpenuhi, maka dijamin karyawan kinerja mereka dapat meningkat dan juga betah berlama-lama di kantor.

#3 Berikan Gaji yang Sesuai dan Tepat Waktu

Alasan semua karyawan bekerja pasti salah satunya ialah untuk mencari uang melalui gaji yang mereka dapat. Gaji merupakan imbalan atas kerja yang telah mereka lakukan. Maka berikanlah gaji yang sesuai dengan kinerja yang telah dilakukan, jangan sampai kurang! Dan juga berikan gaji karyawan tepat pada waktu yang sudah ditentukan. Jangan sampai perusahaan telat memberi gaji kepada karyawan. Sebab hal itu dapat membuat karyawan jengkel dan tidak semangat bekerja.

Kalau bisa berikanlah juga semacam bonus tambahan atas hasil pencapaian khusus mereka. Hal tersebut akan membuat karyawan merasa dihargai dan mereka akhirnya dapat betah kerja di kantor.

#4 Memberikan Fasilitas Kerja yang Memadai

Berikanlah fasilitas kantor yang cukup lengkap dan memadai. Fasilitas tersebut bisa berupa tempat makan, tempat ibadah, komputer, alat tulis, dan sebagainya. Dengan fasilitas kantor yang memadai, maka karyawan akan merasa kebutuhan sampingan mereka dalam bekerja menjadi terpenuhi. Karyawan menjadi semangat bekerja dan memaksimalkan kinerja mereka.

#5 Menghindari Senioritas Kerja yang Buruk

Pastikan agar di dalam kantor tidak terjadi senioritas kerja yang mengarah pada keburukan. Seperti melakukan perundungan atau menyuruh karyawan baru untuk mengerjakan tugas yang tidak semestinya. Anggaplah karyawan sebagai mitra usaha yang saling bekerjasama untuk memajukan perusahaan. Hindarilah kesan atasan-bawahan yang bebas menyuruh karyawan yang posisinya rendah dengan semena-mena.

Bagaimanapun setiap karyawan perlu dihargai dan dihormati, apapun jabatannya. Bangunlah senioritas yang positif dengan melakukan bimbingan dan arahan yang sesuai kepada para karyawan junior. Dengan hal tersebut, karyawan dapat merasa nyaman dan betah untuk terus bekerja.

#6 Mengadakan Bonding Antar Karyawan

Keeratan dan kebersamaan antar karyawan adalah salah satu faktor penting untuk membuat mereka betah kerja di kantor. Hal tersebut juga dapat menciptakan komunikasi dan teamwork yang baik. Dengan dua hal tersebut, kinerja karyawan dapat meningkat. Buatlah acara bonding seperti liburan bersama, makan bersama, olahraga bersama, atau mengadakan pertemuan mingguan yang tujuannya khusus mengakrabkan antar karyawan.

Itulah tadi beberapa cara untuk membuat karyawan betah kerja di kantor. Karyawan yang betah bekerja akan membuat kinerja mereka meningkat. Dengan kinerja karyawan yang meningkat, maka kinerja perusahaan akan menjadi baik dan terarah.

Bagikan

Akselerasikan Bisnis Anda dengan Ivosights!

Saatnya membangun interaksi pelanggan yang lebih baik lagi untuk kemajuan bisnis Anda. Hubungi kami segera!

Silahkan pilih produk & layanan yang Anda inginkan (boleh lebih dari satu).
logo product checked ripple10
icon checked
logo product checked sociomile
icon checked
logo product checked sociomation
icon checked
logo product checked whatsapp business api
icon checked
logo product checked bpo
icon checked
logo product checked command center
icon checked
logo product checked comprehensive analytic
icon checked
Perhatian! Lengkapi semua data Anda.
Team kami akan segera menghubungi Anda.